Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Berobat ke RS?


Ilustrasi, foto: jogja.antaranews.com

Ilustrasi, foto: jogja.antaranews.com


Jika Anda sakit, maka harus segera mendapatkan penanganan medis supaya sakit yang Anda derita cepat sembuh. Anda bisa mengunjungi dokter atau Rumah Sakit (RS). Jika Anda ke dokter, pastikan penyakit apa yang Anda keluhkan, sehingga Anda mendapatkan pelayanan dokter yang tepat untuk mengobati penyakit Anda . Misal, jika Anda mempunyai keluhan sakit di lambung, maka Anda membutuhkan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengobati penyakit Anda.

Pemilihan RS juga harus Anda pertimbangkan. Apakah sakit yang Anda derita bisa ditangani di RS umum atau harus membutuhkan RS khusus. Misal, jika Anda menderita sakit tulang, misal patah tulang, maka sebaiknya RS yang menangani adalah RS khusus tulang. Namun, jika tidak ada RS khusus tulang, maka di RS umum juga bisa, namun munkin peralatan dan pelayanannya juga agak berbeda jika dibandingkan dengan RS khusus tulang.

Hak pasien dan keluarganya dalam berobat di RS harus Anda ketahui jika Anda berobat. Hal ini dikarenakan agar Anda mendapatkan pelayanan terbaik serta mencegah terjadinya kekeliruan dalam tindakan penanganan kesehatan Anda. Utarakan pendapat Anda kepada dokter, perawat, atau tenaga medis yang lain. Berikut ini anjuran yang harus diketahui oleh pasien mengenai hal tersebut seperti informasi yang saya dapatkan dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

1. Utarakan pendapat bila ada pertanyaan atau kekhawatiran yang Anda rasakan, dan jika Anda tidak mengerti, tanyakan kembali, karena Anda berhak mengetahui kondisi kesehatan Anda.
• Jangan sungkan bertanya mengenai apa yang Anda rasakan kepada dokter Anda, perawat, atau tenaga medis yang lain.
• Jangan sungkan bertanya mengenai resiko tindakan yang akan Anda hadapi.
• Jangan sungkan bertanya tentang rencara pengobatan Anda.
• Pastikan tidak terjadi kekeliruan dengan pasien lain.

2. Perhatikan baik-baik tindakan medis yang dilakukan pada diri Anda. Pastikan Anda memperoleh penanganan dan tindakan medis yang benar dan dilakukan oleh tenaga medis profesional.
• Katakan kepada perawat atau dokter bila ada sesuatu yang kelihatannya tidak tepat.
• Semua staf RS memakai tanda pengenal.
• Prosedur cuci tangan sangat dianjurkan karena merupakan cara yang paling ampuh untuk mencegah penyebaran infeksi.
• Diharapkan Anda mengetahui waktu pemberian obat, bila belum diberi Anda dapat menanyakan kepada perawat.
• Untuk proses pengecekan, perawat atau dokter akan memeriksa identitas Anda, melalui gelang identitas, atau mereka akan menanyakan nama Anda sebelum mereka memberi obat atau melakukan tindakan medis.

3. Evaluasi mengenai diagnosa penyakit Anda, termasuk tes medis yang akan Anda jalani, serta rencana tindakan medis yang akan dilakukan dapat Anda tanyakan kepada dokter Anda.
• Anda berhak mengetahui kualifikasi dokter Anda.
• Informasi mengenai penyakit Anda dapat diperoleh antara lain dari dokter Anda, perpustakaan, atau internet.
• Tanyakan kepada dokter Anda apakah memiliki informasi tertulis yang bisa Anda peroleh.
• Baca semua formulir medis dengan teliti dan pastikan Anda memahami isinya sebelum Anda menandatangani apapun. Bila Anda tidak mengerti, minta dokter atau perawat untuk menjelaskannya.
• Bila dalam proses perawatan Anda di rumah menggunakan peralatan medis, pastikan Anda dapat mengoperasikan peralatan tersebut.

4. Anggota keluarga atau teman yang Anda percayai dapat menjadi pendamping Anda.
• Minta saudara atau teman Anda untuk dapat membantu saat Anda dirawat inap.
• Pendamping Anda dapat membantu pada saat Anda tidak mampu melakukan kegiatan sendiri.
• Pastikan saudara atau teman Anda menerti tentang jenis perawatan yang Anda butuhkan saat Anda keluar dari RS.

5. Kekeliruan dalam pemberian obat merupakan kesalahan yang dapat terjadi dalam tindakan medis. Oleh karena itu pahami obat-obatan apa yang Anda minum dan mengapa Anda memakainya.
• Tanyakan tentang kegunaan obat-obatan yang diberikan kepada Anda dan informasi efek samping dari obat tersebut.
• Teliti kembali apakah obat yang diberikan itu benar untuk Anda.
• Apabila Anda diinfus, tanyakan kepada perawat berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai cairannya habis. Katakan kepada perawat apabila cairan infus kelihatannya tidak menetes secara benar.
• Utarakan kepada dokter atau perawat Anda mengenai alergi yang Anda miliki, atau reaksi negatif yang Anda rasakan terhadap obat-obatan yang pernah Anda minum sebelumnya.
• Pastikan Anda bisa membaca tulisan di resep yang dituliskan oleh dokter Anda. Apabila Anda tidak dapat membacanya, tanyakan kepada apoteker untuk mengetahui tentang obat yang akan diberikan kepada Anda.

6. Perlu dipahami bahwa Anda sesungguhnya yang menjadi fokus utama dalam tim perawatan medis.
• Anda adalah orang yang paling penting di dalam semua upaya penyembuhan penyakit Anda, bukan dokter.
• Kesehatan Anda yang menjadi perhatian utama saat staf medis merawat Anda, bukan kesehatan pasien lain.
• Anda berhak mendapatkan semua bentuk perhatian dan waktu yang Anda butuhkan untuk pemulihan kesehatan Anda.
• Staf medis harus menjelaskan semua informasi yang Anda butuhkan dengan kata-kata yang Anda mengerti, termasuk meminta penjelasan bila Anda membutuhkan.
• Anda dapat meminta bantuan untuk menjelaskan mengenai petunjuk pemakaian obat serta instruksi pemeriksaan lainnya bila Anda kurang mengerti.

7. Pengobatan Anda tentu saja keterlibatan Anda dalam mengambil keputusan.
• Anda berhak mengetahui siapa yang akan merawat Anda, tindakan medis yang akan dilakukan, dan bagaimana reaksi yang akan Anda rasakan.
• Tanyakan kepada dokter jenis tes atau obat apa yang Anda dapat.
• Simpan resume catatan medis Anda dari proses rawat inap sebelumnya dan beritahukan kepada tim medis yang merawat Anda. Informasi seperti ini akan membantu mereka lebih memahami riwayat kondisi kesehatan Anda.
• Anda dapat meminta keterangan lebih lanjut mengenai kondisi penyakit Anda.
• Anda dapat menghubungi orang-orang yang pernah menjalankan tindakan medis kepada Anda agar Anda dapat menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya saat pengobatan tiba. Mereka juga bisa menceritakan apa yang akan terjadi.
• Staf medis harus menjelaskan semua informasi yang Anda butuhkan dengan kata-kata yang Anda mengerti, termasuk meminta bantuan penjelasan bila Anda membutuhkan.

8. Setiap orang memiliki peran dalam mengupayakan agar perawatan medis berjalan aman, termasuk dokter, manajemen RS, perawat, tenaga medis, dan pekerja sosial.

Pihak RS mengupayakan agar keselamatan dalam perawatan perawatan kesehatan dijadikan prioritas. Anda sebagai pasien, bisa juga memainkan peran vital dalam memastikan agar tindakan medis yang Anda jalani aman bagi diri Anda dengan cara berpartisipasi aktif, ikut terlibat, serta tidak perlu merasa segan untuk meminta informasi dari tim medis yang merawat Anda.

——————————————————–

Baca juga:
Begini Lho Cara Menyimpan Obat yang Benar

——————————————————–

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

One response

  1. Reblogged this on Okta Triaman Zega and commented:
    Yang Perlu Anda Lakuan Jika Berada di Rumah Sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: