Tradisi Pasar Kaget Ramadan di Kota Pangkalpinang


bazarMarhaban ya Ramadan, bulan yang penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia telah tiba. Banyak berkah di bulan Ramadan ini. Berkah datang dari mana saja, karena pada bulan ini umat Muslim berlomba-lomba mencari pahala lewat beberapa cara. Salah satunya adalah berbagi rezeki, memberikan sedekah pada kaum duafa untuk berbuka maupun pada saat makan sahur. Jadi kaum duafa bisa merasakan kebahagiaan seperti yang dirasakan oleh kaum yang punya.

Keberkahan di bulan Ramadan juga dirasakan oleh banyak pihak. Salah satunya adalah para pedagang makanan. Pada bulan Ramadan pedagang makanan meraup untung yang bisa dua kali lipat bila di bandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Ini adalah suatu berkah bagi pedagang dalam menyambut lebaran.

Salah satunya adalah pedagang makanan di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Para pedagang makanan pada bulan Ramadan membludag dari hari-hari biasa. Mereka yang semula bukan pedagang makanan, maka pada bulan Ramadan banting stir menjadi pedagang makanan.

Di Kota Pangkalpinang memang punya tradisi bazar Ramadan yang sudah lama terjadi. Pasar kaget yang menjajakan aneka makanan untuk berbuka dan sahur dengan mudah dijumpai di kota dengan julukan Ciber City ini. Suasana kental adat Melayu mewarnai setiap datangnya Ramadan dengan khas makanannya seperti otak-otak, pempek, lempah darat dan kuning, lakso, tekwan, dll. Selain itu juga ada penjual buah-buahan seperti melon, semangka, dll.

Jika Anda berkunjung di kota ini dan kebetulan di bulan Ramadan, jangan kaget jika di beberapa titik terdapat kerumunan orang yang menjajakan aneka makanan. Anda bisa menemui para penjaja hidangan untuk berbuka ataupun sahur. Berdasarkan pantauan saya, tempat yang menjajakan makanan Ramadan di Kota Pangkalpinang antara lain di Jl. A. Yani, Jl. Depati Amir (eks Jl. Muntok), Jl. Semabung, Jl. Kampung Melayu dari Pasar Pagi ke arah Tuatunu, Jl. Balai ke arah Alun-alun Merdeka, dan pusatnya di Jl. Masjid Jamik. Untuk di Jl. Depati Amir bisa dijumpai di depan Hotel Mitra dan depan kantor KPU. Untuk di Jl. A. Yani dapat dijumpai sebelum simpang lampu merah RS. DKT atau SMAN 1 (dari arah simpang empat Jl. Masjid Jamik) mulai dari Hotel Xinlu sampai dengan Pasar Pagi.

Mulai sekitar pukul 14.00 para pedagang makanan sudah sibuk menata barang dagangannya. Aneka makanan siap santap bisa Anda jumpai di sini. Pembeli kebanyakan adalah para pekerja kantor yang tidak punya waktu untuk memasak karena kesibukan. Khusus di Jl. Masjid Jamik yang satu arah, Anda bisa melalui dari simpang empat Ramayana. Memasuki jalan ini, Anda diuji kesabarannya, karena pada saat jam pulang kantor sekitar pukul 16.00 sampai menjelang waktu berbuka maka jalan ini bisa macet. Saya sarankan Anda parkir di suatu tempat kemudian jalan kaki untuk mencari makanan yang Anda inginkan. Tempat parkir alternatif bisa di depan BCA atau di depan Masjid Jamik. Jika Anda menggunakan mobil, maka susah untuk jalan, namun jika menggunakan motor meskipun pelan bisa juga.

Pada hal, jika Anda cermat ternyata harga rata-rata makanan yang ditawarkan justru malah lebih tinggi bila dibandingkan pada hari-hari biasa. Namun, itu tidak mempengaruhi pembeli untuk membelinya. Bahkan untuk jenis makanan tertentu hanya kurang dari dua jam sudah habis meskipun tergolong mahal harganya, sebut saja ikan yang dimasak lempah kuning yang merupakan masakan khas di kota ini.

Tradisi pasar kaget Ramadan ini sangat meriah dan hanya ada di bulan Ramadan saja. Pasar kaget ini tiap tahun ada sponsornya, khususnya yang berada di Jl. Masjid Jamik. Sponsor antara lain dari dieler motor, operator seluler, dan bank BUMN. Lapak pedagang terpampang tulisan para sponsor tersebut. Tidak hanya itu, kantong plastik untuk membawa makanan Anda juga berasal dari sponsor.

Bagaimana dengan tradisi Ramadan di daerah Anda?

——————————————————

Baca juga:
Tradisi Pagelaran Wayang pada Ruwah Rosul Bersih Desa
Pasar Tradisional Ini Dimulai Sejak Matahari Terbenam
Keunikan Pasar Kampung Asam Kota Pangkalpinang
Piknik Tidak Harus Mahal (bagian 3): Pasar Minggu di Manahan

——————————————————

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: