10 Jembatan Tertinggi di Dunia


Jembatan dibangun untuk menghubungkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Umumnya tempat-tempat yang dihubungkan adalah tempat yang sangat vital keberadaannya, misal tempat wisata, pusat ekonomi, dan lain-lain.

Tempat-tempat yang dihubungkan dengan jembatan yang dirancang dengan infrastruktur yang canggih memang tempat yang sangat berharga. Tak jarang jembatan yang menghubungkan tempat-tempat tersebut harus menghadapi jurang yang dalam dan sungai di bawahnya. Ini sungguh menjadi pemandangan tersendiri bagi yang melihatnya. Jembatan-jembatan yang tinggi seperti ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Berikut adalah 10 jembatan tertinggi di dunia seperti dilansir The Richest (26/06/2013) berdasarkan tinggi dek, atau jarak vertikal maksimum dari dek jembatan ke tanah atau air permukaan yang menyilang.

10. Beipanjiang River Railway Bridge
jembatan10Tingginya 902 kaki (275M)
Ini adalah jembatan kereta api tertinggi di dunia, Jembatan Kereta Api Sungai Beipanjiang membawa melacak ke Shibui Railway atas Sungai Beipanjiang di Liupanshui, Provinsi Guizhou, China. The Beipanjiang (diucapkan Bay-Pan-Gee-Ang) memotong melalui beberapa ngarai gunung yang paling menakjubkan di Cina karena memotong melalui ujung barat laut Provinsi Guizhou di barat daya di mana hal itu disebut Hongshui Ia, sungai di perbatasan Provinsi Guangxi.

9. Royal Gorge Bridge
jembatan9Tingginya 955 kaki (291m)
Terletak di Cañon City, Colorado, Amerika Serikat. Jembatan ini mendukung jalan atas Royal Gorge. Penurunan dari dek 955 meter ke tanah di bawah dan jembatan ini panjangnya 938 kaki (286 m). Butuh waktu enam bulan untuk membangunnya atau antara bulan Juni 1929 dan November 1929 dan menghabiskan dana $ 350.000 untuk membangun jembatan ini. Biaya itu dibiayai setelah pembangun memasang pabean pada setiap akhir. Satu hal yang kebanyakan orang tidak tahu tentang jembatan ini adalah bahwa jembatan ini tidak dibangun untuk memfasilitasi transportasi. Hal itu dimaksudkan untuk menghasilkan pariwisata. Jembatan ini tertinggi di dunia dari 1929 sampai 2001 ketika Jembatan Liuguanghe di Cina mengambil kehormatan itu.

8. Zhijinghe River Bridge
jembatan8Tingginya 965 kaki (294m)
Menghubungkan kota-kota Yesanguan dan Dazhiping di Badong Propinsi Hubei County, Cina. Jembatan ini juga merupakan jembatan lengkung tertinggi di dunia. Dibuka pada tahun 2009, terdapat juga terowongan-terowongan ke jembatan tertinggi di dunia sebelum 2012 ketika kehilangan catatan ke Jembatan Aizhai. Panjangnya 1.410 kaki (430 m) dari Zhijinghe Jembatan Sungai membawa G50 Shanghai-Chongqing Expressway melalui sebuah terowongan, melintasi lembah Sungai Zhijinghe ke terowongan lain pada sisi yang berlawanan.

7. Liuguanghe Bridge
jembatan7Tingginya 974 kaki (297m)
Jembatan ini di Liu Guangzhen, Guizhou, Cina, yang mengambil rekor jembatan tertinggi di dunia dari Royal Gorge Bridge setelah dibuka pada tahun 2001, tetapi juga kehilangan rekor itu dengan pembukaan Jembatan Sungai Beipanjiang pada tahun 2003.Jembatan ini panjangnya 790 kaki (240 m) dan mendukung jalan untuk lalu lintas kendaraan normal. Pada tahun 2008 gerbang tol pada kedua ujung akhirnya dihapus dan tiba-tiba wisatawan mulai berdatangan, yang mengarah ke pembentukan warung kecil desa di sisi tenggara. Pariwisata juga telah meningkatkan lalu lintas dan jembatan dan jalan raya yang menghubungkan sering terjadi kemacetan lalu lintas. Truk-truk besar yang menggunakan rute ini di atas pegunungan yang membuat macet, sehingga ditambah menjadi dua jalur.

6. Beipanjiang River 2009 Bridge
jembatan6Tingginya 1.043 kaki (318m)
Pada tahun 2009 jembatan ini adalah bagian dari dari G60 Shanghai-Kunming Expressway menyeberangi Sungai Beipanjian. Dibuka pada tahun 2009, jembatan ini terletak di Qinglong, Provinsi Guizhou, Cina, memiliki panjang 2.087 kaki (636m) dan tinggi dek dari 1.043 kaki (318 m). Ini adalah jembatan gantung mendukung jalan untuk lalu lintas normal.

5. Aizhai Bridge
jembatan5Tingginya 1.150 kaki (350m)
Dengan panjang bentang 3.858 kaki (1.176 m) dan tinggi dek dari 1.150 m dari lembah di bawah. Jembatan ini di Jishou, Provinsi Hunan, China, juga merupakan jembatan dengan terowonganseperti yang disebutkan sebelumnya. Butuh dana $ 208 juta untuk membangun jembatan ini, yang dimulai pada bulan Oktober 2007 dan selesai pada 2011 lebih cepat dari jadwal. Penumpang yang melewati jembatan ini dapat menikmati pemandangan siang hari, tapi setelah gelap hampir 2.000 lampu di jembatan mengubahnya menjadi daya tarik tersendiri karena mirip dengan poros cahaya menjembatani dua gunung. Pada jembatan ini pernah digunakan sebagai festival melompat dari jembatan pada September 2012 dengan 40 jumper dari 13 negara.

4. Beipanjiang River 2003 Bridge
jembatan4Tingginya 1.201 kaki (366m)
Ini menjadi jembatan tertinggi di dunia setelah mengambil mahkota dari Liuguanghe Bridge, namun juga kehilangan kepada Hegigio Gorge Pipeline Bridge pada tahun 2005. Terletak di Xingbeizhen, Provinsi Guizhou, Cina. Jembatan gantung ini memiliki ketinggian dek dari 1.201 m dan panjang 1.273 kaki (388 m). Jembatan ini merupakan daya tarik bagi wisatawan dan tempat parkir yang nyaman tersedia di kedua sisinya. Jembatan ini sendiri memiliki jalan untuk lalu lintas pejalan kaki. Tidak ada sungai lain di dunia ini yang memiliki tiga jembatan tertinggi di dunia sekaligus. Persimpangan keempat direncanakan untuk jalan raya antara Kunming dan Bijie hanya dekat jembatan kereta api.

3. Balinghe River Bridge
jembatan3Tingginya 1.210 kaki (370m)
Dengan ketinggian 1.210 kaki Jembatan Sungai Balinghe di Guanling County, Provinsi Guizhou. Jembatan ini panjang 3.570 kaki (1.088 m). Para 1.088 meter yang rentang panjang dilaporkan untuk membuat jembatan beruntung. Cina memegang angka 8 beruntung karena dalam bahasa Mandarin kedengarannya seperti kata untuk “kemakmuran.” Dibuka pada tahun 2009, jembatan ini adalah bagian dari G60 Expressway Shanghai-Kunming antara Kunming dan Guiyang. Pada bulan Juli 2012, Jembatan Sungai Balinghe adalah lokasi untuk terjun payung International di mana 30 terdapat jumper dari 15 negara yang berbeda berpartisipasi dalam acara ini.

2. Hegigio Gorge Pipeline Bridge
jembatan2Tingginya 1.289 kaki (393m)
Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dari 2005 setelah mengambil catatan dari Beipanjiang River 2003 Bridge, tapi itu relatif tidak dikenal mungkin karena bukan sebuah mendukung jalan atau kereta api tapi pipa minyak bumi. Terletak jauh di dataran tinggi selatan Papua Nugini, jembatan pipa dibangun oleh perusahaan konstruksi Kellogg Brown & Root untuk membawa minyak atas jurang kapur mendalam Sungai Hegigio ke kilang dari beberapa perusahaan. Seluruh pipa itu sendiri adalah 10 mil panjang dari sumber ke kilang tapi rentang yang melintasi jurang Hegigio hanya 1.540 kaki (470 m). Ini bukan jembatan untuk orang yang bisa melewatinya. Izin dari salah satu perusahaan yang menggunakan pipa harus diperoleh terlebih dahulu. Perjalanan melelahkan 435 mil (700 km) melalui medan hutan yang keras. Jembatan ini kehilangan rekor pada tahun 2009 ketika Jembatan Sungai Sidu dibuka.

1. Sidu River Bridge
jembatan1Tingginya 1.627 kaki (496 m)
Dengan ketinggian dek dari 1.627 meter dan rentang panjang 1.627 kaki (496 m). Jembatan Sungai Sidu, terletak di Badong County, Hubei, Cina adalah jembatan tertinggi di dunia. Insinyur tidak bisa menggunakan helikopter untuk menarik garis percontohan di seluruh jembatan. Mereka memutuskan untuk menembaknya di satu sisi sungai ke sisi lain dengan roket. Tanpa jembatan, perjalanan ke Shanghai di pantai Pasifik dengan kota-kota Chongqing dan Chengdu di barat akan mengambil satu hari ekstra melalui jalan gunung yang berbahaya, atau lima jam dengan perahu sungai yang merupakan pilihan yang lebih aman.

—————————————————

Baca juga:
10 Hotel Tertinggi di Dunia
10 Jembatan Terpanjang di Dunia

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: