Verifikasi Berkas STAN 2013/2014 Terganggu


Sistem online error, para pendaftar verifikasi berkas STAN galau

Sistem online error, para pendaftar verifikasi berkas STAN galau


Tahun 2013 peninat Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) membludak. Banyaknya peminat tahun ini karena pada tahun 2012 lalu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak membuka pendaftaran mahasiswa STAN. Jadi pada tahun ini saingan dua kali lipat. Siswa SMA yang lulus pada tahun 2012 dan 2013 mendaftar secara bersamaan.

Tahun ini pendaftar STAN melalui sistem online pada website resmi STAN. Pendaftaran sudah ditutup dan pendaftar harus melalukan verifikasi untuk memastikan mendapat kursi ujian. Jadi jika pendaftar tidak melakukan verifikasi, maka dianggap gugur.

Sesuai dengan pengumuman Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor: PENG-4/SJ/2013 tanggal 4 Juni 2013 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma I dan III Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Tahun Akademik 2013/2014, maka diumumkan Jadwal Verifikasi Berkas dan Pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU) Ujian Saringan Masuk STAN Tahun Akademik 2013/2013 pada tautan ini.

Pada tahun ini terdapat 27 tempat verifikasi dari 27 lampiran yang tertera pada website resmi. Pada saat saya mengantarkan keponakan mendaftar verifikasi di Lampiran XII Yogyakarta yang berada di Jl. Solo KM 11 Kalasan, Sleman pendaftar telah berjubel sejak pagi sebelum pendaftaran.

Keponakan saya mendapatkan nomor 626, dari 1050 pendaftar verifikasi pada hari itu (01/07/2013). Pada saat mendapatkan nomor sekitar 400, panitia mengumumkan bahwa jaringan online sedang ada masalah. Pada saat terjadi gangguan sekitar pukul 10.45 WIB. Kontan saja para pendaftar verifikasi galau. Alasan ini bisa diterima karena jika ada gangguan pada sistem online, maka waktu untuk verifikasi juga molor. Tidak hanya para pendaftar saja yang resah, panitia juga, kerjaan panitia menjadi dua kali lipat karena tidak bisa selesai pada waktu yang telah ditentukan. Seketika waktu diskors untuk istirahat sambil pihak teknisi yang membenahi. Namun, rupanya kejadian error tidak hanya pada Lampiran XII Yogyakarta saja, ternyata seluruh tempat pendaftaran verifikasi yang berjumlah 27. Ini berarti error dari pusat server.

Mau tak mau ya harus bersabar dan berdoa semoga cepat teratasi. Sekitar pukul 15.00 WIB gangguan online sudah bisa diatasi, namun belum sepenuhnya. Bagi yang tadi pada saat verifikasi ada gangguan, pihak panitia memberi pengarahan supaya para pendaftar mengatakan kepada orang tua jika lagi ada masalah dan supaya datang lagi paliing lambat tanggal 8 Juli 2013 kecuali hari Sabtu dan Minggu.

Pada saat sistem online sudah berjalan meskipun belum sepenuhnya, kami menunggu. Singkat cerita akhirnya sekitar pukul 19.00 sudah bisa mendapatkan formulir untuk mendapatkan tempat ujian. Ujian dilaksanakan tanggal 21 Juli 2013, pukul 07.30 peserta sudah harus di tempat lokasi tersebar di beberapa kampus perguruan tinggi di Yogyakarta untuk Lampiran XII.

Semoga saja kejadian ini tidak terjadi di tahun-tahun mendatang. Mungkinkah ini ulah hecker yang tidak bertanggung jawab?

———————————————–

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

4 responses

  1. mantap nih blognya gan, templatenya biasa tapi visitornya banyak, master seo pastinya ini 😀

    1. Tampilan bukan yang utama, tapi kualitas tulisan itu yang membuat pengunjung menyukai. Terima kasih sudah berkunjung. Baca juga tulisan-tulisan saya yang lain.

  2. Monica Anastasya Sinaga | Balas

    Min saya ingin bertanya.
    Jika data yang diberi ada kesilapan saat daftar online, misalnya data nilai, apakah saat verifikasi berkas saya langsung dianggap gugur ? Atau mereka akan memperbaiki ?

    1. Tanya saja langsung ke panitia. Di situ kan pasti ada kontak yang bisa dihubungi.
      Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: