10 Merk yang Melekat di Hati Masyarakat Indonesia


Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar atau bahkan diri kita sendiri mengucapkan merk sebuah produk yang sebenarnya bukan satu-satunya merk yang ada di pasaran. Apa yang kita ucapkan tersebut sudah lazim diketahui secara umum untuk menyebut sebuah produk. Bahkan sebuah produk tertentu sering kali identik dengan merk yang disebutkan. Dengan demikian seolah-olah masyarakat hanya mengetahui nama merk tersebut juga menjadi nama produk.

Tak hanya nama merk yang menjadi ikon sebuah produk, nama merk juga menjadi salah satu penyebut dari sebuah arti yang sebenarnya keliru. Akan tetapi karena masyarakat sudah terlanjur menggunakan nama merk tersebut untuk mengartikan barang yang dimaksud, maka seolah-olah nama merk tersebut benar sebagai arti dari nama produk.

Merk-merk yang demikian adalah yang selalu di hati masyarakat sebagai konsumen/pelanggan (customer). Nama merk yang familier dan melegenda sehingga dikenal dan selalu melekat di hati masyarakat sesungguhnya tidak mudah untuk diraih. Butuh waktu lama dan pengorbanan yang tidak sedikit untuk mempromosikan supaya merk tadi selalu ada di hati pelanggannya. Mempertahankan pelanggan lama supaya tidak beralih ke merk yang lain adalah pekerjaan pemasar (marketer) yang tidak mudah. Bahkan supaya calon pelanggan baru mencoba menggunakan merk dari produknya. Ini sebuah kerja keras yang tidak mudah.

Memang tidak setiap daerah di Indonesia mengenal nama merk yang diartikan sebagai nama produk. Di daerah tertentu tidak mengenal, tetapi di daerah tertentu pula nama merk tertentu sangat populer dan seolah-olah menjadi nama produk.

Beberapa merk yang saya amati di Indonesia sudah banyak yang melekat di hati pelanggan. Dari produk makanan/minuman, obat, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dll. Namun, dari sekian banyak merk yang ada, saya membuat 10 rangkuman merk yang selalu dihati pelanggan masyarakat Indonesia. Berikut ini 10 merk yang dimaksud.

1. Aqua

Air mineral merk Aqua, dok. mobgenic.com

Air mineral merk Aqua, dok. mobgenic.com

Aqua adalah nama merk dari produk air mineral. Mungkin karena namanya ‘aqua’ yang berarti air, maka masyarakat jika membeli air mineral selalu menyebut membeli aqua. Pada hal belum tentu air mineral yang dibeli bermerk Aqua. Sebenarnya banyak merk dari air mineral yang ada di Indonesia. Sebut saja Total, Club, Aquaria, Ron 88, dll. Bahkan di beberapa daerah memiliki merk sendiri yang dipasarkan di daerah tersebut. Seperti di Bangka Belitung memiliki merk Bolesa, MDI, Tambora, dll.

2. Rinso

Deterjen merk Rinso, dok. sukamart.com

Deterjen merk Rinso, dok. sukamart.com

Rinso adalah merk produk dari deterjen. Masyarakat sudah lama mengenal merk ini, sehingga jika menyebut deterjen sering diartikan dengan Rinso, padahal merknya bukan Rinso. Di pasaran saat ini dikenal banyak merk deterjen. Sebut saja So Klin, Boom, Daia, B-29, Surf, dll. Bahkan mungkin ada merk deterjen yang hanya dipasarkan di daerah tertentu saja.

3. Sanyo

Pompa air merk Sanyo, dok. archive.kaskus.co.id

Pompa air merk Sanyo, dok. archive.kaskus.co.id

Di benak masyarakat pedesaan kata ‘Sanyo’ sering diartikan sebagai ‘pompa air’. Jadi jika orang akan menghidupkan atau mematikan pompa air sering mengatakan menghidupkan atau mematikan sanyo. Nama merk Sanyo memang pada awalnya adalah nama merk dari pompa air, namun seiring dengan berkembangnya jaman dan perusahaan penerbit merk Sanyo ingin memperluas jenis produknya, maka Sanyo juga dijadikan merk seperti kulkas, TV, dan alat-alat elektronik yang lain. Selain Sanyo, merk pompa air di pasaran antara lain Shimizu, Panasonic, DAB, dll.

4. Honda

Motor merk Honda, dok. hondaekamotor.com

Motor merk Honda, dok. hondaekamotor.com

Masyarakat pedesaan jaman dahulu sering menyebut sepeda motor atau sering disebut motor dengan sebutan ‘Honda’. Karena waktu itu motor dengan merk Honda adalah satu-satunya motor yang dikenal masyarakat. Merk yang lain belum dikenal. Meskipun sekarang sudah ada merk motor yang lain, masih saja masyarakat pedesaan terutama di daerah Jawa menyebut motor dengan Honda. Pada hal sekarang banyak merk motor, sebut saja Suzuki, Yamaha, Kawasaki, dll.

5. Odol

Foto dok. rossmannversand.de

Foto dok. rossmannversand.de

Yang ini tidak hanya masyarakat pedesaan saja yang sering menyebut Odol untuk menyebut pasta gigi. Hampir semua masyarakat mengatakan jika pasta gigi maka menyebut Odol. Tentunya ini sangat menguntungkan perusahaan yang menerbitkan merk Odol, pada hal masih banyak merk pasta gigi yang lain. Sebut saja Pepsodent, Close Up, Ritadent, Ciptadent, dll.

6. Baygon

Obat nyamuk merk Baygon, dok. indonesianfilmcenter.com

Obat nyamuk merk Baygon, dok. indonesianfilmcenter.com

Dari dulu nama merk Baygon untuk obat nyamuk bakar. Karena sangat terkenal, maka sampai saat ini obat nyamuk tersebut adalah salah satu merk yang laris di pasaran. Bayer yang merupakan perusahaan penerbit merk Baygon tersebut juga mengembangkan usahanya untuk jenis obat nyamuk semprot. Merk obat nyamuk baik bakar maupun semprot yang ada di pasaran saat ini antara lain Hit, Tiga Roda, dll.

7. Ultraflu

Obat flu merk Ultraflu, dok. beliobatonline.com

Obat flu merk Ultraflu, dok. beliobatonline.com

Yang ini adalah nama merk obat untuk obat flu. Memang sudah sejak lama masyarakat mengenal Ultraflu. Beberapa masyarakat pedesaan dan kota yang saya temui jika flu mereka minum Ultraflu. Pada hal untuk merk obat flu tanpa resep dokter yang ada di pasaran saat ini banyak. Sebut saja Sanaflu, Antangin, Tolak Angin, dll.

8. Betadine

Obat luka merk Betadine, dok. vemale.com

Obat luka merk Betadine, dok. vemale.com

Jika luka, orang sering memberinya obat luka untuk pertolongan pertamanya. Obat luka yang disebut adalah Betadine. Pada hal merk obat luka di pasaran tidak hanya Betadine. Memang sampai saat ini yang banyak dijual baik apotik maupun toko obat yang paling terkenal adalah Betadine. Merk yang lain seperti Teracin, Palad, dan Bioplacenton.

9. Pempers

Popok bayi merk Pempers, dok. shopping.indiatimes.com

Popok bayi merk Pempers, dok. shopping.indiatimes.com

Untuk popok bayi masyarakat sering menyebut ‘pempers’. Seolah-olah kata pempers adalah arti dari popok tersebut dalam bahasa asing (Inggris). Padahal popok dalam bahasa Inggris adalah diapers. Masyarakat sering mengatakan jika ingin membeli popok baik untuk bayi maupun untuk dewasa sering menyebut dengan kata pempers kemudian diikuti dengan merk popok yang dimaksud, pada hal ini salah. Merk popok bayi yang ada di pasaran antara lain Mamy Poko, Sweety, Standart, dll. Untuk merk popok dewasa antara lain Mr. P, Confident, dll.

10. Supermi

Mi instan merk Supermi, dok. theramenrater.com

Mi instan merk Supermi, dok. theramenrater.com

Masyarakat pedesaan terutama di Jawa sering menyebut mi instan dengan Supermi. Mereka menganggap mi instan itu artinya ‘supermi’. Mungkin masyarakat mengenal merk mi instan dari Indofood ini awalnya hanya Supermi, sehingga sampai sekarang masih saja banyak yang mengatakan demikian. Padahal banyak merk mi instan di pasaran saat ini. Sebut saja Indomi, Sarimi, Salammi, Mi Sedap, Pop Mi, dll.

—————————————

Baca juga 10 Strategi Pemasaran Gratis.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: