10 Universitas Terbaik Untuk Jurusan Ilmu Komputer 2013


Bagi para pelajar lulusan SMA/MA/SMK yang ingin melanjutkan studi tentunya sudah mempunyai pilihan. Masuk perguruan tinggi (PT) atau universitas yang diidolakan tentu sudah jauh-jauh hari dipersiapkan. Jika masih ragu atau kebingungan mau ambil jurusan apa, para pelajara bisa berkonsultasi dengan guru Bimbingan Konseling (BK). Namun, bisa juga berkonsultasi dengan keluarga, kerabat, atau kakak kelas yang sudah mendahului masuk kuliah.

Di era yang serba digital ini membuat ilmu komputer semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Untuk itu sekarang ini banyak PT yang membuka jurusan baru dalam ilmu komputer. Di antara banyaknya PT dengan jurusan ilmu komputer, tak banyak yang mempunyai peringkat yang dikatakan bagus.

Khusus bagi pelajar yang tertarik di bidang komputer, tentukan langkah dari sekarang untuk menentukan pilihan PT mana yang akan menjadi studi lanjutannya. Apakah kuliah di dalam negeri saja atau di luar negeri. Jika ingin kuliah di luar negeri berikut ini panduan 10 universitas terbaik untuk jurusan ilmu komputer tahun 2013 dilansir topuniversities.com (15/05/2013) dari 200 daftar.

Edisi tahun ini dari peringkat ilmu komputer sebenarnya relatif stabil, dengan memasukkan hanya satu universitas baru dari 10 besar dan satu terdorong keluar. Sebanyak 35 negara masuk dalam daftar 200 universitas untuk jurusan ilmu komputer ini. Sebanyak 40 universitas di AS masuk daftar 200, 18 universitas dari Inggris, 15 universitas dari Australia, 13 universitas dari Jerman, dan masing-masing delapan dari Kanada, China dan Jepang.
Berikut ini 10 universitas dari 200 daftar universitas dengan jurusan ilmu komputer.

1. Massachusetts Institute of Technology (AS)

Foto: madspedersen.com

Foto madspedersen.com

Terkenal di dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menjadi institut teknologi yang pertama berfokus ke atas keseluruhan QS World University Rankings tahun lalu. Memang, reputasi merupakan faktor kunci, nilai terkuat MIT adalah untuk reputasi akademik, berdasarkan survei global QS tentang akademisi.

2. Stanford University (AS)

Foto: apm.stanford.edu

Foto: apm.stanford.edu

Di kota California, Stanford University tetap menjadi saingan berat MIT di bidang ilmu komputer. Stanford bersaing ketat dengan MIT pada indikator untuk reputasi akademik dan dosen, namun sebenarnya memiliki skor sedikit lebih tinggi untuk penetrasi penelitian.

3. University of Oxford (Inggris)

Foto: mladiinfo.com

Foto: mladiinfo.com

Naik pada ranking ke-3 dari 6 tahun lalu, skor Oxford baik di semua tiga indikator, tetapi terutama untuk reputasi dosen. Namun, skor tertinggi secara keseluruhan pada indikator ini hilang untuk menyaingi universitas Cambridge.

4. Carnegie Mellon University (AS)

Foto: nanolab.me.cmu.edu

Foto: nanolab.me.cmu.edu

Bergerak turun satu tempat tahun ini, Carnegie Mellon mempertahankan reputasi yang sangat kuat untuk ilmu komputer, hanya MIT memiliki rating tinggi dalam survei akademis. Selain itu, universitas tampaknya cukup baik untuk mempersiapkan mahasiswa untuk karir di masa depan. Carnegie Mellon School of Computer Science berada di puncak daftar perguruan tinggi AS dengan lulusan berpenghasilan tertinggi disusun oleh NerdWallet awal tahun ini.

5. University of Cambridge (Inggris)

Foto: law.cam.ac.uk

Foto: law.cam.ac.uk

Kembali di Inggris, Cambridge mengikuti Oxford sampai peringkat ke-5, meskipun sedikit lebih lambat, naik dari tempat ke-7 tahun lalu. University of Cambridge memiliki reputasi kuat dosen pascasarjana. University of Cambridge saingan dari University of Oxford karena skor sedikit lebih rendah dalam survei akademik dan indikator kutipan penelitian.

6. Harvard University (AS)

Foto: libcom.org

Foto: libcom.org

Bergerak turun satu tempat tahun ini, Harvard sama mendapat skor terkuat dalam indikator untuk reputasi dosen. Bahkan, jika peringkat ilmu komputer hanya berdasarkan pendapat dari dosen pascasarjana, Harvard University akan menduduki peringkat ke-3, di belakang University of Cambridge dan University of Oxford.

7. University of California, Berkeley (AS)

Foto: studentsreview.com

Foto: studentsreview.com

Turun dari posisi keempat tahun lalu, UC Berkeley adalah wakil final AS dalam 50% pada posisi 10 besar. Skor terkuat adalah untuk penetrasi penelitian, dalam 10 besar, hanya Stanford memiliki skor lebih tinggi pada indikator ini. Princeton didorong pada peringkat ke-11 secara keseluruhan tahun ini juga peringkat lebih tinggi pada ukuran ini, tetapi skor keseluruhan tertinggi untuk kutipan penelitian pindah ke Irlandia University College Dublin.

8. National University of Singapore (Singapura)

Foto: wiki.engr.illinois.edu

Foto: wiki.engr.illinois.edu

Bergerak naik satu tempat tahun ini, universitas unggulan Singapura, NUS bergabung di peringkat ilmu dengan Nanyang Technological University dan Singapore Management University yang keduanya juga telah naik tahun ini, masing-masing peringkat 22 dan 101-150.

9. ETH Zurich (Swiss)

Foto: chemistry2011.org

Foto: chemistry2011.org

Satu tempat turun dibandingkan tahun lalu, Swiss ETH Zurich lagi terkenal di seluruh mata pelajaran teknologi. Ini bergabung di peringkat ilmu komputer dengan sesama Swiss universitas Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (yang tetap stabil di posisi17) dan University of Zurich (yang tetap di posisi 101-150).

10. University of Hong Kong (Hong Kong)

Foto: hinrichfoundation.com

Foto: hinrichfoundation.com

Masuk 10 besar yang paling mengesankan di tahun 2013 dalam peringkat ilmu komputer berasal dari University of Hong Kong, yang melompat ke atas 10 dari sebelumnya 21. Empat universitas lain Hong Kong masuk ke daftar 200 ini, dengan Hong Kong Universitas Sains and Teknologi (HKUST) naik satu tempat ke-12, Chinese University of Hong Kong (CUHK) membuat kemajuan yang mengesankan dari peringkat 41 ke-19.

—————————

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

2 responses

  1. ITB gak ada ^^”

    1. Untuk 10 besar tidak masuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: