10 Pengusaha Terkaya Asia


Banyak pengusaha dari Asia yang sukses dan ini merupakan kekuatan baru ekonomi dunia. Banyak pengusaha dari asia yang mempunyai kekayaan yang fantastis. Pertumbuhan pasar yang paling cepat dan kekuatan ekonomi yang berkembang membuat Asia meningkat ke rangking atas.

Asia menyalip Amerika Utara dua tahun lalu sebagai rumah bagi sebagian besar jutawan, menurut sebuah studi oleh Capgemini dan RBC Wealth Management. Beberapa telah naik gelombang ekonomi dan memperluas sebuah keberuntungan yang diwariskan, tetapi ada banyak orang lain yang telah direkayasa perputaran dramatis, mulai dari awal untuk menciptakan kerajaan miliarder.

Seperti yang dilansir CNBC (14/05/2013) merilis daftar 10 pengusaha terkaya generasi pertama di Asia dari data yang diberikan oleh Wealth-X, sebuah perusahaan riset yang melacak dunia super kaya. Total kekayaan dari 10 besar pengusaha Asia lebih dari $ 110 miliar. Angka kekayaan bersih didasarkan pada kepemilikan publik dan swasta dan aset lainnya per 1 Maret.

1. Li Ka-shing (84 tahun)

asia1Kekayaan bersih: $ 29,7 miliar
Dari: Hong Kong

Li Ka-shing adalah orang terkaya di Asia dan konglomerat terkaya dalam daftar bisnis buatan sendiri. Dia juga satu-satunya penduduk Hong Kong untuk membuat daftar.

Li yang dianggap sebagai salah satu tokoh bisnis paling kuat di Asia dan reputasinya untuk transaksi bisnis yang cerdas telah mendapatkan julukan “superman”. Para pengusaha bisnis Cina meninggalkan Cina daratan untuk pergi ke Hong Kong bersama keluarganya pada tahun 1928. Dia berhenti sekolah setelah ayahnya terjangkit tuberkulosis dan mulai bekerja pada usia 12 tahun di sebuah pabrik plastik. Bekerja dengan cara menanjak, Li menjadi salesman dan kemudian manajer umum dari pabrik pada usia 19 tahun. Li melanjutkan untuk memulai bisnis manufaktur plastik sendiri pada tahun 1950 pada usia 22 tahun yang sekarang Cheung Kong Industries, salah satu perusahaan investasi realestate terkemuka di Hong Kong.

Dia mulai membeli properti pada tahun 1956 untuk menambah bisnis plastik. Bisnis publik ini pada tahun 1972 terus berkembang, memperoleh Hutchison Whampoa dan Hong Kong Electric untuk beberapa nama.

Bisnis Li sekarang begitu beragam yang mencakup segala sesuatu dari pengiriman dan telekomunikasi dengan bioteknologi, dengan karyawan di 52 negara. Kedua putranya, Victor Li, 48 tahun, dan Richard Li, 45 tahun, mengelola beberapa bisnisnya. Victor kepala Cheung Kong, Hutichson Whampoa, dan KC Life Sciences dan merupakan pewaris kekayaan keluarga terbesar di Asia, sementara Richard adalah ketua telekomunikasi PCCW perusahaan.

2. Zong Qinghou (67 tahun)

asia2Kekayaan bersih: $ 14,9 miliar
Dari: China

Zong Qinghou adalah orang terkaya di Cina dan anggota terkaya legislatif China. Dia adalah ketua dan CEO produsen minuman terbesar di Cina, Hangzhou Wahaha Group.

Zong mendirikan pembuat minuman sebagai toko SD menjual minuman vitamin dan permen di timur kota Hangzhou pada tahun 1987 dengan pinjaman sebesar $ 22 ribu. Perusahaan ini sekarang memiliki sekitar 150 anak perusahaan, yang juga termasuk pakaian anak-anak dan 60 basis manufaktur di seluruh China. Zong memiliki lebih dari 80 persen perusahaan.

Seorang tokoh politik penting Cina dan anggota Kongres Rakyat Nasional sejak tahun 2002, Zong tidak asing dengan kontroversi. Taipan menjadi berita utama pada tahun 2009 ketika perusahaan berakhir kemitraan dengan kelompok Perancis Danone makanan.

Pertempuran hukum profil tinggi menyebabkan mediasi oleh pemerintah Cina dan Perancis dan melihat Danone menjual 51 persen saham di perusahaan patungan China untuk Wahaha. Pada tahun 2008, Zong dilaporkan diselidiki karena penggelapan pajak penghasilan untuk lagu $ 42.,9 juta.

Kelompok ini juga menjadi berita utama tahun ini pada bulan Januari setelah menandatangani tiga tahun kesepakatan sponsor dengan 19 kali juara sepak bola Inggris Manchester United. Wahaha mengharapkan sponsor dari klub Liga Utama Inggris untuk meningkatkan penjualan minuman Qili energi.

3. Tatparanandam Ananda Krishnan (74 tahun)

asia3Kekayaan bersih: $ 11,2 miliar
Dari: Malaysia

Tatparanandam Ananda Krishnan adalah orang terkaya kedua di Malaysia dengan kerajaan bisnis yang mencakup telekomunikasi, game, properti, minyak dan TV berbayar.

Lahir di Sri Lanka dan imigran ke Kuala Lumpur. Harvard lulusan pertama membuat jutaan sebagai pedagang minyak dan merupakan direktur pendiri negara raksasa minyak Petronas. Melalui perusahaan Usaha Tegas ia telah menguasai beberapa perusahaan Malaysia, dan sementara ia mempertahankan profil yang sangat rendah, ia memiliki reputasi untuk timing pasar saham dengan baik.

Dengan saham pengendalinya, Ananda mengambil top telekomunikasi perusahaan Maxis swasta Malaysia pada tahun 2007 sebelum terjadi krisis keuangan global, dan kemudian kembali mencatatkan itu pada tahun 2009 dengan penawaran umum $ 3,3 miliar perdana (IPO). Pada Juli 2011, ia tercatat perusahaan minyak lepas pantai Bumi Armada, meningkatkan $ 890 juta sebelum volatilitas pasar memaksa pembatalan banyak IPO di Asia. Pergerakan pasar terbaru Ananda adalah Relisting perusahaan TV berbayar Astro All Asia Networks pada bulan Oktober, meningkatkan $ 1,5 miliar setelah ia mengambil itu pribadi pada tahun 2010.

Dikenal untuk menjaga privasinya, Ananda jarang membuat penampilan publik dan dilaporkan menghabiskan sebagian besar waktunya di selatan Perancis bersama istri dan dua anak dari pernikahan pertama tidak terlibat dalam kerajaan bisnis, dengan putrinya dilaporkan menjadi dokter di Inggris, sementara anaknya adalah seorang biarawan Buddha.

4. Charoen Sirivadhanabhakdi (69 tahun)

asia4Kekayaan bersih: $ 10,7 miliar
Dari: Thailand

Charoen Sirivadhanabhakdi adalah pemilik terbesar bir Thailand Bev Thailand dan orang terkaya ketiga di negara itu, menurut Forbes.

Bangkit dari awal yang sederhana sebagai salah satu dari 11 anak dari seorang pedagang jalanan yang bermigrasi dari Cina Selatan ke Bangkok, Charoen meninggalkan sekolah pada usia sembilan tahun untuk mulai bekerja. Pada 1970-an, Charoen memulai bisnis perdagangan kecil yang menjual bir murah lokal dan wiski, dan selama dekade berikutnya dan setengah ia pergi untuk berinvestasi dan memiliki pabrik gula, bank dan perusahaan asuransi.

Sebuah langkah besar dalam menumbuhkan kerajaan minumannya datang pada tahun 1995, ketika ia mendirikan perusahaan patungan dengan bir Carlsberg Denmark untuk menghasilkan Chang Beer dan kemudian membentuk Beer Thai yang kemudian menjadi bagian dari Singapura terdaftar Bev Thailand. Taipan ini juga berinvestasi dalam real estate dan Tanah TCC swastanya memiliki pusat perbelanjaan dan hotel dari Singapura ke New York.

Charoen menjadi berita utama pada bulan Januari dengan pengambilalihan Fraser dan Neave Singapura, sebuah minuman ringan, susu, penerbitan dan konglomerat real estate untuk sekitar $ 11 miliar, merupakan pengambilalihan perusahaan terbesar di Asia Tenggara.

5. Henry Sy Sr (88 tahun)

asia5Kekayaan bersih: $ 10 miliar
Dari: Filipina

Henry Sy Sr adalah pengusaha tertua dalam daftar ini, di usia 88 tahun dan juga orang terkaya di Filipina, menurut Forbes.

Sy bermigrasi dari Cina ke Filipina, memulai kariernya dengan membuka sebuah toko sepatu kecil di Manila pada tahun 1958 disebut Shoemart. Toko ini akhirnya menyebabkan kerajaan multi miliar dolarnya sekarang dikenal sebagai SM Investments. Perusahaan kini telah pergi untuk menjadi salah satu dari kelompok ritel terbesar di negara itu dengan kepentingan di pusat perbelanjaan, properti, perbankan dan hotel. Perusahaan holding perusahaan yang tercatat paling berharga di Filipina dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 17,2 miliar.

Sy dilaporkan memiliki 67 persen konglomerat, sementara anak-anaknya juga terlibat dalam menjalankan bisnis keluarga. Anaknya Hans menjalankan anak perusahaan SM Prime, yang merupakan pengembang mal terbesar di Filipina dan membuka mal kelima di Cina pada bulan Desember. BDO Unibank, bank terbesar di negara itu dijalankan oleh putrinya Teresita Sy-Coson.

6. Masayoshi Son (55 tahun)

asia6Kekayaan bersih: $ 8,8 miliar
Dari: Jepang

Masayoshi Son adalah pendiri dan CEO Softbank, operator seluler ketiga terbesar di Jepang. Ia juga orang terkaya ketiga di Jepang, menurut Forbes.

Cucu imigran Korea, Son dibesarkan di daerah barat daya pedesaan Tokyo sebelum pindah ke California untuk pergi ke sekolah tinggi dan lulus dari University of California, Berkeley. Saat masuk universitas, di usia 19 tahun membangun sebuah mesin berbicara menerjemahkan elektronik, yang dijual kepada perusahaan elektronik Jepang Sharp.

7. Liang Wengen (56 tahun)

asia7Kekayaan bersih: $ 7,9 miliar
Dari: China

Liang Wengen adalah ketua Sany Group, salah satu produsen terbesar peralatan konstruksi China.

Liang lahir dalam keluarga miskin di provinsi Hunan China, tapi berhasil untuk mendapatkan gelar sarjana dan dengan tiga orang lainnya mendirikan Sany pada tahun 1989 sebagai bahan pabrik las kecil di provinsi yang sama. Sejak itu, konglomerat telah tumbuh menjadi sebuah operasi global dengan lima taman industri di Cina, dan lima basis manufaktur di AS, Jerman, India, Brazil dan Indonesia, bersama dengan 21 perusahaan penjualan di seluruh dunia.

Pompa beton Sany digunakan untuk membangun Bendungan Tiga Ngarai di Cina, dan akuisisi produsen Putzmeister Jerman pada tahun 2012 membuat produsen top dunia dari pompa beton. Liang memiliki saham 58 persen di Sany.

8. Wan-Tsai Tsai (83 tahun)

asia8Kekayaan bersih: $ 7,2 miliar
Dari: Taiwan

Wan-Tsai Tsai adalah satu-satunya miliarder Taiwan untuk membuat daftar pengusaha terkaya dan merupakan orang terkaya ketiga di Taiwan, menurut Forbes.

Tsai, mantan legislator, mendirikan Grup Fubon, salah satu konglomerat terbesar di negara itu, sebagai Asuransi Cathay tahun 1961. Kelompok ini sekarang memiliki anak perusahaan di bidang konstruksi, telekomunikasi dan media.

Jauh konglomerat Tsai telah menjadi bisnis keluarga dengan AS, anak berpendidikan Daniel dan Richard ketua dan wakil ketua, masing-masing Fubon Financial perusahaan induk kelompok yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 12,7 miliar.

Pada bulan Maret, Fubon Financial memenangkan persetujuan untuk membeli saham 80 persen di bank China Firstsino Bank, pertama kali lampu hijau diberikan kepada bank Taiwan untuk membeli saham di Bank Cina.

9. Sunil Mittal (55 tahun)

asia9Kekayaan bersih: $ 6,5 miliar
Dari: India

Sunil Bharti Mittal adalah pendiri Bharti Enterprises dan ketua perusahaan unggulan Bharti Airtel, penyedia layanan seluler terbesar di India. Mittal juga kedelapan orang terkaya di India, menurut Forbes.

Mittal mendirikan kelompok pada tahun 1976 pada usia 18 tahun, sebagai produsen bagian sepeda dengan kurang dari $ 500 dari ayahnya. Taipan 55 tahun kemudian mendirikan Bharti Telecom, perusahaan pertama di India untuk memperkenalkan tombol push telepon pada 1980-an dan telepon rdless satu dekade kemudian. Kelompok ini sekarang memiliki kepentingan dalam ritel, jasa keuangan dan manufaktur, yang beroperasi di 20 negara.

Datang dari keluarga kelas menengah di India utara kota Ludhiana menjadi salah satu orang terkaya di India, Mittal mengatakan kepada Times of India pada tahun 2002 bahwa ia telah dimulai dengan mimpi dan didorong oleh ayahnya yang yakin ia akan merampungkan hal-hal besar.

Mittal memiliki putra kembar Kavin dan Shravin berusia 25 tahun, juga merupakan bagian dari kelompok Bharti. Kavin adalah kepala strategi dalam usaha patungan dengan raksasa telekomunikasi Jepang Softbank untuk mengembangkan media sosial, game, dan bisnis e-commerce di India.

Mittal menjadi berita utama pada Maret, setelah ia diperintahkan untuk muncul di pengadilan dalam kasus atas dugaan korupsi dalam alokasi bandwidth ponsel lebih dari satu dekade lalu. Polisi telah menyelidiki Bharti Airtel dan dua perusahaan lain yang kini menjadi bagian dari unit India Vodafone atas dugaan penyimpangan dalam pemberian spektrum seluler pada tahun 2002, menurut laporan Reuters.

10. Robin Li Yanhong (44 tahun)

asia10Kekayaan bersih: $ 4,9 miliar
Dari: China

Empat puluh empat tahun mendirikan mesin pencari online terbesar di China, Baidu, dengan Eric Xu pada tahun 2000 setelah mengembangkan perangkat lunak untuk perusahaan teknologi AS IDD dan Infoseek di Silicon Valley. Li meraih gelar master dalam ilmu komputer dari Universitas Negeri New York, sebelum berangkat pada usaha kewirausahaan. Miliarder saat ini ketua dan CEO Baidu, yang juga menawarkan layanan online lain seperti pemetaan dan ensiklopedi.

Baidu adalah perusahaan Cina pertama yang terdaftar di Nasdaq 100 Index pada tahun 2007. Keberangkatan Google dari pasar Cina pada tahun 2010, memungkinkan Baidu sebagai pilihan nomor satu untuk layanan pencarian internet bahasa Cina. Pada tahun yang sama Li sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh majalah Time untuk pencarian internet perintis di Cina. Baidu memegang sekitar 80 persen dari pasar pencarian online China.

Li memiliki saham 16 persen di Baidu, yang memiliki kapitalisasi pasar hampir $ 30 miliar. Kekayaannya juga termasuk saham yang dimiliki oleh istrinya, Melissa Ma.

——————————–

Baca juga 10 Orang Kaya Muda Dunia.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: