10 Pemicu Sakit Kepala Migrain


Ilustrasi sakit kepala migrain, dok health.com

Ilustrasi sakit kepala migrain, dok health.com


Jika Anda sering sakit kepala dan disertai migrain, maka Anda harus berhati-hati. Jangan anggap ini sepele. Ada berbagai jenis sakit kepala yang diderita orang. Migrain adalah sakit kepala yang terjadi pada satu sisi kepala saja dan memiliki pemicu tertentu. Makanan tertentu dan suara atau situasi tertentu bisa jadi pemicu untuk sakit kepala migrain.

Orang-orang memiliki pemicu yang berbeda untuk migrain. Bagi sebagian orang, musik keras bisa memulai timbulnya sakit kepala migrain. Orang lain mungkin memiliki makanan yang memicu sakit kepala migrain. Hal ini tergantung pada kondisi dan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap rangsangan eksternal tersebut.

Berikut ini 10 penyebab sakit kepala migrain seperti yang dilansir dari laman Bold Sky dengan beberapa perubahan(26/04/2013).

1. Umur keju
Keju yang terlalu lama adalah salah satu pemicu migrain yang umum dari semua pemicu. Keju memiliki bahan kimia yang disebut Tyramine yang dapat membuat sakit kepala bagi sebagian orang. Semakin lama umur keju jumlah Tyramine di dalamnya meningkat.

2. Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan seseorang menjadi mabuk. Orang yang mabuk merasakan sakit kepala migrain. Alkohol menyebabkan dehidrasi pada sel-sel otak dan dengan demikian memicu sakit kepala.

3. Sosis
Daging olahan seperti sosis adalah memicu sakit kepala besar bagi sebagian orang. Daging olahan mengandung Nitrit yang menyebabkan sakit kepala.

4. Produk Kedelai
Produk kedelai yang tinggi pada bahan dengan nama kimia Phenylethylamine hadir dalam semua produk kedelai seperti susu kedelai dan roti. Jadi jika Anda sensitif terhadap Phenylethylamine maka Anda harus menghindari kedelai.

5. Sinar matahari dan bayangannya
Bermain sinar matahari dan bayangan dapat memicu sakit kepala bagi sebagian orang. Pada hari-hari yang berawan sebagian dan cerah, pada beberapa orang dapat menyebabkan sakit kepala. Di bawah terik matahari pada siang hari juga dapat menyebabkan sakit kepala.

6. Kacang-kacangan
Kacang memiliki bahan kimia Phenylethylamine dan Tyramine. Itulah sebabnya banyak orang yang alergi terhadap kacang.

7. Apel
Buah yang memiliki rasa manis dan berwarna merah ini mengandung Tanin. Tanin ini adalah pemicu besar untuk migrain. Anda harus hindari apel merah, persik dan bahkan cuka jika Anda sensitif terhadap Tanin.

8. Tekanan
Tak jarang sakit kepala migrain juga bisa disebabkan oleh tekanan pada kepala. Misal jika Anda memakai helm yang terlalu kecil, maka Anda bisa sakit kepala migrain. Jika itu penyebabnya, maka Anda harus cepat-cepat mengganti helm yang Anda pakai. Helm adalah pelindung kepala di saat kita berkendara dengan motor. Tidak hanya untuk melindungi kepala dari benturan benda keras saja, melainkan juga melindungi kepala supaya pada saat berkendara kita nyaman. Jika helm yang kita pakai tidak nyaman dan membuat sakit kepala migrain, maka ini sangat berbahaya.

9. Penyedap masakan
Aditif makanan umum seperti Monosodium Glutamat (MSG) atau penyedap pada masakan dapat menyebabkan sakit kepala bagi banyak orang. Mie instan dan sup yang paling banyak mengandung MSG.

10. Musik Keras
Sebagian orang memang suka dengan musik yang keras seperti aliran musik metal. Namun banyak juga orang mendengar musik keras dapat memicu psikologis untuk sakit kepala migrain.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: