10 Alasan Kenapa Berat Badan Susah Turun


Ilustrasi obesitas, dok fimelle.com

Ilustrasi obesitas, dok fimelle.com


Setiap orang menginginkan tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal seimbang antara berat badan dan tinggi badan. Orang yang mempunyai tubuh yang ideal memakai pakaian apapun dapat serasi dan sedap dipandang. Tubuh yang ideal sering kali menjadi pusat perhatian. Orang-orang banyak yang memperhatikan karena merasa iri kenapa tubuhnya tidak seideal orang yang ia lihat.

Namun demikian, sering tubuh yang ideal tersebut menjadi tidak lagi sedap dipandang mana kala berat badan selalu meningkat. Apa lagi jika peningkatan berat badantidak seimbang dengan tinggi badan. Ini membuat orang tersebut menjadi rendah diri, mengucilkan diri dari komunitas sosialnya. Tak jarang orang yang seperti ini enggan keluar rumah. Jika ini dibiarkan, maka bukannya berat badan semakin menurun, namun justru akan semakin “membengkak” dan susah menurunkan berat badan menjadi ideal.

Kenapa berat badan terus meningkat? Kenapa susah menurunkan berat badan? Mungkin ada yang salah dalam pola makan atau latihan (olahraga). Makan makanan yang tidak sehat seperti tinggi lemak dan kalori dan kurangnya tubuh bergerak yang menjadi penyebabnya. Seperti dilansir dari DNA Health (25/03/2013) 10 alasan kenapa berat badan susah turun berikut ini.

1. Anda Latihan berat tetapi kalori berlebihan

Latihan olaahraga seperti joging, angkat beban, dll memang baik untuk dilakukan. Pada saat latihan, setelah istirahat Anda makan makkanan yang tinggi kalori. Jika terjadi demikian, maka Anda susah untuk menurunkan berat badan. Memang, dengan latihan yang terlalu berlebihan, maka tubuh akan memerlukan kalori yang lebih juga. Jika hal ini tidak Anda kendalikan, maka mustahil anda dapat menurunkan berat badan.

2. Anda tidak mendapatkan cukup tidur

Anda mungkin berpikir bahwa mengurangi jumlah jam tidur dengan waktu untuk latihan sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran, namun tidak cukup tidur benar-benar bisa mengurangi manfaat dari latihan dan menyebabkan Anda sulit untuk mendapatkan berat badan ideal. Tidak hanya kurang tidur mempengaruhi kinerja latihan dan daya tahan, tetapi memperlambat metabolisme, meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda lebih mungkin untuk menyerah pada keinginan Anda. Selain itu, kurang tidur bisa meningkatkan kadar stres, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

3. Anda minum minuman manis terlalu banyak

Anda mengurangi apa yang Anda makan, mengurangi makanan berlemak dan tidak makanan ringan di antara waktu makan, tetapi apakah Anda mempertimbangkan jumlah kalori yang Anda dapat dari minuman setiap hari? Selain dari makanan, ternyata kalori juga yang berlebihan juga bisa didapat dari minuman manis. Anda juga harus mempertimbangkan kalori dalam jus buah, teh manis, minuman ringan sirup, dll. Karena minum minuman yang seperti ini juga dapat menyebabkan berat badan susah turun.

4. Anda makan dengan porsi besar

Jika Anda makan rendah lemak, makanan sehat, tetapi masih belum kehilangan berat badan, mungkin layak melihat ukuran porsi Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Anda hanya makan tiga kali sehari, dengan ukuran porsi peningkatan banyak dari kita mengkonsumsi Anda benar-benar bisa makan setara dengan 6 atau lebih ukuran porsi standar setiap hari. Perlu diingat bahwa meskipun makanan yang Anda makan menjadi sehat, tetapi jika porsi yang Anda makan lebih besar, ini juga bisa menyebabkan berat badan susah turun.

5. Anda makan terlalu sedikit tapi ngemil

Anda mungkin makan dengan porsi yang sedikit pada tiap kali makan. Selain itu mungkin makan dalam sehari hanya dua kali. Namun jika Anda sering ngemil, maka ini juga tidak bagus. Ngemil kelihatannya sedikit makanan yang kita makan, namun jika sering ngemil, maka justru Anda sebenarnya malah makan dengan porsi yang banya. Apa lagi jika Anda ngemil sambil santai seperti nonton tv. Tubuh kita kurang gerak dan ini juga menyebabkan berat badan susah turun.

6. Anda tidak konsisten

Anda mungkin sudah melakukan latihan, namun Anda tidak konsisten. Jika Anda ada mood, maka Anda akan latihan, namun jika Anda tidak mood maka Anda tidak mau latihan dan hanya bermalas-malasan. Latihan yang tidak teratur menyebabkan apa yang sudah dilakukan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Apa lagi jika Anda sering tidak punya mood, maka tubuh akan terlalu lama untuk tidak bergerak. Ini juga menyebabkan berat badan susah turun.

7. Anda tidak bervariasi dalam latihan

Variasi dalam latihan memang sangat diperlukan. Anda jangan hanya monoton pada satu latihan saja. Hanya satu jenis latihan mungkin hanya membakar kalori sedikit, akan tetapi jika latihan yang bervariasi, maka kalori yang dibakar juga akan maksimal. Misal Anda joging, kemudian push up, set up, dll. Namun, sebelum latihan bervariasi, Anda harus memulainya dengan latihan yang ringan untuk pemanasan. Ini untuk menghindari cidera. Intinya adalah bagaimana supaya kalori dalam tubuh Anda bisa secara maksimal dibakar.

8. Anda tidak serius menurunkan berat badan

Ini tentunya masalah psikologi yang harus Anda pikirkan. Jika Anda ingin benar-benar menurunkan berat badan, maka Anda harus serius untuk melakukannya. Anda harus mempunyai niat untuk itu. Anda jangan hanya melakukannya karena faktor sesaat seperti karena hanya diajak oleh teman Anda atau karena untuk bergaya saja. Setelah teman Anda tidak mengajaknya maka Anda akan seperti semula untuk bermalas-malasan dalam latihan. Jika ini Anda lakukan, maka mustahil Anda akan berhasil dalam menurunkan berat badan.

9. Berat badan Anda tidak benar-benar refleksi dari lemak tubuh

Berat badan tidak bisa sebagai ukuran kadar lemak dalam tubuh seseorang. Orang yang mempunyai berat badan berlebihan tidak berati tubuhnya penuh dengan lemak. Bisa juga karena susunan otot dan tulang dalam tubuh yang besar. Jika Anda menimbang berat badan Anda, maka timbangan tidak akan bisa memberi tahu Anda berapa banyak lemak, otot atau air, karena itu bukan merupakan representasi akurat dari lemak.

10. Anda memiliki alasan medis

Banyak kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik, masalah tiroid, dan ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan berat badan dan membuatnya sangat sulit untuk menurunkan kelebihan berat badan. Juga, alergi makanan tersembunyi atau intoleransi dapat membuat sulit untuk menurunkan berat badan. Selanjutnya, sedangkan kondisi kesehatan Anda sendiri tidak dapat menyebabkan kenaikan berat badan, efek samping dari obat-obatan tertentu dapat menumpuk pada tubuh. Jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang hal ini jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini http://www.facebook.com/Cauchymurtopowordpresscom kemudian klik suka (like)
atau ikuti (follow) melalui twitter https://twitter.com/CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: