WiFi dari Operator Selular


Kebutuhan internet saat ini sangat besar. Dari hari ke hari para pengguna perangkat selular memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan akses data. Dari yang hanya sekedar untuk hiburan, sekolah atau kampus, sampai dengan untuk bisnis. Dipilihnya selular untuk akses internet karena dengan gadget ini pengguna bisa lebih leluasa. Apa lagi bagi orang yang mobilitasnya tinggi. Hanya dari genggaman tangan semua urusan transaksi dan pekerjaan jadi beres.

Pesatnya akses data tersebut membuat jaringan untuk internet harus tersedia secara luas. Untuk memenuhi kebetuhan tersebut di tempat-tempat umum dan strategis dipasang jaringan internet. Jaringan internet tersebut dapat diakses secara gratis. Namun ada yang memberlakukan pengaman seperti password dan user name. Jaringan yang dimaksud adalah Wireless Fidelity (Wi-Fi) atau sering juga kita sebut sebagai Hotspot.

Tempat-tempat umum yang menyediakan Wi-Fi antara lain di mal, sekolah atau kampus, cafe, hotel, dll. Bahkan di beberapa taman di kota terdapat area Free Wi-Fi. Seperti yang saya temui di Tamansari Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Di tempat tersebut siapa saja bisa menggunakan Free Wi-Fi 24 jam dengan kecepatan tinggi. Kesempatan ini banyak digunakan oleh anak-anak muda usia sekolah dan mahasiswa untuk akses internet secara gratis.

Wi-Fi pada tempat-tempat tersebut umumnya gratis atau Free Wi-Fi, namun beberapa tempat harus memasukkan password untuk keamanan. Tak jarang Fee Wi-Fi yang kita gunakkan kecepatannya sangat rendah, jadi para pengguna mengeluhkan ketidaknyamanan tersebut. Ini disebabkan karena penggunanya sangat banyak.

Mereka yang menggunakan Free Wi-Fi karena ingin berhemat alias dapat gratisan. Apa lagi di saat jam sibuk seperti pada jam istirahat makan siang atau sore sampai malam hari saat selesai jam kantor. Termasuk juga pada saat malam minggu atau malam hari libur. Pada jam-jam tersebut jaringan internet yang disediakan oleh operator selular sangat sibut. Tak jarang kecepatan untuk akses internet juga turun meskipun sudah menggunakan jaringan 3G atau HSDPA karena tingginya tingkat pengguna.

Kebutuhan yang tinggi akan akses data ini terutama di jam sibuk dimanfaatkan oleh para penyedia jasa internet dari berbagai operator. Berbagai operator selular bersaing dalam menarik pelanggan untuk layanan Wi-Fi berbayar. Untuk menggunakan layanan ini pengguna bisa di jaringan 2G atau 3G, yang penting gadget yang digunakan mendukung. Tak tanggung-tanggung, ada operator yang berani memasang kecepatan lebih dari yang sering ditawarkan oleh banyak operator. Kecepatan lebih dari 7,2 Mbps atau bahkan 20 Mbps pun melayani para pengguna yang umumnya para eksekutif dan pebisnis. Layanan yang tersedia Wi-Fi berbayar ini biasanya di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh mereka yang sibuk dengan mobilitas tinggi. Tempat-tempat tersebut antara lain di mal, restoran, dan cafe.
WiFi Indosat
Sumber dari Indosat yang saya dapatkan, operator selular Indosat mempunyai layanan Wi-Fi berbayar dengan nama Indosat Super Wi-Fi. Ini merupakan layanan internet Unlimited melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps yang diperuntukan bagi seluruh pelanggan Prabayar & Paskabayar Indosat. Indosat Super Wi-Fi ini sudah mendukung teknologi EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-Subscriber Indentity Module), yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Indosat tanpa harus mengisi username & password (seamless), namun cukup menggunakan SIM Card Indosat yang masih dalam periode masa aktif.

Teknologi seamless dapat digunakan untuk handset yang sudah mendukung teknologi EAP-SIM, dimana saat ini handset yang sudah mendukung teknologi EAP-SIM adalah Blackberry (OS 5, OS 6 ,OS 7), iPhone (4, 4S, 5), iPad (3G Wi-Fi), Nokia (E series), Android (Samsung Galaxy S3, Huawei Media Pad, Huawei Ascend D Quad XL) dan akan berkembang lebih banyak lagi seiring dengan perkembangan teknologi. Bagi pelanggan Indosat yang saat ini belum memiliki Handset yang belum mendukung teknologi EAP-SIM juga dapat menikmati layanan Indosat Super Wi-Fi, namun sebelumnya pelanggan harus mengisi Username & Password yang dapat diperoleh dengan mengirimkan SMS ketik SUPERWIFI kirim ke 363.
WiFi XL
Lain lagi dengan operator XL, sumber yang saya dapatkan dari Detiknet bahwa operator ini juga melayani WiFi berbayar dengan nama XL WiFi Zone. Cara menggunakan layanan XL FiWi Zone adalah dengan mengirimkan SMS dengan format: XLWifi ke nomor 868, dan akan mendapatkan balasan SMS berupa voucher code yang dapat digunakan untuk login.
WiFi Telkomsel
Sedangkan sumber dari Telkomsel yang saya dapatkan, operator selular terbesar di Indonesia ini juga mempunyai layanan WiFi berbayar. Layanan ini dinamakan Mobile Wi-Fi Telkomsel. Layanan dengan teknologi Mobile Wi-Fi Seamless ini memungkinkan pelanggan melakukan perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke Wi-Fi secara otomatis untuk memperoleh akses data dengan kecepatan tinggi. Wi-Fi merupakan bentuk lain akses data ke jaringan mobile Telkomsel pada Node-b atau BTS (Base Transceiver Station), sehingga pelanggan dapat merasakan pengalaman mengakses layanan data melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi sama seperti ketika menggunakan jaringan 2G/3G.

Untuk dapat menikmati layanan Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel, pelanggan harus melakukan setting pertama kali pada ponsel pintar (smartphone) dengan cara mengaktifkan Wi-Fi dan memilih SSID flashzone-seamless, kemudian memilih EAP-SIM sebagai Enterprise sub-type. Jika sudah berada di area Flash Zone Seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting device akan langsung terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu memasukkan user ID dan password. Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flash Zone Seamless.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik link halaman (page) facebook berikut kemudian beri jempolkan Anda (like):
http://www.facebook.com/Cauchymurtopowordpresscom
atau ikuti (follow) melalui twitter https://twitter.com/CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

3 responses

  1. Trim ya gan,aku tak mencoba

    1. Silahkan. Sekarang sudah banyak tempat dengan Wi-Fi berbayar. Anda bisa berselancar di dunia maya dengan kecepatan tinggi meskipun jaringan operator GSM Anda hanya EDGE.

  2. Trim,aku tak mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: