10 Benda yang Dapat Dibersihkan dengan Garam


Tiap hari Anda pasti bertemu dengan garam. Ya, benda putih yang rasanya asin ini selalu ada pada setiap masakan. Masakan akan hambar tanpa diberi garam. Garam dalam masakan berfungsi sebagai peyedap. Garam juga dapat meyatukan bumbu yang dipakai dalam masakan sehingga masakan menjadi lebih sedap.

Selain sebagai penyedap dalam masakan, garam dapur atau yang sering disebut dengan Natrium Klorida dengan rumus kimia NaCl ini juga berfungsi pencegah penyakit gondok jika di dalamnya ditambahkan Yodium. Intinya bahwa garam yang kita kenal selama ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Tapi apakah Anda pernah menggunakan garam untuk keperluan yang lain selain untuk masakan? Ternyata garam dapur juga dapat membantu Anda dalam urusan bersih-bersih. Beberapa peralatan dapur dan juga pakaian dapat dibersihkan dengan garam ini. Berikut ini 10 barang yang dapat dibersihkan dengan menggunakan garam seperti yang dilansir Bold Sky (03/01/2013).

1. Kain jeans
garam1
Jika jeans Anda benar-benar kotor dan Anda ingin membersihkannya, gunakan garam. Garam tidak hanya membersihkan jeans tetapi juga mempertahankan warna. Hanya menambahkan satu sendok teh garam dalam setengah ember diisi dengan air. Rendam jeans di dalamnya selama 10-15 menit. Bersihkan dengan deterjen.

2. Kuningan atau tembaga
garam2
Jika Anda punya pajangan rumah dari bahan kuningan atau tembaga, Anda dapat membersihkannya dengan garam supaya tampak mengkilap. Kuningan atau tembaga mendapatkan karat dan noda karena kelembaban dan kotoran. Tambahkan beberapa tetes cuka pada garam dan kemudian membersihkan kuningan atau tembaga tersebut.

3. Cerobong asap
garam3
Dapur cerobong asap paling tinggi terkena minyak, kelembaban dan uap. Dengan demikian, menjadi kotor dan berwarna hitam. Membersihkan cerobong asap sangat sulit. Anda dapat membuatnya lebih sederhana dengan menggosok dengan garam dan cuka atau baking soda.

4. Karpet
garam4
Karpet dapat menjadi kotor karena lumpur, tumpahan makanan atau mendapatkan noda yang lain. Jadi, untuk menghapus noda membandel dari karpet atau permadani dan tikar, hanya taburi garam. Gosok dengan spons yang basah dengan air.

5. Pakaian
garam5
Untuk mendapatkan bau yang bagus dari pakaian dicuci, hanya rendam dalam garam selama 5-10 menit. Hal ini juga mencegah warna pakaian supaya tidak pudar.

6. Peralatan masak
garam6
Peralatan memasak yang habis digunakan memasak dengan santan meninggalkan noda membandel. Jadi, untuk menghilangkan noda minyak, noda kuning dan tumpahan, hanya gosok dengan pembersih peralatan dapur dengan air panas dan garam.

7. Kaca toples
garam7
Kaca toples dan guci bisa mendapatkan noda sangat mudah. Bersihkan dengan cuka dan garam kasar untuk tetap bersih dan bebas dari bakteri.

8. Kulkas
garam8
Ingin menjaga kulkas bersih dan bebas dari bau? Hanya rendam sepotong kain dalam cuka dan larutan garam. Anda juga dapat menambahkan baking soda untuk menghilangkan noda. Bersihkan kulkas dan tetap bebas dari bau.

9. Menghapus bau dari peralatan
garam9
Bau bawang putih, bawang merah, telur, daging, dan minyak bisa menganggu. Jadi, bersihkan peralatan stainles, aluminium atau tanah liat dengan garam dan air jeruk nipis.

10. Perak
garam10
Sendok perak dan barang-barang perak lainnya dapat dibersihkan dengan garam. Ini adalah salah satu penggunaan pembersih yang sangat baik dari garam. Anda dapat menyimpan perak mengkilap dengan garam.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik link halaman (page) facebook berikut kemudian beri jempolkan Anda (like):
http://www.facebook.com/Cauchymurtopowordpresscom
atau ikuti (follow) melalui twitter https://twitter.com/CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: