10 Tips Diet Bagi Penderita Hipertensi


hipertensi
Hipertensi adalah suatu penyakit yang bisa membuat orang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Penyakit ini menyebabkan tekanan darah seseorang bisa saja naik secara tiba-tiba dan sulit turun. Salah satu faktor penyebab tekanan darah naik karena psikologi. Seseorang yang menderita hipertensi jika mendengar sesuatu yang membuat dirinya tidak nyaman dapat menaikkan tekanan darahnya. Misalnya dalam kondisi panik atau dalam menghadapi suatu masalah dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Hipertensi tak jarang diderita oleh orang dengan usia di atas 40 tahun. Namun, ada juga yang tiga puluhan atau bahkan usia berkepala dua sudah menderita hipertensi. Faktor makanan yang dikonsumsi adalah pemicunya. Makanan yang tidak sehat selama bertahun-tahun dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu mungkin juga faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit ini.

Seseorang yang menderita hipertensi harus selalu waspada terhadap makanan yang ia konsumsi. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan. Dr. Nandita Shah ahli homeopathy terkemuka dan Neha Chandna seorang ahli gizi memberikan masukan tentang makanan yang harus dihindari dan yang harus dimasukkan dalam diet bagi seseorang yang menderita hipertensi, seperti yang dilansir dari laman DNA Health (07/04/2013) pada Hari Kesehatan Dunia tanggal 7 April.

1. Kurangi asupan semua produk hewani seperti daging, ikan, telur, unggas dan susu. Makanan ini sarat dengan lemak hewani, lemak ini diserap lebih cepat dari lemak nabati dalam tubuh kita, yang menyebabkan pembentukan plak lebih cepat.

2. Kurangi makan makanan berminyak, margarin, Vanaspati, dll lemak yang terjadi pada tanaman kurang berbahaya daripada lemak hewan, tetapi semua sama dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Jika Anda merasa bahwa minyak merupakan bagian penting dari diet Anda, maka Anda bisa memilih untuk makan kacang-kacangan karena kandungan seratnya mengurangi kecepatan di mana lemak dilepaskan ke dalam tubuh.

3. Hindari semua makanan olahan atau kemasan. Makan makanan buatan sendiri yang terbaik untuk kesehatan Anda. Makanan kemasan biasanya sarat dengan lemak. Hal ini biasanya dilakukan oleh produsen untuk meningkatkan umur simpan makanan tersebut.

4. Kurangi asupan garam berlebih, berpegang pada air dalam tubuh meningkatkan tekanan darah. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 1 sendok teh (6 gram garam) per hari. Gunakan bumbu seperti lada, cabai kering, jus lemon dll untuk menambahkan rasa pada makanan Anda. Hindari makanan olahan seperti roti, biskuit, daging kaleng,dll karena mereka sarat dengan garam.

5. Hindari alkohol karena tidak memiliki kalori, dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan tekanan darah Anda. Hal ini juga mempengaruhi otot-otot dalam pembuluh darah menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

6. Batasi kopi karena merupakan stimulan dan dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Meskipun efek kopi bersifat sementara, mereka memiliki efek pada penderita hipertensi. Minum kopi sesekali tidak apa-apa.

7. Sertakan berbagai buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda karena mengandung kalium dan serat. Mereka memiliki efek berlawanan dengan natrium dan mencegah retensi air, sehingga mengurangi tekanan darah. Pastikan untuk menyertakan 3-4 buah buahan dan 4-5 porsi sayuran dalam sehari. Cobalah mengkonsumsi sayur dan buah secara keseluruhan, yang berarti bahwa Anda harus menghindari mengupas buah-buahan dan sayuran sedapat mungkin.

8. Sertakan gandum, biji-bijian dalam diet Anda. Serat yang terkandung dalam seluruh makanan membantu untuk memecah kolesterol disimpan di artieries, membuat darah lebih cair dan mengalir bebas dengan melepaskan lemak sangat lambat ke dalam aliran darah.

9. Dapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari dan makanan yang diperkaya seperti susu, sereal, yoghurt, dll karena kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi tekanan darah karena memainkan peran penting dalam metabolisme kalsium. Kalsium penting untuk kontraksi normal otot polos.

10. Pilih lemak baik seperti minyak zaitun, minyak Ricebran, ikan dan biji rami dengan asam lemak omega 3 karena mereka mencegah kenaikan berat badan dan membantu untuk menjaga tekanan darah menjadi normal. Hindari makanan yang digoreng, ghee, mentega dan margarin.

Baca juga artikel 10 Tips Diet yang Aman.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: