10 Penyebab Kerontokan Rambut dan Kebotakan


Ilustrasi kebotakan, dok solusi-botak.com

Ilustrasi kebotakan, dok solusi-botak.com


Anda mungkin orang yang suka dengan rambut indah dan lebat. Jika Anda orang yang mempunyai rambut yang demikian, maka Anda adalah orang yang sangat beruntung. Ya, rambut yang ada di kepala kita adalah mahkota dari tubuh kita. Tanpa adanya sehelai rambut di kepala tubuh kita ada yang kurang.

Orang yang tidak punya rambut di kepala (botak) rasanya kurang indah untuk dipandang. Selain itu, rambut yang ada di kepala berfungsi sebagai pelindung kulit kepada dan organ-organ yang ada di kepala dari sengatan matahari dan juga benda-benda asing. Namun, bagi orang-orang tertentu memang ada yang menginginkan botak karena tuntutan profesi atau pekerjaan. Tetapi, diantara jutaan manusia yang ada di dunia ini tentu yang paling banyak adalah menginiginkan di kepalanya tumbuh rambut yang indah dan lebat.

Rambut yang lebat sering kali hilang begitu saja. Pada sebagian atau bahkan hampir seluruh kulit kepala kehilangan rambut karena sesuatu hal. Berikut ini 10 penyebab kerontokan rambut dan kebotakan seperti dilansir dari laman DNA Health (29/03/2013).

1. Stres
Gaya hidup serba cepat dan sibuk dapat meningkatkan tingkat stres kita. Sejumlah penelitian, stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan mulai dari yang kecil seperti sakit kepala ancaman penyakit seperti serangan jantung. Ternyata stres juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebotakan.

2. Riwayat keluarga
Jika memang ada riwayat keluarga yang mengalami kerontokan atau kebotakan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Anda hanya dapat mengurangi kesempatan Anda kehilangan banyak rambut dengan mengikuti diet yang baik dan gaya hidup, dan menghindari hal-hal yang dapat memberikan kontribusi untuk mempercepat rambut rontok.

3. Alat styling rambut
Blow pengeringan rambut Anda setelah mandi mungkin tampaknya menjadi metode yang mudah dan tidak merepotkan, namun banyak penelitian menunjukkan bahwa pukulan pengeringan rambut Anda setiap hari bisa berkontribusi banyak rambut rontok. Perawatan styling lain seperti meluruskan dan keriting jika dilakukan sering, berkontribusi pada kerontokan rambut yang tertinggal pada sisir Anda.

4. Perubahan hormonal
Fluktuasi kadar hormon, terutama selama kehamilan dan persalinan juga dapat menyebabkan rambut rontok yang luas. Tiroid ketidakseimbangan, menopause dan kondisi hormon lain yang terkait juga dapat bertanggung jawab atas rambut rontok.

5. Sering menggunakan produk kimia
Sampo, conditioner dan bahkan minyak rambut saat ini sarat dengan bahan kimia yang mengacaukan kesehatan rambut Anda. Kebanyakan kosmetik produk yang kita beli saat ini mengandung bahan kimia berbahaya yang berkontribusi terhadap melemahnya batang rambut, membuat Anda lebih rentan terhadap rambut rontok dan masalah rambut lain yang terkait.

6. Junk food
Junk food atau makanan cepat saji dikritik dan bertanggung jawab untuk hampir semua kondisi kesehatan, dan itu sebagian besar karena junk food tidak memberikan tubuh Anda setiap nutrisi. Hidup pada junk food bisa menyebabkan kekurangan gizi, yang dapat berkontribusi untuk kebotakan. Orang-orang yang memiliki gangguan makan juga lebih mungkin menderita kerontokan rambut luas.

7. Kondisi cuaca sekitar
AC di kantor Anda dan rumah mungkin tampak nyaman dan nyaman, tetapi mungkin tidak sama untuk rambut Anda. Menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan, rambut merespon paling parah terhadap setiap perubahan atmosfer.

8. Jenis kelamin
Meskipun rambut rontok dan kebotakan bisa terjadi pada pria dan wanita,namun perempuan cenderung kehilangan rambut seragam seluruh kulit kepala, sedangkan laki-laki cenderung kehilangan rambut dalam pola yang khas (garis rambut surut). Imun secara otomatis yang terbentuk pada tubuh yang paling sering terjadi pada pria, juga dianggap bertanggung jawab untuk kebotakan.

9. Kurang tidur
Insomnia, narkolepsi dan gangguan tidur dapat mempengaruhi kesehatan rambut Anda, dan dari waktu ke waktu, hal itu juga dapat menyebabkan kebotakan.

10. Pengobatan dan perawatan
Sebuah insiden mengubah hidup berat seperti kecelakaan membangun banyak rasa sakit mental dan trauma. Untuk menambah ini, perawatan dan obat yang mengikutinya hanya memperburuk kesehatan rambut Anda. Terlalu sering menggunakan obat-obatan tertentu dan dosis tinggi (seperti di kemoterapi) dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan dan kebotakan.

Jadi sekarang Anda sudah tahu apa yang mungkin menyebabkan rambut Anda rontok. Saatnya untuk menelusuri apa yang dapat Anda lakukan tentang penyebab kerontokan tersebut.

Obat
Steroid dan imunosupresan adalah obat-obat umum yang dapat digunakan untuk mengobati kebotakan. Triamcinolone, steroid yang disuntikkan ke dalam kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut juga merupakan pilihan pengobatan yang baik. Shampoo obat yang mengandung ketokonazol atau selenium sulfida dapat mengurangi infeksi pada kulit kepala pada mereka yang menderita kurap kulit kepala dan dengan demikian mengurangi rambut rontok.

Perawatan
Perawatan populer untuk memulihkan pertumbuhan rambut termasuk PUVA terapi, terapi sinar ultraviolet dan imunoterapi kontak. Pengobatan ini sangat efektif bagi mereka yang menderita alopecia.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik link halaman (page) facebook berikut kemudian beri jempolkan Anda (like):
http://www.facebook.com/Cauchymurtopowordpresscom
atau ikuti (follow) melalui twitter https://twitter.com/CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

One response

  1. rambut rontok memang tidak bisa disepelekan, harus mendapat penanganan yang benar agar bisa pulih lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: