Trend Kartu Prabayar Sebagai Pengganti Uang dalam Pembayaran


Pembayaran untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, super market atau swalayan atau merchant tertentu saat ini banyak menggunakan kartu. Kartu yang diterima dalam pembayaran bisa berupa kartu debit atau kartu kredit. Namun ada juga pembayaran yang menggunakan kartu prabayar. Pembayaran dengan kartu prabayar saat ini lagi trend diminati oleh konsumen.

Apa kartu prabayar? Kartu prabayar biasanya diterbitkan oleh bank yang bekerja sama dengan toko atau merchant tertentu. Kartu prabayar digunakan untuk pembayaran. Kartu ini seperti halnya dengan pembelian pulsa pada nomor selular prabayar. Konsumen terlebih dahulu membeli dengan nominal tertentu sebelum menggunakan untuk membayar pada tempat-tempat atau merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu tersebut.

Beberapa bank dalam negeri telah bersaing dalam hal penerbitan kartu prabayar untuk pembayaran ini. Kartu ini ada yang hanya berfungsi untuk belanja di toko tertentu saja, ada yang hanya bisa untuk bayar tol, ada yang hanya untuk membeli BBM di SPBU Pertamina, dan lain-lain. Berikut tiga bank yang menerbitkan kartu prabayar dan nama produknya.

Bank Mandiri

Mandiri Prabayar Indomaret Card

Mandiri Prabayar Indomaret Card

Mandiri Prabayar e-Toll Card

Mandiri Prabayar e-Toll Card

Mandiri Prabayar Gaz Card

Mandiri Prabayar Gaz Card


Nama kartu prabayar dari Bank Mandiri adalah Mandiri prabayar. Mandiri prabayar, sebuah kartu nirsentuh, hadir dalam 3 pilihan kartu yang memudahkan transaksi harian Anda, yaitu Indomaret Card, E-Toll Card, dan Gaz Card. Transaksi Anda menjadi lebih mudah dan praktis, tidak perlu membawa uang tunai dan direpotkan oleh uang kembalian.

Fitur kartu Mandiri prabayar sebagai pengganti uang tunai dalam pembayaran berbagai transaksi sesuai dengan jenisnya. Saldo tersimpan pada chip, sehingga tidak diperlukan tanda tangan dan PIN seperi pada kartu debit atau kredit. Kartu ini dapat diisi ulang jika saldo telah tidak memenuhi lagi untuk pembayaran. Pemegang kartu dapat bertransaksi sampai dengan saldo Kartu Rp. 0,- jika menggunakan kartu tersebut di ruas Tol dan pembayaran parkir. Khusus untuk Indomaret Card saldo yang harus disisakan adalah Rp 10.000,- pada pembayaran di gerai Indomaret.

Kartu ini dapat dinikmati oleh siapapun, baik nasabah bank Mandiri maupun bukan nasabah. Kartu ini juga dapat dipindahtangankan. Jadi Anda dapat membuatkan kartu Mandiri prabayar untuk orang-orang yang Anda sayangi. Saldo pada kartu tidak diberikan bunga dan tidak ada biaya administrasi bulanan. Maksimal saldo pada kartu adalah satu juta rupiah. Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran tagihan rutin (khusus di gerai Indomaret) seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha.

Sampai saat ini kartu Mandiri prabayar dapat dibuat dan dapat diisi ulang di Cabang Bank Mandiri, Merchant Retail seperti Indomaret, Alfamidi/Alfaexpress, Alfamart, dan Circle – K baik dengan Mandiri debit maupun tunai. Karu Mandiri prabayar juga dapat diisi ulang di ATM Mandiri. Perlu diingat bahwa kartu mandiri prabayar tidak mempunyai masa berlaku seperti pada kartu prabayar selular, jadi lebih menguntungkan.

Untuk pembayaran toll dapat digunakan di Jabodetabek , Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Medan. Tol Jabodetabek antara lain tol dalam kota (jurusan Cawang – Tomang – Cengkareng dan Cawang – Tanjung Priok – Pluit), jurusan Cikupa – Merak, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta Lingkar Baratsatu, Cawang – Cibubut, Cawang – Cikarang, dan Bogor Outer Ring Road (BORR). Untuk tol Cirebon dapat digunakan di jurusan Palimanan – Kanci (Palikanci). Untuk tol Semarang jurusan Semarang – Ungaran. Untuk tol Surabaya jurusan Surabaya – Gempol. Untuk tol Medan jurusan Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera).

Untuk wilayah Jogja dan Solo dapat digunakan untuk pembayaran bus Trans Jogja dan Trans Solo. Selain itu untuk pembayaran parkir bisa dibayar pada parkir yang dikelola oleh ISS Parking Management (Jabodetabek). Untuk pembayaran belanja saat ini dapat dilakukan di Indomaret, Alfamidi/Alfaexpress, Alfamart, Circle-K. Untuk restoran saat ini dapat digunakan pembayaran di restoran Solaria, Excelso, dan Es Teler 77.

Kartu Mandiri prabayar juga dapat digunakan untuk pembelian BBM di SPBU Pertamina. SPBU melayani pembayaran dengan kartu Mandiri prabayar antara lain di daerah Jabodetabek, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, dan Palu yang ada tanda kartu Mandiri prabayar.

Bank BCA

Kartu Flazz dari BCA

Kartu Flazz dari BCA

Kartu prabayar dari Bank BCA dinamakan Flazz. Transaksi pembayaran sehari-hari kini semakin cepat dengan kartu Flazz. Inilah kartu prabayar multifungsi dengan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification). Dengan kartu Flazz, Anda bisa melakukan transaksi sehari-hari untuk berbagai pembayaran dengan cepat dan praktis.

Keunggulan dari kartu Flazz adalah transaksi pembayaran diselesaikan hanya dalam hitungan detik saja, tanpa biaya transaksi, praktis tanpa uang tunai, gampang diisi ulang (Top Up), tanpa nilai minimal transaksi, dan dapat dipindahtangankan seperti kartu Mandiri prabayar. Dengan kartu Flazz lebih praktis melakukan pembayaran karena Anda tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, juga tak usah menyimpan kembalian recehan. Cara pembayaran cukup meletakkan kartu pada Reader, maka seketika transaksi selesai dilakukan.

Kartu Flazz dapat dimiliki dengan biaya Rp 25.000 di merchant penjualan Flazz, stand penjualan Flazz dan outlet merchant penjualan Flazz. Kartu Flazz memiliki multifungsi karena bisa digunakan untuk pembayaran food and beverage, minimarket, supermarket, hipermarket, SPBU, parkir, toko buku, tempat rekreasi, dan banyak lagi jenis merchant lainnya di lebih dari 23 ribu outlet merchant.

Isi ulang (Top Up) kartu Flazz dapat dilakukan di ATM Non Tunai BCA, merchant penjualan Flazz, stand penjualan Flazz, dan self service top up centre yang tersebar di berbagai tempat strategis yang bertanda Flazz Isi Ulang. Kartu Flazz bisa diisi ulang dengan jumlah minimal Rp 50.000 dan maksimum saldo yang tersimpan di kartu adalah Rp 1 juta.

Bank BRI

Kartu Brizzi dari BRI

Kartu Brizzi dari BRI

Nama kartu prabayar dari Bank BRI adalah Brizzi. Uang elektronik BRI, sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank BRI. Transaksi dilakukan berdasarkan teknologi chip dengan saldo maksimal Rp.1.000.000,-.

Kartu Brizzi dapat dimiliki oleh siapapun baik yang memiliki rekening BRI maupun tidak. Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via EDC maupun ATM). Isi ulang Brizzi dapat melalui rekening BRI maupun Bank lain. Brizzi dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI.

Pembayaran transaksi dapat dilakukan dari nominal Rp.1,- sampai dengan Rp.1.000.000,- di tempat yang berlogo kartu Brizzi. Saat ini Bank BRI baru pengembangan dalam kerjasama dengan berbagai merchant. Transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tidak melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai dan tidak direpotkan dengan kembalian uang recehan.

Untuk mendapatkan kartu Brizzi dapat melakukan registrasi di KC/KCP/KK/Kantor Unit BRI dan merchant tertentu yang bekerja sama dengan Bank BRI.

Saya mempunyai satu dari tiga bank yang menerbitkan kartu prabayar tersebut, yaitu Mandiri Prabayar. Dari pengalaman saya, selain keuntungan yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi keuntungan yang lain. Keuntungan itu adalah jika saya berbelanja di toko atau merchant yang bekerja sama dengan Bank Mandiri saya sering dapat potongan harga atau diskon. Selain itu setiap belanja dengan nominal tertentu dengan menggunakan kartu Mandiri Prabayar saya mendapatkan poin. Poin ini biasanya akan diundi pada periode yang telah ditentukan oleh toko atau merchant tersebut. Saya katakan di sini bukan promosi, tapi karena manfaat yang saya dapatkan dengan pembayaran menggunakan kartu prabayar.

Selain kartu prabayar dari Bank Mandiri yang menawarkan program khusus kepada pelanggannya, bank lain yang sudah disebutkan di atas pasti juga mempunyai program lain yang tentunya menguntungkan baik pemilik usaha maupun pengguna kartu prabayar. Selamat mencoba menggunakan kartu prabayar untuk berbelanja dan pembayaran yang lain.

Sumber: Bank Mandiri, BCA, dan BRI.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

3 responses

  1. mandiri prabayar itu satu kartu atau banyak gan?

    1. Mandiri prabayar ada 3, yaitu Indomaret Card, Gaz Card, dan e-Toll Card. Masing-masing mempunyai fungsi berbeda, namun seiring berjalannya waktu sekarang Indomaret Card juga bisa untuk banyak pembayaran, tidak hanya sebatas belanja saja. Terima ksih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: