Alasan Kenapa Harus Berolahraga Lari


Ilustrasi lari, doc Kaskus

Ilustrasi lari, doc Kaskus

Banyak tempat olah raga seperti sanggar senam yang membuat badan jadi bugar. Tempat-tempat fitnes sekarang ini juga sudah banyak. Tidak hanya di daerah perkotaan saja, di desa juga sudah ada tempat fitnes dan sanggar senam.

Tempat-tempat kebugaran ini memang bagus untuk Anda kunjungi, namun Anda harus merogoh kocek untuk dapat menikmati fasilitas olahraga yang disediakan. Ada yang harus membayar pada saat hanya waktu ke tempat tersebut saja. Namun jika Anda ingin lebih menghemat biaya dan Anda sering mengunjungi tempat tersebut sebaiknya bayar perbulan dan menjadi anggota.

Tempat olahraga di atas biasanya banyak dikunjungi oleh kaum muda. Kebanyakan diantara mereka adalah orang yang sibuk dan hanya mempunyai waktu luang sedikit karena aktivitas yang sibuk.

Namun, meskipun Anda sibuk tidak ada salahnya jika mencoba untuk melakukan olahraga lari. Kenapa harus memilih lari atau joging? Berikut alasan kenapa olahraga lari dilakukan seperti yang saya kutip dari Female First (04/02/2013).

Gratis
Lari adalah olahraga yang bebas biaya alias gratis. Setiap orang yang mempunyai fisik yang normal bisa melakukan ini. Tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak bagus dikenalkan olah raga lari sejak dini.

Bersosialisasi
Dengan olahraga lari Anda dapat menyapa orang-orang yang mungkin belum Anda kenal. Selain itu sambil lari Anda juga dapat bersosialisasi dengan tetangga. Anda dapat melakukan olahraga lari di kompleks tempat tinggal Anda.

Mengurangi tekanan
Olahraga lari dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah.

Membakar lemak
Olahraga lari untuk membantu meningkatkan metabolisme Lari juga dapat membakar lemak pada tubuh. Ini bagus bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Memberikan dorongan energi
Semua olahraga meningkatkan tingkat energi. Akan tetapi dengan rutin joging minimal sekali dalam sehari membantu menjauhkan Anda dari kelelahan.

Meningkatkan rasa percaya diri
Joging tidak hanya akan meningkatkan tingkat energi, tetapi percaya diri (PD) Anda juga. Jika ada kekurangan pada diri Anda, dengan joging maka ini dapat mengatasi rasa minder atau tidak PD pada diri Anda.

Jauh dari stres
Dengan berjoging Anda dapat melupakan masalah dan rutinitas aktivitas Anda yang melelahkan. Ini dapat menghilangkan stres yang Anda alami. Joging dapat meningkatkan hormon serotonin pada otak, sehingga membuat pikiran lebih tenang.

Tingkatkan memori Anda
Ternyata berlari dapat meningkatkan kinerja otak. Berlari dapat membantu mempertajam otak dalam berpikir. Berlari juga dapat mengurangi gejala parkinson (pikun).

Memperpanjang umur
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin berolahraga lari memiliki umur lebih lama bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berlari.

Itulah sembilan manfaat dari olahraga ljoging atau lari. Jika Anda mempunyai pengalaman atau opini lain tentang olahraga lari ini silahkan menuliskan pada kolom komentar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: