Donor Darah PERMATA: Setetes Darah Anda Adalah Nyawa Bagi yang Membutuhkan


Donor darah PERMATA di serambi Masjid Arrohman Tagung Rembun

Donor darah PERMATA di serambi Masjid Arrohman Tagung Rembun


Anda pernah melakukan donor darah? Jika pernah Anda mendapatkan kartu donor. Kartu donor adalah bukti jika seseorang pernah melakukan donor darah. Pada kartu tersebut tercatat kapan, di mana, dan donor ke berapa tercatat di situ. Jika Anda belum pernah donor, dan Anda ingin donor jangan khawatir jika darah Anda akan habis dan tenaga akan loyo. Sebaliknya dengan donor Anda dapat mengetahui tentang keadaan kesehatan Anda.

Donor darah adalah darah diambil untuk keperluan kesehatan bagi orang yang membutuhkan. Pendonor darah adalah orang yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain. Donor darah dapat dilakukan di tempat-tempat umum. Tempat-tempat yang sering digunakan untuk donor darah yaitu masjid, gereja, kantor pemerintah maupun swasta, serta pusat perbelanjaan (mall).

Penyelenggara donor darah biasanya dari instansi baik pemerintah maupun swasta. Tujuan instansi menyelenggarakan donor darah adalah untuk bhakti sosial pada msyarakat dengan cara menyumbangkan darahnya. Salah satu penyelenggara donor darah rutin adalah karang taruna Perhimpunan Muda Mudi Tagung (PERMATA). PERMATA yang beralamat di Dukuh Tagung pada RT 01, 02, dan 03 pada RW IV, Desa Rembun, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini memulai kegiatan donor darah sudah sejak 18 Maret 2001. Donor darah PERMATA ini rutin diadakan minimal 3 bulan sekali. Sampai tanggal 17 Februari 2013 kegiatan donor darah PERMATA sudah puluhan kegiatan donor yang sudah dilaksanakan. Peserta donor sudah mencapai ratusan orang.

Bagaimana caranya melakukan kegiatan donor darah? Tidaklah sulit, penyelenggara hanya menyiapkan tempat dan memberi surat kepada Palang Merah Indonesia (PMI) kota terdekat. Setelah mendapatkan balasan dari PMI terus langsung bisa diadakan. Tentukan waktunya, biasanya pagi sampai siang.

Seperti yang telah dilakukan oleh PERMATA yang sudah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan donor. Hanya saja mungkin agak berbeda dengan yang dilakukan oleh penyelenggara lain. Karang taruna PERMATA yang anggotanya adalah pemuda dan pemudi yang masih lajang sangat kreatif. Sebelum diadakan acara donor terlebih dahulu diadakan rapat yang biasanya diselenggarakan pada malam Minggu tidak jauh dari tanggal donor. Setelah itu ketua atau yang mewakili menyampaikan permohonan ke PMI cabang Boyolali. Pada awal mengadakan donor, PERMATA memberi surat kepada PMI. Akan tetapi karena sudah biasa mengadakan donor hanya SMS atau telpon ke salah satu petugas PMI Boyolali maka petugas akan langsung datang. Biasanya pemberitahuan paling cepat satu minggu sebelum donor.

Selain pemberitahuan kepada PMI, kegiatan yang paling utama adalah sosialisasi/pemasaran/marketing. Istilah ini saya adopsi dari dunia bisnis, namun kegiatan ini murni sosial atau nirlaba. Cara marketing PERMATA dalam kegiatan ini adalah membuat pamplet atau brosur. Di dalam brosur tertulis Donor Darah PERMATA: “Setetes Darah Anda adalah Nyawa Bagi yang Membutuhkan”. Dalam brosur tercantum ajakan untuk donor yang biasanya bertempat di serambi Masjid Arrohman Tagung. Juga tak lupa tanggal dan waktu donor dicantumkan. Biasanya kegiatan donor dimulai pada pukul 08.00 sampai 12.00 atau waktu dhuhur. Biar para pendonor mengetahui secara lengkap tentang kegiatan donor ini maka dicantumkan nomor ponsel dari ketua PERMATA dan beberapa pengurus yang lain. Jika ada SMS atau panggilan, maka para personel PERMATA akan menjawab dan menjelaskan dengan ramah.

Pekerjaan marketing tidak hanya dilakukan oleh ketua PERMATA saja namun semua anggota. Anggota PERMATA menempelkan brosur tadi pada tempat-tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat. Tempat-tempat tersebut antara lain pasar, sekolah, papan pengumuman di masjid, puskesmas, dan lain-lain. Selain strategi dengan brosur, juka mengirim SMS ke sejumlah nomor yang biasanya telah terdaftar sebagai pendonor aktif di PERMATA. Cara SMS ini dilakukan karena biasanya bagi mereka yang sibuk dan hanya mempunyai waktu luang tidak banyak, sehingga di manapun berada selalu tidak ketinggalan informasi donor darah PERMATA.

Salah satu daftar peserta donor pada tanggal 18 Maret 2012

Salah satu daftar peserta donor pada tanggal 18 Maret 2012

Peserta donor kebanyakan adalah warga Tagung Rembun dan sekitarnya yang sudah memenuhi syarat. Syarat secara umum adalah sudah berumur 17 tahun atau jika belum harus mendapatkan ijin dari orang tua. Selain itu berat badan harus mencukupi. Berat badan di bawah 40 kg biasanya tidak diperbolekan untuk donor. Selain dari warga sekitar, tak jarang juga dari warga tempat lain yang kebetulan membaca brosur. Rata-rata peserta donor pada tiap kali kegiatan donor darah sekitar 18 orang.

Apa keuntungan dari donor darah yang dilakukan oleh PERMATA? Banyak manfaat dari donor darah ini, antara lain sebagai berikut.

1. Mengetahui kesehatan warga
Sebelum seseorang mendonorkan darahnya, terlebih dahulu ada pemeriksaan dari dokter. Periksa ini gratis. Jika ada penyakit yang diderita maka akan disarankan oleh dokter untuk tindakan selanjutnya. Bahkan bagi yang tidak donorpun bisa periksa dan berkonsultasi dengan dokter secara gratis.

2. Mengetahui golongan darah
Bagi warga yang akan berdonor dan belum mengetahui golongan darahnya, maka dapat dilakukan di sini dengan cuma-cuma. Selain itu penduduk di wilayah Dukuh Tagung juga didata untuk diketahui golongan darahnya. Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu ada penduduk yang membutuhkan golongan darah tertentu dapat diketahui siapa saja yang mempunyai golongan darah yang sama dengan pasien.Untuk golongan darah yang sulit didapat di Dukuh Tagung adalah golongan darah AB.

3. Menjaga kesehatan pendonor
Donor darah yang rutin dilakukan minimal 3 bulan sekali dapat menjaga kesehatan badan. Pasalnya dengan berdonor darah kita akan berganti. Jadi darah yang ada dalah tubuh kita selalu dalam keadaan darang yang bagus. Kolesterol yang ada dalam darah akan keluar.

4. Prioritas utama pelayanan kesehatan
Warga masyarakat Tagung dan sekitarnya mendapatkan pelayanan kesehatan dari RSUD Pandanarang Boyolali lebih diutamakan, apa lagi jika mencari darah. Hal ini dikarenakan masyarakan selalu mendonorkan darahnya paling sedikit 3 bulan sekali.

Donor darah PERMATA sudah terkenal di Boyolali. Para petugas medis malah lebih mengenal Dukuh Tagung dari pada Desa atau Kecamatannya karena kegiatan donornya. Selain itu donor darah PERMATA juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara donor darah.

Kita acungin jempol dua kali unuk PERMATA. Saat ini banyak anak-anak muda yang kurang peduli terhadap kegiatan sosial seperti yang telah dilakukan oleh PERMATA. Semoga apa yang telah dilakukan oleh PERMATA dapat ditiru oleh karang taruna yang lain.

Iklan

5 responses

  1. budaya donor darah yang patut di contoh, . . .

  2. budaya donor darah yang patut di contoh, . . .

    1. Terima kasih atas kunjungan di blog saya. Semoga anak-anak muda di PERMATA menjadi contoh bagi remaja yang lain.

  3. Saya salut banget buat muda mudi PERMATA, ini bisa menjadi contoh remaja yang lain supaya peduli terhadap sesama.

    1. Terima kasih Dika atas partisipasinya. Semoga PERMATA bisa menjadi semangat kepada pemuda-pemudi yang lain untuk melakukan kegiatan sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: