10 Strategi Pemasaran Gratis


Contoh pemasaran gratis di pasar kaget

Contoh pemasaran gratis di pasar kaget

Memproduksi barang lebih mudah dari pada memasarkan. Produksi barang dapat dilakukan secara massal dengan mesin yang bekerja secara otomatis. Sebuah produk baru akan mudah dikenal oleh konsumen/pelanggan (customers) karena pemasaran (marketing) yang bagus. Tidak hanya produk baru saja, produk yang lama tidak akan dikenal orang jika pemasarannya tidak bagus.

Untuk itu dilakukan berbagai strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Tak jarang biaya yang dihabiskan untuk pemasaran membengkak. Dari seluruh total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, biaya pada pemasaran adalah biaya yang paling banyak dikeluarkan dari pada biaya-biaya yang lain. Tidak hanya oleh perusahaan besar saja yang mempunyai biaya besar dalam pemasarannya. Usaha rumahan (Home industry) juga harus menempatkan biaya pemasaran sebagai biaya yang paling besar.

Biaya pemasaran yang ditanggung oleh perusahaan dapat mencapai 70% sampai 80% dari total biaya produksi. Biaya pemasaran yang besar ini dipicu biaya iklan di media cetak maupun elektronik yang besar. Selain itu sering sebuah produk akan mudah dikenal dan digemari oleh pelanggan jika iklan yang ditayangkan menggunakan bintang iklan yang terkenal. Artis terkenal biasanya yang digunakan. Pada hal belum tentu kualitas produknya lebih baik dari pada produk yang tidak memakai artis yang terkenal.

Untuk mengatasi biaya pemasaran yang membengkak maka harus dilakukan strategi atau trik yang jitu. Sehingga dibutuhkan menejer pemasaran yang handal. Pemasaran tidak harus selalu dengan biaya yang besar. Dengan biaya yang murah bahkan gratis suatu produk dapat dikenal dan disenangi oleh calon pelanggan dan juga mempertahankan pelanggan lama. Berikut 10 strategi pemasaran atau beriklan secara gratis yang bisa dicoba jika Anda mempunyai usaha.

1. Kantor
Promosi ke kantor dapat dilakukan secara gratis. Para Sales Promotion Girl (SPG) biasanya mempromosikan barang yang mereka bawa dari kantor ke kantor. Promosi gratis ini dilakukan oleh banyak kalangan dari perusahaan besar sampai penjual jajanan. Memang tak jarang pemandangan ini membuat orang yang ada di kantor gerah. Beberapa kantor menerapkan peraturan yang ketat dengan adanya sales yang datang ke kantor. Misal hanya sales dari produk tertentu yang sesuai dengan kantor tersebut yang diperbolehkan masuk. Itupun dibatasi waktu dan tempat untuk mempromosikan produknya. Misal di ruang lobi dan pada jam istirahat.

2. Pasar tradisional
Pasar tradisional yang ramai dikunjungi banyak orang dari berbagai kalangan membuat para pelaku usaha sering juga mempromosikan barangnya di sini. Tak jarang para SPG yang cantik digubakan untuk menarik calon pembeli. Tetapi perlu diingat bahwa produk yang dipromosikan juga harus disesuaikan dengan kondisi pasar dan masyarakat sekitar.

3. Car Free Day
Beberapa kota tiap hari Minggu memberlakukan Car Free Day (CFD). Salah satu fungsinya adalah untuk pemasaran secara gratis. Ini adalah strategi baru di bidang pemasaran secara gratis. CFD yang banyak dikunjungi masyarakat membuat banyak perusahaan melirik ke sini. Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga banyak yang memasarkan produknya di sini.

4. Tempat atau even tertentu
Tempat keramaian seperti pada perayaan atau even-even tertentu juga dapat dijadikan sebagai ajang pemasaran gratis. Misal pada karnaval perayaan 17 Agustus, atau kegiatan-kegiatan wisata yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Di beberapa daerah terdapat pasar kaget, banyak pelaku usaha mulai dari UKM sampai perusahaan besar memanfaatkan ini. Seperti yang ada di pasar kaget Sunday Market di Manahan Solo, Jawa Tengah.

5. Facebook
Saat ini sekitar 500 juta orang mempunyai akun di facebook. Ini merupakan peluang untuk strategi pemasaran yang bagus. Anda dapat menggunakan facebook untuk mempromosikan produk Anda secara gratis. Buatlah “page” pada facebook. Promosikan “page” Anda pada grup-grup yang Anda ikuti. Sering-seringlah membuat status dari produk Anda yang menarik. Upload foto-foto dari produk Anda.

6. Twitter
Selain facebook ternyata twitter juga cara jitu untuk promosi di dunia maya. Ikutilah (follow) berbagai akun di twitter. Anda dapat mencarinya pada pengikut (follower) yang banyak misal @Borobudur. Di situ banyak akun yang menggunakan kata Borobudur. Ikutilah pengikut dari Borobudur. Sering-seringlah membuat tweet yang menarik sehingga banyak orang yang membaca dan retweet lagi (RT) tweet Anda.

7. Youtube
Buatlah video tentang produk Anda dan upload video Anda di Youtube ini. Hendaknya video dibuat semenarik mungkin dengan gambar atau foto dan musik yang mendukung promosi produk Anda. Anda tidak harus menggunakan artis terkenal. Anggota keluarga juga bisa dijadikan bintang pada video ini.

8. Blog
Blog adalah cara yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Mereka yang melakukan ini biasanya UKM. Postingkan artikel-artikel yang menarik tentang produk Anda. Tak lupa juga upload foto atau video yang mendukung. Desain blog Anda semenarik mungkin. Sering-seringlah membuat artikel yang berisi tentang iklan dari produk Anda.

9. Situs jual beli online
Promosikan produk Anda pada beberapa situs jual beli online yang saat ini banyak bermunculan. Waspada juga beriklan di situs ini. Jangan sampai Anda tertipu.

10. Dari mulut ke mulut
Jika produk Anda berkualitas dan memuaskan pelanggan, maka secara sendirinya pelanggan akan mengatakan hal ini ke orang lain supaya mencoba produk Anda. Pelayanan yang memuaskan dan kualitas produk yang bagus yang merupakan promosi yang paling ampuh. Ini adalah promosi secara alami. Akan tetapi sebaliknya jika produk dan pelayanan yang tidak memuaskan, maka pelanggan juga akan mengatakan kepada orang lain tentang buruknya kualitas dan pelayanan produk Anda. Perlahan tapi pasti usaha Anda bisa gulung tikar jika hal ini terjadi.

Itulah 10 strategi pemasaran secara gratis. Jika Anda menginginkan tidak mengeluarkan biaya untuk akses internet, Anda dapat menggunakan laptop Anda di jaringan WiFi yang sekarang ini banyak dijumpai di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, kantor-kantor, dan lain-lain.

Dari 10 pemasaran yang gratis tadi tidak semuanya cocok dijadikan sebagai tempat atau strategi untuk mempromosikan barang. Anda dapat memilihnya sesuai dengan produk usaha Anda. Untuk strategi pemasaran nomor 1, 2, 3, 4, dan 10 merupakan strategi pemasaran klasik yang biasa dilakukan orang sekalipun orang yang awam mengenai pemasaran. Pemasaran ini dilakukan penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Transaksinya juga secara langsung dengan uang tunai. Untuk strategi nomor 5, 6, 7, 8, dan 9 merupakan strategi baru di jaman digital seperti sekarang ini. Penjual biasanya tidak bertemu dengan pembeli. Transaksi juga tidak memakai uang tunai melainkan transfer melalui bank baik ATM, m-Banking, maupun internet banking. Pada strategi pemasaran di dunia maya calon pelanggan tidak hanya lokal, melainkan juga dari manca negara karena siapa pun bisa mengakses internet tanpa dibatasi tempat dan waktu. Sebenarnya apapun strategi pemasaran yang digunakan, kunci utama adalah produk dan pelayanan yang baik yang akan dicari oleh pelanggan.

——————————–

Baca juga:
10 Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

11 responses

  1. WAHH,, BAGUS NIH POSTINGNYA, SESUAI DENGAN JURUSAN KULIAH SAYA.. MANAJEMEN PEMASARAN.

    1. Terima kasih Markus atas kunjungan di blog saya. Markus bisa buat penelitian tentang pemasaran gratis ini.

  2. bagus nih pak buat strategi usaha saya.. terimakasih.

    1. Terima kasih Denol atas kunjungan di blog saya. Anda dapat mencobanya. Semoga usaha Anda tambah sukses.

  3. biasanya belanja tanpa tip ,maka sering terjadi anggaran membengkak terima kasih pak tips infonya

    1. Terima kasih atas kunjungan di blog saya Bu Mahmudah. Semoga ke-10 tips tadi bermanfaat.

  4. makasi bos semoga tamba sukses

    1. Terima kasih juga atas kunjungannya.

  5. Artikelnya sangat bagus, apalagi yang lagi mau promosikan produk. Bagi saya promosi via sosmed sangat menarik dan mempunyai tantangan tersendiri. Salam

  6. terimaksih informasinya gan, artikel ini bermanfaat bagi saya

  7. setelah membacanya point promosi dari mulut ke mulut menurutku harus berada di point satu(1). karena pertama yang dilakukan ya mulut ke mulut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: