Belanja Batik di Kota Solo Enaknya di BTC dan PGS


Aneka motif kain batik

Aneka motif kain batik


Jika Anda berkunjung ke kota Solo, tidak lengkap rasanya jika belum berbelanja batik. Batik adalah salah satu ciri khas budaya masyarakat Solo dan sekitarnya. Jika Anda berbelanja batik, baik kain maupun pakaian yang sudah jadi sebaiknya harus memperhatikan kualitas, harga, dan kenyamanan. Kualitas yang baik belum tentu harganya mahal, tempat belanja yang nyaman belum tentu harga barang menjadi mahal.

Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS) adalah pusat batik terkenal di kota seni dan budaya ini. Kedua tempat ini letaknya hanya bersebelahan, hanya dibatasi pagar pembatas saja. PGS terletak di jalan Mayor Sunaryo nomor 1 Gladag sedangkan BTC terletak di jalan yang sama dengan nomor 2. Di kedua tempat ini Anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga lebih murah dan tentunya tempat berbelanja yang nyaman.

Jika Anda ingin berbelanja di kedua tempat ini sebaiknya Anda parkir di satu tempat saja, di BTC atau PGS saja. Jika Anda parkir di BTC tempat parkir di halaman terbuka, sedangkan jika Anda parkir di PGS tempat parkir di basement. Selain tempat parkir juga ada ATM center, di BTC hanya ada ATM BCA dan BNI sedangkan di PGS lebih banyak ATM dari bank BUMN maupun swasta.

Bagian depan BTC

Bagian depan BTC

Beteng Trade Center (BTC)

Toko di BTC buka dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Terdapat tiga lantai yaitu lantai dasar, lantai 1, dan lantai 2. Lantai dasar Anda dapat menjumpai aneka kain. Kain batik yang paling banyak dijual di lantai ini dan Anda dapat menawarnya dari harga yang telah ditentukan oleh pemilik toko. Jika Anda membeli dengan jumlah yang banyak Anda akan mendapatkan potongan yang lebih besar tentunya. Selainkain batik juga kain tile sebagai bahan kebaya, kain polos, kain lurik, serta kain untuk kantor seperti PDH dan PSH. Kain yang khusus untuk kantor pemerintah seperti korpri juga ada meskipun agak sulit dijumpai karena ijin yang didapat toko juga tidak mudah. Kain seperti ini tidak dijual bebas, pemilik toko harus mengantongi ijin terlebih dahulu sebelum menjualnya. Selain kain untuk bahan pakaian, di lantai ini juga terdapat beberapa toko yang menjual kain untuk gordyn beserta perlengkapannya. Kain batik dari beberapa motif Solo, Jogja dan daerah lain ditata menarik sekali. Kain-kain tadi digulung sedemikian rupa sehingga pembeli tertarik. Motif kain batik yang terdapat di sini antara lain Sekar Jagad, Lereng, Kawung, Pring Sedapur, Sidomukti, dan Megamendung. Selain batik dari Jawa juga ada batik dari luar Jawa seperti batik Toraja dan batik Kalimantan.

Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah toko Putri yang ada di lantai dasar blog AB 4-5. Kebetulan saya dan istri berbelanja kain batik untuk seragam kantor istri saya di sini. Kata Netty pemilik toko ini mengaku tokonya dan juga toko-toko yang lain di BTC ramai pengunjung dan pembeli pada hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional, libur lebaran, libur natal, dan liburan anak sekolah.

Pengunjung yang sering mampir di tokonya selain masyarakat Solo dan sekitarnya juga pengunjung dari luar Jawa. Mereka seringnya berkunjung pada musim liburan bersamaan dengan wisata ke kota Solo dan sekitarnya. Jadi mereka membeli batik untuk oleh-oleh ke daerahnya masing-masing. Selain pengunjung domestik, Netty mengaku kalau tokonya juga sering dikunjungi turis dari manca negara. Turis yang sering berkunjung ke tokonya antara lain dari India, Cina, dan Belanda.

Netty mengaku kalau kain-kain batik barang dagangannya didapatkan kebanyakan dari kota Solo sendiri. Selain dari kota Solo, beberapa motif batik juga didatangkan dari luar kota seperti Surabaya dan Pekalongan. Meskipun demikian, kain batik motif dari Solo yang banyak diminati pembeli.

Untuk jenis bahan kain di toko Netty dan toko-toko yang lain banyak ragamnya. Harga kain batik di sini lebih murah jika dibandingkan dengan harga di toko lain atau mall. Harga per meter kain bervariasi antara Rp 14.000,00 sampai dengan di atas satu juta. Sunwash misalnya per meter dijual dengan harga paling murah yaitu Rp 14.000,00. Untuk kain katun harga antara Rp 20.000,00 sampai dengan Rp 22.500,00 sedangkan semi sutra lebih mahal lagi. Untuk kain sutra harga per meter terrendah adalah Rp 300.000,00 dan dapat mencapai di atas satu juta, tergantung kualitas kain sutra.

Sandal & sepatu di lantai 1

Sandal & sepatu di lantai 1

Di lantai 1 Anda dapat menjumpai aneka tas, sandal, dan sepatu. Tas untuk anak sekolah, kantor, dan tas wanita ada di sini. Sepatu anak-anak, sepatu pria dan wanita baik, baik untuk santai maupun untuk resmi dijual di sini. Sendal dan tas selain produk lokal juga produk impor yang harganya masih lebih murah jika dibandingkan dengan di mall. Di lantai ini juga terdapat kerudung, mukena, dan sarung.

Di lantai 2 Anda dapat menjumpai batik yang sudah jadi, artinya kain batik yang sudah menjadi pakaian. Aneka pakaian batik baik anak-anak, pria, maupun wanita ada di sini. Selain batik jadi, di lantai ini juga ada handricraft dan aksessoris.

Pusat Grosir Solo (PGS)

PGS tampak dari depan

PGS tampak dari depan


Toko baju di PGS

Toko baju di PGS

Setelah selesai berbelanja di BTC, kami melanjutkan perjalanan berbelanja di PGS. Di sini kami membeli baju anak-anak dan pakaian wanita. Di PGS memang khusus menjual pakaian yang sudah jadi, baik pakaian batik maupun pakaian yang lain seperti kaus, celana, dan pakaian anak-anak. Selain itu juga ada sprei, handuk , dan lain-lain yang bukan termasuk dalam pakaian.

Di PGS terdapat lantai basement, lantai dasar, lantai 1, lantai 2, dan lantai 3. Di lantai basement Anda dapat menjumpai aneka pakaian batik, kaus, kerudung, jam tangan, dan aksesoris. Di lantai dasar dan lantai 1 Anda dapat menjumpai pakaian anak-anak, batik, toko emas, dan food court. Lantai 2 digunakan untuk pameran, pameran aneka pakaian dan kerajinan ada di lantai 2 ini. Sedangkan di lantai 3 digunakan sebagai parkir, food court, masjid, dan sebagian untuk pameran.

Berbeda dengan di BTC, di PGS jam buka dimulai pukul 09.30 sampai dengan 17.00. Salah satu toko yang kami kunjungi adalah Restu Baru yang berada di lantai dasar B12 No. 02-05. Di toko ini menjual pakain bayi dan anak-anak, pakaian remaja, pakaian pria, wanita, handuk, pakaian dalam, dan lain-lain. Rata-rata toko di PGS ini selain melayani grosir, juga melayani eceran.

Jika habis belanja Anda lapar dan ingin keluar dari BTC atau PGS, Anda tidak usah khawatir, di depan BTC dan PGS sepanjang jalan Mayor Sunaryo terdapat wisata kuliner. Wisata kuliner di sini dinamakan GALABO. Aneka kuliner masakan dari penjuru Nusantara ada di sini.

Kuliner di Galabo

Kuliner di Galabo


Jika Anda ke Solo, jangan lupa kunjungi BTC dan PGS.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik link halaman (page) facebook berikut kemudian beri jempolkan Anda (like):
http://www.facebook.com/Cauchymurtopowordpresscom
atau ikuti (follow) melalui twitter https://twitter.com/CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Iklan

One response

  1. […] Belanja Batik di Kota Solo Enaknya di BTC dan PGS | … – Setelah selesai berbelanja di BTC, kami melanjutkan perjalanan berbelanja di PGS. Di sini kami membeli baju anak-anak dan pakaian wanita. Di PGS memang khusus …… […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: