Peringatan Hari Antikorupsi


Korupsi sering digambarkan sebagi tikus, karena binatang ini suka mencuri makanan yang dia inginkan. Dalam mencari makanan, tikus selalu menyikat habis apa yang ia inginkan. Karena korupsi negara dirugikan milyaran bahkan trilyunan. Karena korupsi rakyat yang seharusnya dapat menikmati kekayaan alam, hanya menjadi buruh dari tuan rumah di negeri sendiri. Banyak kesengsaraan yang ditimbulkan dari korupsi.

Hampir tiap hari di koran maupun televisi diberitakan adanya korupsi. Para pejabat atau pemegang kekuasaan ditangkap dan dijadikan tersangka karena memakan uang yang semestinya bukan haknya. Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai benteng terdepan yang diharapkan masyarakat dalam pemberantasan korupsi di negeri ini.

Banyak acara dan kegiatan digelar untuk memperingati hari antikorupsi sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember ini. Salah satunya acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (BEM UNS). Acara aksi damai ini digelar di Solo Car Free Day (SCFD) tangal 9 Desember 2012. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memperingatinya.

Kegiatan aksi menulis poster untuk anak TK/SD. Siswa dari manapun berhak mengikuti. Dipilihnya anak TK/SD karena BEM UNS bertujuan mendidik anak-anak sejak dini untuk tidak berbuat korupsi. Di sini anak-anak bebas berekspresi menuliskan ide-idenya tentang korupsi dan bahanya. Hasil karya mereka kemudian dipajang di tengah jalan Slamet Riyadi supaya para peserta SCFD melihat dan membacanya. Ini juga sebagai pendidikan antikorupsi bagi masyarakat. Selain itu juga dipamerkan kartun-kartun tentang antikorupsi.

Kartun pesan moral antikorupsi

Kartun pesan moral antikorupsi


Selain itu para mahasiswa juga memajang artikel/tulisan tentang berita dari berbagai koran tentang korupsi. Guntingan artikel tersebut digantungkan dengan menggunakan penjepit kertas pada sebuah benang yang dibentangkan di pinggir jalan. Ratusan artikel dari berbagai korang dipajang. Masyarakat banyak yang antusias untuk membacanya.
Artikel di korang tentang korupsi di pajang

Artikel di korang tentang korupsi di pajang


Poster antikorupsi
Salah satu poster yang dibuat anak SD
Tak cukup hanya itu, aksi lain juga tak kalah membuat pengunjung SCFD menjadi tersenyum geli karena banyak yang menggap lucu. Bagaimana tidak, beberapa patung ditempeli dengan uang pecahan dua ribu, lima ribu, dan sepuluh ribu rupiah di pajang di tengah jalan yang ramai lalu-lalang dilalui warga. Selain uang yang ditempel di mulut dan tangan patung juga uang kertas pecahan seribu dan dua ribu serta uang receh yang dimasukkan pada sebuah botol yang diberi sedotan dan didekatkan pada mulut patung. Beberapa uang receh dan pecahan seribu dan dua ribu juga diletakkan di atas cobek. Pokoknya kalau melihat jadi tersenyum sendiri.
Patung pesan moral antikorupsi

Patung pesan moral antikorupsi


"Injak koruptor"

“Injak koruptor”


Aksi lain dari BEM UNS ini adalah memajang kain putih yang panjangnya sekitar 30 meter dan lebar 3 meter. Pengunjung SCFD diharapkan menuliskan pesan moral tentang antikorupsi dengan spidol yang sudah disediakan. Saya pun menuliskan pesan yang saya sampaikan pada kain tersebut. Setelah saya menulis saya diberi stiker berwarna merah dengan tulisan warna putih. Isi tulisannya “BERANI JUJUR HEBAT !” terus di bawahnya ada tulisan KPK. Banyak yang menuliskan pesan-pesan pada kain ini. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun banyak yang berpartisipasi.
Stiker pesan moral antikorupsi

Stiker pesan moral antikorupsi


Aksi para mahasiswa ini juga membentangkan spanduk yang ditempeli foto-foto para koruptor. Para pengunjung SCFD baik yang berjalan kaki, lari, maupun bersepeda untuk menginjaknya. Mereka berteriak “injak para koruptor” diucapkan berulang-ulang. Saya pun mengikuti untuk menginjak-injak gambar para koruptor yang dipajang pada spanduk tersebut.
Pesan moral tentang antikorupsi juga diwujudkan dalam lagu, jadi pengunjung juga dapat menikmati musik yang berada di pinggir jalan ini. Tidak hanya lagu berbahas Indonesia saja, lagu-lagu asing bernuansa sosial pun dilantunkan. Suasana jadi tambah meriah.
Jika Anda memiliki cara lain pesan moral tentang antikorupsi, Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: