Mencari Barang Elektronik Lebih Murah di Pameran


Pameran Laptop/Notebook

Pameran Laptop/Notebook

Jika Anda membeli barang-barang tentunya menginginkan barang yang berkualitas namun dengan harga murah. Tapi apakah barang yang Anda inginkan tersebut ada? Sering kali jika kita ingin membeli barang yang berkualitas pasti harganya mahal. Kenapa mahal? Mungkin karena barang tersebut adalah barang impor, sehingga beban pajak masuk barang dibebankan kepada Anda sebagai konsumen. Alasan yang lain kenapa mahal adalah karena barang tersebut hanya didapatkan di toko yang  terletak pada pusat perdagangan atau pusat bisnis yang selalu ramai dikunjungi orang atau strategis, akibatnya biaya sewa tempat berjualan mahal, sehingga biaya sewa tempat dibebankan kepada konsumen pula. Alasan mahal yang juga sering terjadi adalah bahwa barang tersebut terbatas dan hanya dikuasai oleh salah satu toko saja, alias dimonopoli oleh sebuah toko saja. Harga mahal juga karena biaya promosi yang mahal, tak jarang produsen mengontrak artis papan atas yang bayarannya mahal, ini juga bisa dijadikan alasan kenapa barang jadi mahal walaupun sebenarnya barang tersebut harganya tidak semahal jika tidak memakai artis sebagai bintang iklan.

Untuk membeli barang jangan terburu-buru karena murah, jangan percaya begitu saja jika Anda belum melihat sendiri atau mencoba barang tersebut. Apa lagi jika merk barang tersebut belum dikenal. Termasuk dalam hal membeli barang-barang elektronik seperti laptop, printer, kamera, dan lain-lain.

Kamera digital

Jika Anda menginginkan barang-barang elektronik seperti di atas ada baiknya Anda pergi ke sebuah pameran, barang yang dijual biasanya lebih murah jika dibanding dengan waktu barang tersebut dijual tidak pada pameran. Seperti halnya pada pameran elektronik yang ada di kota Solo Jawa Tengah tanggal 5 – 9 Desember 2012 yang bertempat di gedung Diamond Convention Center Jl. Slamet Riyadi. Pameran elektronik di tempat ini hampir setiap tiga bulan sekali. Pameran ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta barang elektronik yang berkualitas akan tetapi dengan harga yang lebih murah, terutama para pelajar dan mahasiswa.

Untuk pameran kali ini saya datang pada tanggal 8 Desember, saya dan istri. Masuk ke pameran parkir motor 2 ribu rupiah dan tiket masuk 3 ribu rupiah per orang yang akan diundi, jika beruntung mendapatkan hadiah dari sponsor. Begitu kami masuk pengunjung berjubel seperti semut yang sedang mengerumini gula. Hampir semua stan toko dipadati pengunjung yang menginginkan barang yang mereka beli. Di tempat ini ada dua lantai, di mana ke dua lantai sama-sama stan barang elektronik seperti laptop, netbook, kamera, dan lain-lain. Namun untuk lantai dua lebih sedikit bila dibandingkan dengan lantai satu.

Kami mencoba melihat-lihat dan mengambil beberapa brosur barang yang ingin kami beli. Kami ingin membeli sebuah netbook. Setelah beberapa stan yang kami datangi akhirnya kami memutuskan membeli produk yang kami inginkan. Netbook merk Toshiba dengan harga 3,25 juta rupiah dengan windows 7 original dan garansi barang setahun. Kata pemilik stan jika membeli barang tersebut tidak pada pameran maka harganya 3,4 juta rupiah, jadi kami bisa menghemat sekitar hampir 5% atau selisih 150 ribu rupiah. Kami juga mendapat bonus kalender, souvenir, tas untuk tempat netbook, mouse dan alasnya, serta vouvher potongan harga 50% untuk membeli anti gores pada display.

Merk laptop dan netbook yang dijual di pameran ini selain Toshiba antara lain acer, cyrus, asus, samsung, hp, dell, serta axio.  Barang-barang yang dijual di pameran kali ini selain laptop dan netbook adalah kamera digital dari berbagai merk seperti Samsung dan Canon. Printer dari berbagai merk seperti Canon, hp, dan lain-lain juga ada. Aksesoris seperti mouse untuk laptop dan komputer, pembersih display, flashdisk, CD R maupun RW, komputer rakitan, dan lain-lain. Yang paling diminati pengunjung adalah produk tablet dari berbagai merk terutama merk-merk dari Cina karena harganya yang lebih murah. Untuk harga tablet ini mulai dari 650 ribu rupiah dengan spect andoid 2.3 ICS dengan memori 512 MB dengan hardisk 4 GB, layar 7” capasitive, kamera, dan WiFi. Untuk tablet yang sudah ada kartunya hanganya mulai dari 1,3 juta rupiah. Selain itu bagi yang kantongnya tipis juga ada lapto second, dengan harga lebih miring lagi, jadi tidak usah khawatir.

Aksesoris komputer/laptop

Operator seluler baik GSM maupun CDMA juga meramaikan pameran kali ini. Sebut saja Telkomsel menjual produk kartu flashnya khusus untuk internet beserta modem Huawai. Untuk CDMA ada Esia menjual modem yang harganya jika tidak pameran 99 ribu rupiah menjadi 90 ribu rupiah. Begitu juga dengan Smart dan Flexi juga menawarkan produk modem beserta kartunya. Selain produk elektronik ternyata juga produk jasa ditawarkan seperti sebuah bank swasta nasional dan jasa pembayaran kredit barang.

Nah jika Anda ingin membeli produk elektronik dengan harga lebih murah dan kualitas baik selalu kunjungi pameran di kota tempat tinggal Anda. Untuk harga selama pameran, di toko dan di stan pameran biasanya sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: