Ada Rahasia Besar Dibalik Buah Talok


Buah talok berjatuhan dipinggir jalan

Buah talok berjatuhan dipinggir jalan

Di pinggir jalan, di kebun, pada sela-sela retakan tembok, dan di pekarangan rumah tanaman talok atau yang sering disebut dengan kersen sering saya temukan. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai tempat karena buahnya dimakan oleh burung pemakan buah atau kelelawar yang bijinya tidak dapat dicerna sehingga hewan-hewan inilah yang berjasa sebagai pemencar tanaman ini. Tanaman yang berbuah bulat kecil  dengan diameter buah tidak sampai satu sentimeter ini sering juga disebut dengan buah ceri Jawa. Tanaman dengan ciri khas rimbun yang dapat dipakai sebagai tanaman peneduh layaknya ketapang ini mempunyai nama ilmiah Muntingia calabura L. Selain rimbun daunnya, ciri dari tanaman ini adalah mempunyai bulu halus pada daunnya. Tanaman ini dapat tumbuh di mana saja di daerah tropis dengan ketinggian tanaman dapat mencapai empat meter. Tanaman ini jangan dipanjat, apa lagi jika Anda memanjat pada batang yang belum tua meskipun batangnya kelihatan besar, karena batang dari tanaman ini mudah patah.

Tanaman talok di pinggir jalan sebagai peneduh

Tanaman talok yang tumbuh diantara tembok yang retak.

Tanaman talok muda disela batu yang berlumut.

Keberadannya sering dipandang sebelah mata walaupun sebenarnya banyak rahasia di balik khasiat dari daun dan buahnya. Tanaman ini sering dipanjat oleh anak-anak, mereka senang akan rasa buahnya yang manis. Rasanya yang khas   membuat mereka selalu mencari buah ini meskipun harus susah payah memetik buah yang ada di ranting yang tidak mudah untuk dijangkau. Buahnya  berbentuk bulat berwarna hijau jika masih muda dan merah jika sudah tua. Talok mempunyai kulit yang tipis dan enak dimakan serta biji kecil banyak terdapat pada daging buahnya.

Tanaman talok yang sedang berbunga.

Ternyata khasiat dari buah talok ini dapat mengalahkan minuman isotonik yang beredar di pasaran saat ini. Dari 100 gram buah talok terkandung air sebesar 77,8 gram, protein 0,384 gram, lemak 1,56 gram, karbohidrat 17,9 gram, serat 4,6 gram, abu 1,14 gram, kalsium 124,6 miligram, fosfor 84 miligram, besi 1,18 miligram, karoten 0,019 gram, tianin 0,065 gram, ribofalin 0,037 gram, niacin 0,554 gram, dan vitamin C 80,5 miligram. Sedangkan nilai energi yang dihasilkan dalam 100 gram buah talok adalah 380 Kilojoule.

Buah talok yang masih muda.

Banyak khasiat dari daun dan buah talok ini. Daun talok yang direbus dapat sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri C. Diptheriea, S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rizhophil. Selain itu, daun talok yang direbus juga sebagai antiflamasi (anti radang), dapat sebagai penurun panas, dan antitumor. Antitumor dihasilkan pada kandungan daun talok yang berupa senyawa flavonoid.

Selain khasiat pada daunnya, buahnya dapat berkhasiat untuk penyembuhan penyakit asam urat. Jika Anda pernah mengalami penyakit asam urat tak ada salahnya Anda mencoba tips berikut. Ambil sembilan buah talok yang sudah matang berwarna merah tua, sebaiknya langsung dari pohon jangan disimpan di kulkas terlebih dahulu. Cuci dengan air bersih kemudian dimakan. Lakukan tiga kali sehari pagi, siang, dan sore. Banyak yang sudah mencoba, rasa nyeri asam urat dapar reda dan sembuh.

Pernah saya melihat di sebuah kantin rumah sakit swasta di daerah Jawa tengah di mana di dekat kantin tersebut banyak tumbuh tanaman talok yang rimbun. Dari beberapa kantin yang ada di sana, jus buah talok sangat populer. Harga satu gelas jus ini lumayan mahal bila dibandingkan dengan jus buah pada umumnya, yaitu sepuluh ribu rupiah. Keterangan yang saya dapatkan dari pemilik kantin mengatakan kalau buah ini berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat. Benar juga, meskipun mahal jus buah talok ini banyak yang membelinya, bahkan pemilik kantin tak jarang kewalahan memenuhi permintaan pembeli. Buah talok pun sering didatangkan dari tempat lain karena persediaan yang ada sudah habis.

Referensi: kampungberita.com

————————–

Baca juga:
Rosela, Indah Bunganya Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menanam Kacang Tanah dan Lamtoro Untuk Menyuburkan Tanah

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

5 responses

  1. Kalaw di bangka biasanya disebut buah (Seri),, rasanya lumayan sih,, saya juga sering metik buah tersebut krn deket banget dgn kantor,, jadi kalaw lagi gk ada kerjaan ya sering metik.!!

    1. Makasih Basmin, baru tahu kalau nama untuk daerah Bangka itu “seri”

  2. ane sering makan nih buah tapi baru tau khasiatnya gan 😀

  3. Wah depan rumah saya ada pohon ini gan, dan saya sering makan, hehehe,.. salam kenal 🙂

    1. Salam kenal juga dari saya. Silahkan baca tulisan yang lain. Terima kasih Anda sudah mengunjungi webblog saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: