Pengalaman Keluarga dengan Obat Tradisional Lebih Manjur dan Aman


Setiap orang pasti pernah mengalami sakit meskipun sakit yang ringan. Jika Anda sakit apa yang harus Anda lakukan? Kebanyakan orang jika sedang sakit langsung minum obat atau memeriksakan dirinya ke dokter atau klinik atau rumah sakit. Itu memang langkah yang tepat dilakukan, jangan sampai penyakit tersebut  menjalar ke mana-mana atau tambah parah jika tidak cepat teratasi. Sebagian orang jika sakit langsung minum obat kimia. Langkah ini memang bisa dibenarkan, akan tetapi apakah jika sakit Anda harus selalu minim obat kimia? Jika sakit hanya kecapekan atau terasa pegal atau pusing karena aktivitas Anda terlalu padat atau banyak dan Anda langsung minum obat kimia maka suatu saat tubuh Anda akan tidak kuat. Memang obat kimia kebanyakan lebih cepat bereaksi ke tubuh sehingga rasa sakit yang Anda derita lebih cepat teratasi atau lebih cepat sembuh. Tapi apakah Anda berpikir berkali-kali tentang bahaya atau efek samping dari obat-obatan kimia yang Anda konsumsi? Efek samping dari obat yang Anda konsumsi memang sering tidak dirasakan seketika atau beberapa hari setelah mengkonsumsi obat kimia akan tetapi efek samping biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lama mungkin lima atau sepuluh tahun kemudian.

Tahukah Anda jika obat kimia yang sering Anda konsumsi itu akan berdampat buruk pada tubuh Anda suatu saat? Obat kimia yang Anda konsumsi sebenarnya adalah racun bagi tubuh Anda sendiri, apa lagi jika sering mengkonsumsinya.  Organ  tubuh Anda seperti hati dan ginjal yang sering kena dampak buruknya. Ini seperti suatu mimpik buruk jika terjadi pada Anda. Ginjal yang merupakan alat penyaring dan hati yang menetralisir semua toksin (racun) tidak lagi bisa berfungsi karena efek kerasnya obat kimia. Ini adalah fenomena yang sering terjadi di masyarakat jika sakit langsung minum obat kimia.

Sering kali jika membeli obat di warung atau toko masyarakat kebanyakan tidak memperhatikan jenis obat apakah kategori obat yang bisa dikonsumsi oleh orang dengan syarat tertentu atau semua orang bisa mengkonsumsinya. Misal obat yang seharusnya untuk dewsa tak jarang dapat dikonsumsi oleh anak-anak karena keterbatasan pengetahuan. Selain itu membeli obat kimia hanya didasarkan oleh faktor iklan di media masa atau TV yang bintang iklannya menarik, pada hal belum tentu obat yang dibeli cocok atau layak dikonsumsi oleh tubuhnya. Faktor lain yang sering luput dari perhatian masyarakat adalah apakah obat yang dibeli masih layak untuk dikonsumsi atau tidak dengan tidak memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Saya membaca berita di internet bahwa orang Barat yang konon semula tidak percaya dengan khasiat obat tradisional sekarang banyak yang beralih suka mengkonsumsi obat tradisional untuk pengobatan penyakit yang mereka derita. Memang tidak semua obat tradisional dapat dikonsumsi untuk semua penyakit, ada kalanya penyakit tertentu memang hanya bisa disembuhkan dengan obat kimia. Tetapi jenis penyakit tertentu pula sering dapat sembuh dengan obat tradisional, bahkan sering kita mendengar kabar atau kesaksian dari seorang pasien yang menderita penyakit tertentu yang sangat parah dan dokter yang ahlinya sudah angkat tangan dengan mengkonsumsi obat tradisional secara teratur orang tersebut menjadi sembuh.

Sudah beberapa tahun belakangan ini saya dan juga keluarga yang dulunya jika sakit sering mengkonsumsi obat kimia sekarang sudah jarang kami lakukan. Apa lagi istri saya tidak suka minum obat kimia, dosis yang rendah saja dia tidak kuat karena jarang bahkan tidak pernah mengkonsumsi obat kimia. Jika badan terasa kurang fit atau sakit misal batuk, pilek atau sakit yang tidak terlalu parah kami hanya menkonsumsi obat tradisional. Begitu juga dengan keluarga kakak kami sekarang juga membiasakan  mengkonsumsi obat tradisional jika sakit. Bagi kami obat tradisional justru lebih manjur dan lebih aman dikonsumsi dari pada obat kimia. Memang khasiat obat tradisional sering terasa tidak seketika itu juga, beberapa hari mengkonsumsi baru terasa khasiatnya, tetapi itulah yang membuat kerja hati dan ginjal kita rileks, tidak terbebani dari pada obat kimia yang sering langsung terasa khasiatnya setelah mengkonsumsinya tetapi berdampak tidak bagus di kemudian hari.

Berikut ini beberapa obat tradisional yang pernah kami konsumsi karena pernah kami rasakan khasiatnya.

  • Herpes

Saya pernah terkena herpes pada kaki dan punggung, saya obati dengan Acyclovir belum juga ada tanda-tanda sembuh, akhirnya saya mencari informasi dari internet kalau daun dewa atau daun sangjo (Gynura procumbens) dapat sebagai obatnya. Caranya daun dewa ditumbuk kemudian dioleskan pada kulit yang kena herpes. Pagi dioles sorenya sudah kering.

Tanaman Dewa yang sedang berbunga

Tanaman Dewa yang sedang berbunga

  • Obat Batuk
  1. Jahe (Zingiber officinale) dikupas, diparut, diperas kemudian dicampur dengan madu diminum sehari 2X pagi dan sore masing-masing tiap minum seperempat gelas belimbing. Ini adalah pengalaman anak kakak saya yang masih berumur 6 tahun, batuk minum obat kimia dari dokter tidak juga kunjung sembuh, setelah minum resep di atas dua hari langsung sembuh.
    Tanaman jahe

    Tanaman jahe

  2. Kelapa muda yang berwarna hijau (Cocos nucifera) dibuka pada bagian atasnya terus gula batu dan batang serai (Cymbopogon nardus) yang sudah dimemarkan  dimasukkan ke dalam kelapa muda tersebut terus dibakar seperti “ngliwet” atau memasak nasi dengan pakai panci dengan api sedang selama dua jam diminum 2X sehari pagi dan sore.
    Kelapa muda

    Kelapa muda

    pengalaman keluarga (serai)

  3. Menambah Nafsu Makan
  4. Bagi yang kurus dan ingin menambah berat badan ini adalah salah satu cara yang aman untuk menabah nafsu makan. Beras (Oryza sativa) direndam kemudian ditumbuk/diulek, jahe dan kencur (Kaempferia galanga) diparut diambil airnya kemudian semua ramuan tadi dicampur diminum 2X sehari pagi dan sore masing-masing setengah gelas belimbing. Ini adalah pengalaman teman kakak saya yang sudah menikmati khasiatnya yang semula kurus kering akhirnya bisa menjadi gemuk dan sehat.

    Tanaman kencur

    Tanaman kencur

    • Obat Turun Panas
    1. Daun randu muda (Ceiba petandra) dicampur dengan daun bunga sepatu (Hibiscus rosasinensis) masing-masing sembilan lembar, diberi air panas satu gelas belimbing, setelah anget-anget kuku diremas-remas biar keluar minyak yang berupa lendir terus dikompreskan ke dahi. Ini adalah pengalaman pada saat anak saya demam.
    2. Daun kapuk randu

      Daun kapuk randu

    3. Lidah buaya (Aloe vera) tiga lembar diambil daging daunnya kemudian dicampur alkohol 75% dua sendok makan terus diremas-remas kemudian dikompreskan di dahi. Alkohol dapat dibeli di apotik. Ini adalah pengalaman pada saat anak kakak saya demam.
      Lidah buata atau Aloe vera

      Lidah buata atau Aloe vera

      pengalaman keluarga (bunga sepatu)

    4. Obat Perut Kembung
      1. Daun mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) muda dibakar supaya layu kemudian diolesi minyak telon terus ditempelkan ke perut.
      2. Mengkudu atau pace

        Mengkudu atau pace

      3. Kunyit (Curcuma domestica) secukupnya diparut ditambah dengan madu kemudian diperas diminum setengah gelas belimbing. Ini juga pengalaman anak kakak saya.
        Tanaman kunyit kuning

        Tanaman kunyit kuning

      4. Obat Diare
        1. Daun jambu klutuk /jambu biji (Psidium guajava) secukupnya, kunyit kuning (Curcuma domestica) dipotong-potong, ambil beras segenggam. Beras disangrai, masukkan kunyit kuning, daun jambu sampai layu kemudian diangkat diberi air mendidih diaduk seperti membuat minuman kopi, setelah dingin diminum sehari 2X pagi dan sore. Ini adalah pengalaman dari kakak saya.
        2. Daun jambu biji

          Daun jambu biji

        3. Ambil kunyit putih (Curcuma mangga) diparut kemudian diperas ambil airnya diminum setengah gelas belimbing. Ini adalah pengalaman istri saya diare tidak juga kunjung sembuh meski sudah mengkonsumsi obat tradisional dan obat dari dokter begitu minum ramuan kunyit putih langsung sembuh.
        4. Panas dalam
        5. Buah jeruk lemon (Citrus lemon) dicampur madu diminum 2X sehari pagi dan sore. Ini pengalaman dari keluarga kami.

          Itulah beberapa resep obat tradisional yang pernah menyembuhkan keluarga kami, jika para pembaca mempunyai pengalaman dengan obat tradisional  silahkan tuliskan pada kolom komentar. Kita berbagi pengalaman bersama. Siapa tahu dari pengalaman yang kita share di blog ini bermanfaat juga bagi orang lain.

          —————————————

          Baca juga:
          Ada Rahasia Besar Dibalik Buah Talok

9 responses

  1. wah mas bro terimakasih atas informasinya yg sangat berguna ini…
    salam hangat hanz

    1. Terima kasih Handoko atas kunjungan blog dan komentarnya. Yang saya tulis adalah pengalaman dari keluarga kami, jadi saya di blog ini berbagi pengalaman dan sedikit ilmu barang kali bisa bermanfaat bagi orang lain.

  2. wah ,,,,,mkasih banyak atas info yang di berikan , dan saya suka atas pemberitahuan obat ini yang sekaligus di lengkapi dengan gambarnya, sehingga saya tidak bingung untuk mencari tanaman tersebut, mkasih banyak mas topo

    1. Terima kasih juga Apri atas kunjungan dan komentarnya di blog saya. Itu adalah pengalaman di keluarga saya. Semoga bermanfaat bagi semua yang membaca blog ini.

  3. trimakasih

  4. Mau nambahin yaaa, boleh kan
    Bapakku kalau ada yg luka diobatin pakai daun binahong. Cuci bersih daunnya kemudian remas2 sampai keluar lendirnya, tempel di luka, Insya Allah cepat sembuh

  5. Trima ksh, ini menambah kemantaban sy menggunakan obat tradisional, penyakit dtgnya dr Alloh, yg menyembuhkan juga Alloh dg ciptaannya yg di usahakan oleh manusia
    Qt hrs berihtiar, slh satunya dg obat tradisional.

  6. Makasih info pengobatan tradisionalnya ya mas.. ada gak resep untuk menghilangkan flek hitam di wajah

    1. Maaf, belum ada, coba cari yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: