Beberapa Jejaring Sosial


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Sosial media atau jejaring sosial menurut pengertian  merupakan struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Secara mudahnya jejaring sosial yang kita kenal di dunia maya saat ini adalah situs pertemanan atau komunikasi sosial antar individu maupun kelompok tertentu.

Saat ini banyak jejaring sosial yang bermunculan di dunia maya, mereka menawarkan beberapa kemudahan berkomunikasi antar  individu atau kelompok. Beberapa jejaring sosial yang  saat ini sedang dikenal orang akan saya paparkan dalam tulisan ini.

  • Facebook
  • Facebook adalah jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 dioperasikan oleh Facebook Inc.  yang diciptakan oleh Mark  Zulkerberg bersama teman-temannya. Pada tahun 2012 sudah lebih dari 900 juta orang yang mempunyai akun di jejaring sosial ini. User atau pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profile pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti teman sekolah atau teman di perguruan tinggi, teman kerja dalam suatu organisasai atau perusahaan, dan teman dalam suatu kelompok tertentu. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Facebook memiliki kantor pusat di Standford Research Park, Palo Alto, California.

    Logo Facebook

    Logo Facebook

    • Twitter

    Twitter adalah jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2006 dioperasikan oleh Twitter Inc. yang diciptakan oleh  Jack Dorsey. Lebih dari 100 juta orang memiliki akun di jejaring sosial ini. Twitter menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower). Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi luar yang praktis (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu saja. Situs ini berbasis di San Bruno, California, San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

    Logo Twitter

    Logo Twitter

    • Friendster

    Friendster dalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial. Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media dengan anggotanya. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka.Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan induk dari  semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara. Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada hiburan dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya. Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari satu juta pengunjung setiap bulannya, namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja. Lebih dari 90% lalu lintas Friendster berasal dari Asia.  Frienster tidak setenar seperti Facebook dan Twitter.

    Logo Friendster

    Logo Friendster

    • Heello

    Heello adalah jejaring sosial baru yang didirikan oleh Noah Everret, meskipun baru  jejaring sosial ini cukup mendapat respon yang positif bagi kebanyakan pengguna twitter. Heello mirip dengan Twitter, jika di Twitter dikenal  istilah follow dan tweet untuk memposting sebuah status, sedangkan di Heello yang menggunakan istilah Pin, yang lainnya Heello sama seperti Twitter. Menulis status dibatasi 140 karakter dan menggunakan simbol @ untuk nama teman yang ingin disebut atau dilistening.

    Logo Heello

    Logo Heello

    • Socl
    • Socl adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh Microsoft  pada 20 Mei 2012. Socl diartikan sebagai Social atau sosial. Pada halaman “About” Socl, diterangkan bahwa jejaring sosial ini merupakan sebuah proyek penelitian eksperimental untuk tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh FUSE Labs dari Microsoft.  Socl menggabungkan jejaring sosial dan pencarian guna membantu masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk menemukan dan berbagi halaman web yang menarik. Data hasil pencarian di Socl didukung oleh mesin pencari Bing. Di Socl, pengguna dapat melakukan login menggunakan akun Facebook atau Windows Live. Begitu masuk ke Socl, pengguna akan dihadapkan pada berbagai topik dan usulan untuk mengundang teman ke Socl. Terdapat rentetan menu di sebelah kiri layar, mulai dari post, profile, video parties hingga following dan followers. Tombol ikon “home” berada di kiri atas layar, diapit oleh logo Socl dan kotak mesin pencari. Seperti halnya Facebook, menu home akan menampilkan feed atau kabar terkini dari para pengguna Socl. Pengguna dapat melakukan posting dan membagi situs web atau konten menarik lainnya. Setiap posting yang muncul di feed bisa dikomentari (comment), dibagi (share) dan ditandai (tag). Ada cara yang cukup berbeda untuk menanggapi setiap posting di Socl, yakni Riff. Microsoft menjelaskan, Riff merupakan cara baru untuk berinteraksi dan mengimprovisasi konten. Notifikasi aktivitas di Socl bisa dilihat dengan mengeklik kotak di sebelah nama dan foto pengguna yang terletak di kanan atas layar. Jika ada notifikasi, kotak tersebut akan berwarna oranye.

      Logo Socl

      Logo Socl

      • Pinterest

      Pinterest diluncurkan pada Maret 2012, jejaring sosial yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat ini, diprakarsai oleh Brian Cohen yang merupakan investor pertama Pinterest. Brian Cohen memiliki latar belakang di dunia penerbitan dan kini menjabat sebagai founder dan chairman New York Angeles. Ide Pinterst menurut Brian Cohen berawal dari proyek Silbermann. Proyek ini bekerja pada Cold Brew Labs yang juga menghasilkan aplikasi Tote. Tote sendiri adalah sebuah aplikasi yang berisi konten katalog perempuan pertama di perangkat iPhone. Jejaring sosial yang memungkinkan pengguna memajang “papan virtual”online miliknya itu mengalami kenaikan kunjungan yang sangat signifikan. Buktinya, data dari Alexa.com menunjukan Pinterest saat ini berada di peringkat 16 situs yang paling banyak dikunjungi di Amerika. Ini berarti, Pinterest telah mengalahkan situs kantor berita CNN dan situs berita olahraga ESPN. Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan buletin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain. Pinterest digunakan untuk mengeksplorasi topik gaya hidup, desain, masakan, dekorasi, dan kesehatan. Menurut sang CEO Ben Silbermann, Pinterest dibuat untuk membantu orang menemukan hal-hal yang mereka tidak tahu, namun sebenarnya mereka membutuhkan hal itu. Untuk bisa menjadi anggotanya, Pinterest masih menerapkan sistem undangan (invite-only), sehingga Anda bisa mendaftar untuk diundang di situs dan menunggu sampai Pinterest mengirim undangan ke email, atau kemungkinan bisa meminta teman yang sudah bergabung untuk mengirimkan undangan.

      Logo Pinterest

      Logo Pinterest

      • mFace

      mFace adalah jejaring sosial yang berasal dari Malaysia yang didirikan oleh Tedy Teow. mFace menciptakan dengan konsep lokal yaitu menyediakan kontent-kontent lokal untuk masing-masing negara dan kini telah hadir di Indonesia. Jejaring sosial ini diluncurkan pada 19 Oktober 2012. Indonesia adalah salah satu negara terbesar untuk aktifitas dan antusiasme terhadap jejaring sosial, hal ini membuat mFace melakukan Grand Launching keduanya diadakan di Indonesia. mFace adalah gabungan dari sistem Facebook, Twitter, dan chatting yang diramu menjadi satu.

      Logo mFace

      Logo mFace

      Selain jejaring sosial yang dipaparkan di atas, masih banyak lagi jejaring sosial yang ada di dunia ini seperti facelim yang khusus jejaring sosial umat muslim, QQ jejaring sosial asal Cina, dan masih adal lagi yang lain. Blackberry juga termasuk dalam jejaring sosial, orang yang tergabung dalam Blackberry Messanger (BBM) mempunyai PIN, pengguna dapat melakukan chatting antar  anggota komunitas BBM. Selain itu android juga mengeluarkan aplikasi yang dapat didownload dari internet gratis khusus bagi pengguna ponsel atau gaget yang berbasis android. Jika Anda pengguna ponsel atau gaget android Anda dapat mendownload aplikasi ini di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp. Para pengguna ponsel android dapat bergabung pada komunitas ini, dapat melakukan chatting seperti halnya pada BBM.

      Banyak manfaat adanya jejaring sosial di dunia maya ini antara lain kita dapat mencari teman yang sudah lama tidak bertemu akhirnya dapat berjumpa, bertukar foto, nomor ponsel, dan lain-lain. Selain itu jejaring sosial juga berdampak positif besar pada dunia bisnis seperti mempermudah transaksi karena adanya promosi yang gratis. Akan tetapi dampak negatif dari jejaring sosial juga ada seperti orang sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop atau komputer sehingga dia kurang mengenal lingkungan sosialnya. Dampak negatif yang lain adanya penculikan dan pemerkosaan seperti yang akhir-akhir ini diberitakan di berbagai media masa.

      Referensi: wikipedia.com, kompas.com, wartanews.com; ilustrasi gambar: blog.gremln.com, freebiesgyaan.com,

      Iklan

    2 responses

    1. Sebenarnya masih bnyak pak jejaring sosial, seperti funbook, YM, whatsup, dll, tapi kebetulan yg sya pake hanya fb, tweeter, ym, whatsup aj, masing2 punya kelebihan dan kekurangannya

      1. Makasih Enggar, iya emang masih banyak, itu hanya sedikit saja yang saya tulis. Kamu bisa tambahkan jejaring sosial apa saja yang kamu ketahui di kolom komentar.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: