10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia


Para pencari kerja, foto: globalpos.com

Para pencari kerja, foto: globalpos.com


Menjadi pengangguran adalah hal yang sangat tidak disukai oleh hampir setiap orang. Dengan menjadi pengangguran makan tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Dengan demikian tidak ada penghasilan yang didapat. Jika sudah begitu, maka kebutuhan hidup sulit untuk dipenuhi.

Dengan adanya pengangguran makan akan banyak dampak yang dipikul oleh suatu negara. Apalagi jika penduduk yang menjadi pengangguran tersebut jumlahnya bisa lebih dari setengah penduduk yang ada pada negara tersebut. Dampak yang akan terjadi terutama kemiskinan dan kejahatan.

Menjadi pengangguran karena kebanyakan negara tidak atau kurang menyediakan lapangan pekerjaan. Selain itu menjadi pengangguran karena tidak mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Tidak adanya ketrampilan karena pendidikan yang rendah. Hal ini sering terjadi pada negara-negara berkembang.

Beikut ini 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia, seperti yang dilansir oleh The Richest yang dikutip pada 25/08/2013.

10. Nepal (46 persen)
pengangguran10Perekonomian Nepal telah menderita karena ketidakpastian dalam konflik politik. Raja memerintah negara dari abad ke-18 hingga awal abad ke-21. Pada tahun 2008, monarki dihapuskan demi sebuah multipartai demokrasi perwakilan federal. Sementara pemerintah telah perlahan-lahan membuat headways dalam memerangi kemiskinan, pengangguran masih melayang ke sejumlah sekitar setengah dari penduduk usia kerja. Banyak warganya telah pergi ke luar negeri untuk mencari pekerjaan, termasuk tentara yang melayani di tentara India dan Inggris.

9. Senegal (48 persen)
pengangguran9Negara Afrika Barat Senegal selalu ditangani dengan pengangguran yang tinggi yang telah menjadi perbedaan besar antara negara yang kaya dan miskin. Senegal sangat bergantung pada bantuan dari negara-negara dan organisasi-organisasi lainnya. Jepang, Perancis dan China telah mendukung negara tersebut melalui sumbangan dan pinjaman. Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional juga sangat terlibat.

8. Namibia (51.2 persen)
pengangguran8Ekonomi Namibia ini sangat terikat dengan Afrika Selatan karena sejarah bersama kedua negara. Sementara Namibia memiliki sektor perbankan sangat maju dan infrastruktur modern, juga memiliki tingkat pengangguran yang tinggi yang lebih diperburuk oleh diskriminasi terhadap perempuan hamil dan mereka yang menderita HIV/AIDS. Ekonominya sangat bergantung pada pertambangan, ternak dan pertanian.

7. Djibouti (59 persen)
pengangguran7Djibouti berlokasi strategis sebagai tempat transit di Laut Merah. Hal ini juga dianggap sebagai pusat transit internasional dan pengisian bahan bakar. Namun, negara ini sangat bergantung pada sektor jasa. Pemerintahnya telah berusaha untuk meningkatkan ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja. Telah membangun sarana dan prasarana telekomunikasi. Hal ini juga aktif mendukung usaha kecil, perikanan dan pengolahan hasil pertanian.

6. Tajikistan (60 persen)
pengangguran6Tajikistan pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Setelah runtuhnya serikat, Tajikistan pergi melalui perang sipil berdarah. Sekarang yang termiskin di antara semua bekas republik Soviet, dan juga merupakan termiskin di seluruh Asia Tengah. Negara ini menderita salah urus ekonomi, korupsi dan reformasi tidak merata.

5. Mozambique (60 persen)
pengangguran5Mozambik pernah dianggap sebagai contoh utama dari sebuah negara yang pulih karena langkah-langkah bantuan oleh donor asing dan Bank Dunia. Selama lebih dari satu dekade pada pergantian abad, tingkat pertumbuhan rata-rata lebih dari delapan persen. Namun, Mozambik masih merupakan salah satu yang paling miskin dan tertinggal di dunia, dengan 88 persen dari lahannya masih digarap meskipun garapan.

4. Zimbabwe (70 persen)
pengangguran4Seorang pria, Robert Mugabe, telah memerintah Zimbabwe sejak merdeka pada 1980. Salah urus, korupsi dan keterlibatan dalam perang di dekat Republik Demokratik Kongo sumbangan inflasi dan kekurangan pasokan dan valuta asing. Sebuah kebijakan redistribusi tanah kontroversial yang digusur lebih dari 4.000 Kaukasia petani juga menjadi faktor dalam runtuhnya perekonomian.

3. Turkmenistan (70 persen)
pengangguran3Turkmenistan memiliki cadangan terbesar keempat gas alam di dunia. Ekonomi terhambat oleh kurangnya keragaman hanya komoditasnya gas alam. Hal ini diperburuk karena tidak memiliki rute ekspor alami untuk produk. Sebagian besar gas berjalan melalui perusahaan milik Rusia. Itu tidak mensubsidi penduduk miskin, seperti bensin, air, garam, listrik dan gas alam.

2. Vanuatu (78.21 persen)
pengangguran2Perekonomian Vanuatu bergantung pada pertanian. Kurangnya kesempatan kerja di daerah perkotaan dan industri. Pasar juga kurang bisa diakses. Tiap keluarga telah dipaksa untuk hidup dalam mode mandiri dan subsisten, menempatkan tekanan besar pada ekosistem. Air tawar langka dan daerah aliran sungai (DAS) terdegradasi. Negara ini juga semakin menjadi gundul karena penebagan dan pembakaran pertanian. Bahkan spesies ikan dekat pantai telah cepat habis karena 90 persen telah konsumsi. Sementara telah terjadi reformasi diperkenalkan, infrastruktur yang buruk dan pemerintahan yang lemah telah menghambat investor asing, yang dianggap penting untuk menyediakan lapangan kerja.

1. Nauru (90 persen)
pengangguran1Nauru digunakan untuk memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Itu tergantung sepenuhnya pada cadangan fosfat dari kotoran burung laut. Namun cadangan fosfat kini telah kering dan hanya sepersepuluh. Dari jumlah tersebut, pemerintah mempekerjakan 95 persen. Pemerintah tidak memiliki alternatif nyata untuk pertambangan fosfat, sehingga prospek ekonomi warga menjadi meredup. Negara ini sangat bergantung pada Australia untuk menjaga perekonomiannya..

——————————————————-

Baca juga:
10 Negara Termiskin di Dunia
10 Negara Paling Bahagia

——————————————————-

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: