10 Kata yang Sering Salah dalam Penulisan


Salah satu kata salah yang sering kita jumpai

Salah satu kata salah yang sering kita jumpai

Jika Anda dalam perjalanan darat, baik dengan mobil, bus, atau motor, apakah Anda sering memperhatikan iklan dalam bentuk reklame atau papan nama sebuah tempat usaha? Jika Anda orang yang jeli, maka Anda akan menjumpai beberapa kata yang salah dalam penulisannya. Kata yang salah tersebut memang tidak merubah maknanya, namun jika salah terus dibiarkan, maka anak cucu kita nanti tidak akan mengetahui kata yang benar. Jangan biarkan mereka terbiasa mengetahui kata yang salah tanpa mengetahui kata yang benar. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi bisa jadi kata yang salah dalam penulisan bisa mempunyai makna yang lain atau ganda.

Kata yang salah yang ditulis pada papan reklame atau nama sebuah usaha dikarenakan para pembuat papan reklame atau nama papan usaha tidak mengetahui kata yang benar. Mereka hanya mengikuti saja apa yang telah orang tulis dengan kata yang serupa. Kata yang salah juga sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain ejaan yang salah, tentunya cara mengucapkannya juga salah.

Berikut ini 10 kata yang salah dalam penulisan berdasarkan pengamatan penulis. Kata-kata tersebut umumnya kata benda. Terjemahan atau maknanya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online juga diulas supaya para pembaca mengetahui kata yang benar berdasarkan ejaan dalam Bahasa Indonesia. Kata yang salah dalam KBBI umumnya tidak mempunyai makna.

1. Apotik
Kata yang benar adalah apotek yang berarti toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis. Kata apotek sering disebut juga rumah obat. Jika kita jeli, kata apotik masih banyak ditulis di depan toko yang menjual obat ini. Beberapa pemilik toko dan karyawan tidak mengetahui jika kata apotik yang digunakan salah.

2. Kwalitas
Kata yang benar adalah kualitas yang berarti 1 tingkat baik buruknya sesuatu; kadar; 2 derajat atau taraf (kepandaian atau kecakapan); mutu. Mungkin Anda sendiri sering menggunakan kata kwalitas dari pada kualitas. Karena pengucapan kedua kata tersebut memang mirip. Tapi orang yang mempunyai pendengaran yang bagus tentu bisa membedakan cara pengucapan kedua kata tersebut.

3. Kwantitas
Kata yang benar adalah kuantitas yang berarti banyaknya (benda); jumlah (sesuatu). Kata kuantitas dalam kehidupan sehari-hari sering menggantikan kata jumlah.

4. Managemen
Kata yang benar adalah manajemen yang berarti 1 penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran; 2 pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Kata managemen memang serapan dari kata management dari Bahasa Inggris, sehingga orang sering menulis masih seperti dalam bahasa aslinya tetapi menghilangkan huruf ‘t’. Pengucapannya juga masih mirip dengan bahasa aslinya.

5. Manager
Kata yang benar adalah manajer yang berarti 1 orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran; 2 orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu. Kata manager juga sering digunakan karena serapan dari Bahasa Inggris. Orang yang sering menggunakan merasa lebih bagus atau keren.

6. Musium
Kata yang benar adalah museum yang berarti gedung yang digunakan sebegai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno. Dalam pengucapan, sering terdengar huruf ‘i’ dan bukan ‘e’.

7. Selular
Kata yang benar adalah seluler yang berarti 1 berbentuk sel; 2 dibagi dalam sel-sel atau bilik-bilik. Dalam kehidupan sehari-hari sering ditambahkan kata telepon di depan kata seluler yang berarti telepon tanpa kabel, atau telepon bergerak yang bisa dibawa kemana-mana.

8. Kwali
Kata yang benar adalah kuali yang berarti 1 belanga (dari tanah atau dari besi) tempat memasak; 2 tempat menggoreng, bertelinga sebagai pegangan, terbuat dari besi atau aluminium.
Kata kwali dan kuali pengucapannya juga mirip, nyaris tak ada perbedaan.

9. Jadual
Kata yang benar adalah jadwal yang berarti pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja; daftar atau tabel kegiatan atau rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang terperinci.

10. Praktek
Kata yang benar adalah praktik yang berarti 1 pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori; 2 pelaksanaan pekerjaan ( dokter, pengacara, dan sebagainya); 3 perbuatan menerapkan teori (keyakinan); pelaksanaan.

Itulah sepuluh kata yang sering salah dalam penulisannya. Jika Anda mengetahui kata salah dalam penulisan yang lain silahkan tuliskan pada kolom komentar. Penulis mengajak Anda untuk membenahi ejaan bahasa yang salah supaya generasi penerus bangsa ini tidak selalu salah dalam menggunakan kata.

————————

Baca juga “Kami” atau “Kita”?

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo
Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

2 responses

  1. Soal kata Management dn Manager saya kira itu yang pas walaupun itu sedah di Indonesiakan katanya Namun artinya jadi salah. contoh lain Gas elpiji kan sudah makin tidak karu-karuan mas????

    1. Menurut KBBI kata “management” dan “manager” itu salah dalam penulisan meskipun sudah diserap. Anda bisa mencari kedua kata tersebut di KBBI online pasti tidak terdaftar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: