10 Negara Terkaya di Dunia


Negara-negara kaya mempunyai pendapatan per kapita yang tinggi. Selain faktor Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat mendukung. Bahkan, beberapa negara kaya tidak mempunyai SDA yang berarti, namun karena SDM yang dapat diandalkan negara tersebut menjadi kekuatan ekonomi yang mapan. Sebut saja Singapura, negara kecil ini tidak mempunyai SDA, namun Singapura bisa menjadi negara yang kaya karena SDM yang bagus.

Kebanyakan negara kaya mempunyai sektor industri yang dapat diperhitungkan. Selain industri berat, ternyata industri jasa juga menyumbang besar dalam membangun negara kaya. Sektor jasa perbankan dan jasa pariwisata dijadikan sumber kekayaan negara karena keterbatasab SDA.

Standar hidup yang tinggi, tingkat pengangguran yang rendah, kesejahteraan dan program sosial adalah beberapa ciri-ciri sebuah negara modern dan negara industri yang kaya. Seperti dilansir The Richest (06/11/2012) dikutip pada 18/05/2013, berikut ini 10 negara terkaya di dunia dalam hal pendapatan per kapita 2011 dalam dolar AS.

1. Qatar
negara kaya1Negara ini kaya minyak puncak dengan pendapatan per kapita $ 98.948. Qatar memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga, dengan jumlah yang terbukti lebih dari cukup untuk memungkinkan negara ini menghasilkan jumlah barel yang sama selama 50 tahun ke depan. Lebih dari setengah dari Produk Domestik Bruto (PDB) berasal dari minyak, termasuk hampir 85% ekspor dan 70% dari pendapatan pemerintah. Untuk lebih merangsang ekonomi, Qatar juga memulai proyek-proyek infrastruktur besar untuk Piala Dunia sepak bola 2022.

2. Luksemburg
negara kaya2Negara ini sedikit inflasi, tingkat pengangguran yang rendah dan stabilitas umum telah menyebabkan pertumbuhan yang solid untuk negara kecil ini di Eropa. Luksemburg memiliki sektor industri yang kuat antara lain baja, kimia dan karet. Luksemburg juga dikenal untuk sektor jasa keuangan yang menyumbang hampir sepertiga dari ekonomi. Pendapatan per kapita negara ini $ 80.559.

3. Singapura
negara kaya3Hubungan keuangan dan teknologi di Asia Tenggara, Singapura telah diterjemahkan ekonomi yang sangat maju menampilkan pendapatan per kapita $ 59.710 bagi perekonomian terkuat ketiga di dunia. Sebagian besar bergantung pada ekspor produk elektronik, teknologi , obat-obatan, dan sektor keuangan yang solid.

4. Norwegia
negara kaya4Norwegia diberkati dengan sumber daya alam yang melimpah, dari minyak dan tenaga air untuk mineral dan hutan. Selain menyediakan orang dengan pendapatan per kapita $ 53.396, jaring kesejahteraan sosial yang luas juga di tempat. Negara ini adalah salah satu eksportir terbesar minyak dan gas di dunia, dengan pendapatan dari minyak bumi industri akuntansi untuk seperlima dari pendapatan pemerintah.

5. Brunei
negara kaya5Dengan pendapatan per kapita $ 49.536, Brunei membuat baik penggunaan minyak mentah yang besar dan cadangan gas alam. Warga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi. Perumahan juga disubsidi. Untuk lebih meningkatkan pendapatan, pemerintah juga telah mengambil keuntungan dari peluang investasi di luar negeri.

6. Amerika Serikat
negara kaya6Mungkin ekonomi paling kuat di dunia, Amerika Serikat selalu memimpin dalam kemajuan teknologi, persenjataan dan sektor kedirgantaraan. Pendapatan per kapita $ 48.328, meskipun tidak datang dengan paket kesejahteraan sama seperti negara-negara maju lainnya. Mereka bangga bukan dalam perekonomian yang berorientasi pasar di mana sektor swasta memutuskan hampir segala sesuatu dengan intervensi minimal dari pemerintah.

7. Uni Emirat Arab
negara kaya7Uni Emirat Arab (UEA) adalah satu negara kaya minyak di Timur Tengah dengan pendapatan per kapita $ 47.729. Penemuan ladang minyak telah mengubah UEA dari kemiskinan tiga dekade lalu. Zona ekonomi perdagangan bebas membuat konglomerat internasional yang tertarik oleh kebijakan nol pajak UEA bahkan untuk perusahaan-perusahaan milik asing. Hal ini telah membantu meningkatkan lapangan kerja sektor swasta, merupakan unsur penting dalam upaya pemerintah untuk diversifikasi ekonomi.

8. Swiss
negara kaya8Kaya, damai dan terus-menerus netral, Swiss memiliki ekonomi modern dengan tenaga kerja pelajari dengan pendapatan per kapita $ 44.452. Swiss adalah negara di mana terdapat bank-bank yang diakui di seluruh dunia. Seiring dengan pajak rendah, pasar yang efisien, aturan diprediksi dan infrastruktur modern, karakteristik ini telah memungkinkan ekonomi Swiss untuk terus maju.

9. San Marino
negara kaya9Pariwisata di San Marino dan sektor perbankan telah menyumbang keberhasilan ekonomi dengan pendapatan per kapita $ 43.090. Negara ini menghadapi tantangan, namun karena tekanan dari masyarakat internasional negara ini meningkatkan transparansi industri perbankan. Perusahaan asing yang tertarik pada mendirikan toko di sini karena tarif pajak rendah.

10. Belanda
negara kaya10Dikenal karena hubungan industri yang stabil, Belanda memiliki pendapatan per kapita $ 42.023. Pendapatan umumnya berasal dari pengolahan makanan dan penyulingan minyak bumi. Negara ini juga memiliki sektor pertanian otomatis yang secara konsisten menghasilkan angka ekspor yang besar, yang memungkinkan untuk memposting surplus perdagangan yang signifikan.

————————–

Baca juga 10 Negara Termiskin di Dunia.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

One response

  1. wah, jadi ingin ke negara2 di atas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: