Dayu Park, Wisata Taman Bermain dan Belajar


Waterboom

Waterboom

Pergi berpiknik ke tempat yang ramai seperti di pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi di kota mungkin sudah hal yang biasa bagi Anda. Seakan-akan tempat-tempat tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi orang kota, sehingga tempat tersebut justru malah membosankan bagi Anda yang tinggal di kota. Anda tentu membutuhkan tempat rekreasi yang bukan menjadi rutinitas atau butuh suasana baru. Bagi Anda yang tinggal di pedesaan suasana desa yang sangat sejuk dan asri tentu sudah hal yang biasa, namun mungkin untuk tempat wisata yang satu ini agak berbeda dengan yang pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Dayu Park, atau sering juga disebut dengan Dayu Alam Asri adalah tempat wisata yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dapat menikmati wisata suasana pedesaan. Dayu Park terletak di Desa Dayu, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Solo. Jika Anda berkunjung ke Dayu Park dari arah Solo atau daerah-daerah di timur Solo, Anda dapat melewati Palur ke Arah Sragen. Jika Anda dari Semarang, Surabaya, dan daerah-daerah timur Semarang, maka Anda dapat melewati jalan Solo ā€“ Purwodadi ke arah Solo, setelah sampai di simpang empat Gemolong Anda ambil arah ke kiri atau ke Sragen. Jika Anda dari arah Jogja dan daerah-daerah di barat kota Solo, maka dari arah Solo lewat jalan Solo ā€“ Purwodadi ke arah Purwodadi, setelah di simpang empat Gemolong belok kanan ke arah Sragen.

Dayu Park buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Dayu Park adalah taman rekreasi bagi keluarga dengan luas area sekitar 5 hektar. Untuk masuk ke Dayu Park tiap pengunjung dikenakan tiket masuk 5 ribu rupiah. O ya anak umur 3 tahun ke atas dikenakan tarif penuh jika masuk ke tiap wahana maupun tiket masuk pertama. Untuk parkir jika menggunakan bus, biaya parkir juga murah, hanya 5 ribu rupiah. Tiap masuk ke wahana dikenakan tarif antara 3 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah.

Tempat wisata Dayu Park sangat rindang dan sejuk karena di tempat ini ditanami jati dan munggur. Tanaman jati yang sudah besar dan tanaman munggur yang bersifat sebagai peneduh membuat cuaca panas tidak terasa.

Wahana taman lalu lintas berada di dekat parkir. Di wahana ini merupakan pendidikan bagi anak-anak sekolah terutama anak TK dan SD untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas dan peraturan pada saat berkendara di jalan raya. Wahana pendidikan yang lain adalah kebun binatang mini. Untuk masuk ke kebun binatang mini tiap orang dikenakan tarif 3 ribu rupiah. Di dalam kebun binatang mini ini terdapat berbagai binatang yang hidup di air, seperti ikan seperti ikan patin dan leke besar, buaya, dan kura-kura. Terdapat pula beberapa ular seperti antara lain jenis ular berbisa dan tak berbisa seperti Phyton. Binatang berekor panjang dari berbagai jenis monyet juga ada. Selain itu, berbagai burung seperti merak, kasuari, Elang Jawa, dan beberapa burung kecil-kecil juga ada. Berbagai jenis unggas juga menghiasi kebun binatang mini ini. Terdapat dia jenis rusa, yaitu rusa Sumatra dan rusa tutul. Jadi cocok sekali bagi Anda yang memiliki buah hati yang baru berusia TK sampai SMP. Namun demikian, Dayu Park bisa untuk semua kalangan umur.

Elang Jawa

Elang Jawa

Rusa tutul

Rusa tutul

Rusa Sumatra

Rusa Sumatra

Kangguru

Kangguru

Merak Hijau

Merak Hijau

Bagi Anda yang suka tantangan dan uji nyali mental, ada juga wahana yang menyediakannya. Wahana outbond bisa menjadi pilihan. Kenalkan buah hati Anda pada wahana ini, karena dapat melatih mental supaya tidak penakut. Selain itu masih ada wahana menantang yang lain, yaitu wahana flying fox. Untuk dapat menikmati wahana menantang ini tiap orang dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah.

Jika Anda menginginkan suasana yang adem, ada juga wahananya. Kolam renang bisa menjadi alternatif pilihannya. Untuk dapat menikmati kolam renang, tiap orang dikenakan tarif 3 ribu rupiah. Di sini Anda dapat mengajak putra-putri Anda untuk berenang. Ada tempat yang dangkal bagi annak-anak. Jika ingin berseluncur dari atas juga bisa. Prosotan di ketinggian sekitar 10 meter sangat menantang dan mengasikkan.

Masih wahana berhubungan dengan air, Anda dapat menikmati wahana bersepeda air. Sepeda air ini didesain seperti bebek, sehingga disebut dengan bebek air. Perahu dayung juga bisa dinikmati di wahana air ini. Biaya untuk menikmati wahana ini 3 ribu rupiah. Anda bisa berdayung sambil menikmati pemandangan hijaunya alam pedesaan di sekitar Dayu Park.

Bagi Anda yang memiliki anak usia TK atau SD, wahana kemidi putar juga bisa dipilih. Selain itu, juga ada wahana untuk anak yang lain, yaitu mobil-mobilan yang tentunya sangat asik bagi anak, apa lagi bagi anak laki-laki yang suka main mobil-mobilan. Untuk dapat menikmati kedua wahana ini tiap anak dikenakan tarif 5 ribu rupiah.Dayu kemidi

Wahana ini tidak hanya untuk anak-anak saja. Jika kebetulan kantor Anda menginginkan suasana rapat yang nyaman dengan suasana alam pedesaan, maka terdapat pertemuan khusus untuk rapat dan pertemuan keluarga. Ada juga villa VIP jika Anda ingin menginap di tempat ini.

Tidak hanya cukup sampai di situ saja wahana di Dayu park. Ada juga wahana agrowisata. Di sini berbagai tanaman sayuran dan buah ditanam. Anda juga bisa menikmatinya dengan membeli dan memetik secara langsung. Kebun buah naga sangat luas, sayangnya pada saat saya dan teman-teman kantor ke Dayu Park (21/05/13) pas tidak musim berbuah, jadi tidak bisa menikmati buah naga yang bisa langsung dipetik dari pohonnya. Tanaman sayur seperti gambas, pare, dan aneka sayur berdaun dapat dijumpai di sini. Semua tanaman buah dan sayur tadi dipupuk dengan pupuk organik dari kotoran sapi. Di agrowisata ini juga dipelihara sapi perah pada saat kami ke Dayu Park, seorang petugas lagi memerah susu sapi perah.

Kebun sayur

Kebun sayur

Kebun buah naga

Kebun buah naga

Untuk urusan perut jangan khawatir. Tempat makan dari berbagai masakan bisa Anda nikmati di Dayu Park. Jadi jangan khawatir takut kelaparan. Dijamin menu makanan enak dan tidak membuat kantong Anda bolong. Fasilitas lain tentu toilet dan mushola yang gratis. Di setiap wahana juga selalu tersedia toilet, jadi tidak perlu khawatir jika mau ke kamar mandi.

Jadi tunggu apa lagi, jika Anda ingin berpiknik dengan suasana alam pedesaan, Dau Parak bisa menjadi alternatif pilihan.

———————

Baca juga:
Sanggaluri Park Purbalingga, Taman Reptil, Museum Wayang dan Uang
Wisata Air Owabong Smile Nā€™ Fun
Purbasari Pancuran Mas Wisata Aquarium Raksasa

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Terima kasih Anda sudah mengunjungi blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: