10 Walikota Terbaik Dunia


Pemimpin yang baik tentu yang diharapkan oleh seluruh warga. Entah itu presiden, gubernur, bupati/walikota, dan seterusnya sampai ke pemerintahan tingkat Rukun Tetangga (RT). Pemimpin yang baik tentunya dicintai oleh warganya. Bukan hanya sekedar tenar, namun juga selalu memberikan sesuatu yang terbaik bagi warganya.

Pemimpin yang terkenal belum tentu pemimpin yang baik dan dicintai warganya. Pemimpin yang dicintai warganya biasanya selalu tenar, bahkan dikenal di luar daerah yang dipimpin. Pemimpin yang baik bisa memberikan sesuatu yang lebih bila dibandingkan dengan yang lain. Pemimpin yang baik biasanya mempunyai ciri khas atau program yang dijadikan sebagai ikon pada kepemimpinannya. Termasuk pemimpin di sini yang dimaksud adalah walikota. Inovasi dibutuhkan untuk membangun kota yang dipimpinnya.

Saya mengutip dari worldmayor.com, Yayasan Walikota Sedunia (The City Mayors Foundation) memilih 10 walikota terbaik untuk tahun 2012. Organisasi ini merupakan organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 2003 untuk mempromosikan, mendorong, dan memfasilitasi pemerintahan lokal terbuka dan kuat.

Kriteria walikota terbaik dunia meliputi kejujuran, memiliki visi jelas selama kepemimpinannya, mampu mengatur kota dengan baik, peduli terhadap aspek ekonomi dan sosial, mampu meningkatkan keamanan dan lingkungan sekitarnya, serta memiliki keteladanan dengan warganya. Berikut daftar 10 walikota terbaik dunia:

1. Inaki Azkuna dari Kota Bilbao di Spanyol.
walikota1
Ia dinobatkan sebagai walikota terbaik karena dianggap berhasil mengubah imej Kota Bilbao dari industri menjadi kota pariwisata. Ini ditandai dengan dibukanya Museum Guggenheim pada tahun 1997 yang sekarang menjadi ikon kota tersebut.

2. Lisa Scaffidi dari Kota Pert di Australia.
walikota2
Lisa dikenal kedekatannya dengan warga yang dipimpinnya. Ia dipilih pada tahun 2007 dan menjadikan sosial media Facebook dan Twitter alat untuk komunikasi dengan warganya yang tidak bisa dijangkau.

3. Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan Jokowi dari Kota Surakarta atau sering disebut dengan Kota Solo, Jawa Tengah di Indonesia.
walikota3
Jokowi dinilai bisa mengubah imej kota Surakarta dari kota rawan kriminalitas menjadi kota seni dan budaya. Jokowi juga terkenal “blusukan” ke tempat warganya sampai ke gang-gang sempit. Ia juga salah satu tokoh yang mengkampanyekan anti korupsi. Ini menyebabkan ia mendapat reputasi sebagai pejabat yang jujur di Indonesia. Gebrakan Jokowi pada waktu menjabat walikota sejak tahun 2005 adalah ia tidak mengambil gaji selama menjadi walikota. Selain itu ia juga yang mempromosikan mobil Esemka dengan membelinya 95 juta rupiah untuk kendaraan dinasnya. Sekarang Jokowi sudah menjadi gubernur DKI Jakarta.

4. Regis Labeaume dari Quebec City di Kanada.
walikota4
Régis Labeaume terpilih sebagai walikota pada bulan Desember 2007. Dia terpilih kembali pada bulan November 2009 dengan hampir 80 persen suara. Testimonial positif menyoroti kerja kerasnya yang tampaknya seperti orang dan kemampuan untuk mengarahkan uang negara menuju kota, dan kejujurannya. Ada berulang komentar pada kebanggaan warga di kota mereka. Lainnya mengomentari sejumlah acara internasional atau konser walikota telah dibawa ke Québec. Walikota Labeaume menegaskan tidak ada korupsi dan tidak akan ditoleransi di pemerintah Kota Québec.

5. John F. Cook dari Kota El Paso di Amerika Serikat.
walikota5
John F Cook menjabat pada tahun 2005 setelah mengalahkan walikota incumbent. Ia memenangkan pemilihan ulang pada tahun 2009, tetapi karena batasan masa jabatan, dicegah untuk masa jabatan ketiga tahun 2013. Di bawah kepemimpinan walikota, El Paso telah berulang kali disebut sebagai salah satu kota teraman di AS meskipun dekat dengan Juarez (Meksiko), kedua kota dunia yang paling tidak aman.

6. Park Wan-su dari Changwon City di Korea Selatan.
walikota66
Park Wan-su menjadi Walikota Kota Changwon dalam pemilihan-pada tahun 2004 dan memenangkan masa penuh pertama pada tahun 2006. Pada tahun 2010 ia menjadi walikota pertama dari kota super Changwon setelah penggabungan Changwon, Masan, dan Jinhae. Changwon City kini memiliki populasi sekitar 1,1 juta orang.

Park Wan-su menerima PhD dalam administrasi publik dari Universitas Kyungnam dan telah menerbitkan beberapa buku, termasuk Masyarakat dengan Prinsip dan Masyarakat Dengan Harapan. Selain karir PNS, ia adalah seorang profesor dan dekan sekolah pemerintah, Kaya University.

Inisiatif lingkungan Walikota ini telah memenangkan perhatian luar negeri dan tampaknya melampaui langkah-langkah konkret menuju perubahan persepsi masyarakat di daerah ini. Kota ini telah digambarkan sebagai ibukota lingkungan Korea Selatan. Baru-baru ini Wali Kota Park Wan-su bekerja sama dengan kota Jerman Freiburg dan Curitiba, Brazil, pada isu-isu lingkungan.

7. Len Brown dari Kota Auckland, Selandia Baru.
walikota7
Len Brown, terpilih pada bulan Oktober 2010, adalah walikota pertama dari kota Super yang disebut Auckland, yang dibentuk pada tahun 2010 oleh penggabungan dari tujuh dewan lokal dan satu dewan regional. Ia memulai karir politiknya pada 1992 sebagai Manukau Kota Dewan dan terpilih Walikota Manukau City pada tahun 2007.

Warga memuji Walikota Brown untuk visi berani dan menarik. Sementara Auckland ini sudah dinamai oleh Mercer Consulting sebagai kota paling baik untuk ditinggali ketiga di dunia, Walikota Brown bertujuan untuk Auckland untuk menggantikan Wina di bagian atas tabel. Ia yakin hal ini dapat dicapai dengan menciptakan sistem transportasi kelas dunia, menarik bernilai tinggi perusahaan dan pekerja terampil, melindungi kota dan sumber daya alam wilayah dan, di atas segalanya, membuat Auckland sebuah kota di mana setiap warga merasa di rumah.

8. Edgardo Pamintuan, dari Angeles City di Philipina.
walikota8
Sejak menjadi Walikota Angeles City pada bulan Juli 2010, Edgardo Pamintuan berkonsentrasi pada peningkatan sistem kesehatan kota, memberikan pendidikan yang lebih baik untuk semua dan investasi di bidang infrastruktur. Dia tetap populer dengan warga yang menyambut perbaikan drainase dan prasarana lingkungan, serta bekerja pada kesehatan dan kesejahteraan, termasuk pendidikan. Testimonial memuji walikota untuk prestasi tertentu, termasuk: menjadi walikota pertama untuk membangun sebuah perguruan tinggi kota menyediakan pendidikan murah, penanaman 200.000 pohon dengan bantuan dari relawan, yang tampaknya akan membantu menghindari banjir, pembersihan drainase utama dan untuk memodernisasi rumah sakit kota, termasuk fasilitas dialisis menginstal.

Edgardo Pamintuan juga mempertahankan kepercayaan dari para pemimpin bisnis, yang percaya bahwa upaya walikota dalam mengendalikan suap dan korupsi yang berhasil. Pemberian Walikota Pamintuan juga telah dianugerahi Seal of Good Housekeeping oleh Kementerian negara dari Pemerintah Daerah.

9. Mouhib Khatir dari Kota Zeralda di Aljazair.
walikota9
Selama menjabat walikota, Mouhib Khatir telah menjadi kritikus vokal melawan korupsi. Pada tahun 2011 pemerintah Aljazair ditangkap dan dipenjarakan selama tujuh bulan. Ia kemudian dibebaskan tanpa tuduhan setelah intervensi dari Transparency International. Kebanyakan testimonial menyebutkan keberanian walikota di negara yang kurang demokratis dan satu dengan sejarah kekerasan ekstrem. Salah satu warga mengatakan walikota selalu membela kotanya melawan mafia pembangunan.

10. Alfonso Sanchez Garza dari Kota Matamoros di Meksiko.
walikota10
Ketika terpilih sebagai Walikota Matamoros pada bulan Juli 2010, Alfonso Sánchez Garza digambarkan sebagai salah satu bintang politik Meksiko meningkat. Kota ini terletak di Rio Bravo seberang perbatasan dari Brownsville, Texas.

Alfonso Sánchez mendirikan Institut Ophthalmologic dari Matamoros, yang menjalankan program-program penting seperti membawa ‘brigade’ dokter dari AS untuk melakukan tes mata, dan dalam kasus-kasus bedah mata tertentu, untuk orang tua. Program ini melibatkan distribusi bebas 800 pasang kacamata sebulan untuk orang miskin. Alfonso Sánchez, yang juga telah wakil Matamoros, memenangkan pemilihan walikota dengan 64 persen suara sebagai akibat langsung dari dedikasi dan kegiatan yang intens dalam membantu orang yang membutuhkan.

Dalam sebuah negara yang mencakup lima dari sepuluh paling pembunuhan sarat kota di dunia, dibutuhkan seorang pria berani untuk berdiri untuk walikota. Sejak awal tahun 2005 lebih dari 60 walikota dan mantan walikota dibunuh. Pada 2012 saja, 19 walikota dan calon walikota dibunuh oleh anggota kartel narkoba. Kartel berusaha untuk memenangkan pengaruh di pemerintah daerah untuk mengontrol pengangkatan kepala polisi dan mendapatkan kontrak publik.

Sementara walikota adalah anggota pemerintahan Partai Revolusioner Institusional Meksiko (IRP), ia menjalankan kantornya secara non-partisan.

Itulah 10 walikota terbaik di tahun 2012. Semoga saja para walikota yang lain saling berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik pada warganya.

About these ads

7 responses

  1. Jokowi memang hebat. Sedunia nomor 3.

    1. Terima atas komentarnya Pak Joko Winarno.

      1. Endang Sulandari

        I’m agree jiika pak joko wi termassuk kategoori 10 pemimpin terbbaik sedunia

      2. Thanks to Mrs. Endang for your opinion.

  2. Waaah, siiiip tenaan po…, kpn dirimuuu nyusul pak jakowi.

    1. Nyusul kemana Mamik? Kalau jadi walikota atau pejabat yang lain saya tidak pernah bermimpi.

  3. Indonesia punya Joko widodo ( Jokowi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: