Apa Itu BTS??


Manusia sebagai salah satu makhluk sosial selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lain. Jarak bukan menjadikan penghalang untuk berkomunikasi, sebagai manusia modern manusia tentunya membutuhkan komunikasi meskipun hanya lewat suara atau data, sehingga dibutuhkan alat komunikasi. Dari berbagai alat komunikasi yang ada, alat komunikasi seluler (nirkabel) baik Global System for Mobile communication (GSM) maupun Code Division Multiple Access (CDMA) yang paling banyak diminati saat ini karena faktor efisien, murah biaya dan dapat digunakan di mana saja yang terjangkau jaringan selular. Alat komunikasi seluler yang banyak digunakan saat ini berupa telepon seluler (ponsel), tablet maupun smart phone yang disebut handset pada artikel ini.

Untuk dapat menggunakan handset harus ada sebuh jaringan seluler. Kita bisa berkomunikasi baik menerima atau mengirim Sort Message service (SMS), Multimedia Messaging Service (MMS), menerima atau melakukan panggilan, juga akses data di internet melalui jaringan seluler dibutuhkan suatu perangkat yang namanya Base Transceiver Station (BTS). Sebenarnya tidak hanya BTS saja perangkat yang digunakan, terdapat perangkat yang lain seperti Base Station Controller (BSC), . Mobile Switching Center(MSC), dan masih banyak lagi, tetapi tidak akan di bahas di blog ini.

jurnalberita.com

Sebuah menara BTS yang menjulang tinggi

BTS adalah perangkat seluler yang pertama kali berhubungan langsung dengan handset kita. Beberapa BTS dapat terhubung dengan sebuah BSC.
BTS berfungsi sebagai perangkat penerima dan pemancar  untuk melakukan komunikasi dengan semua handset yang aktif dan berada dalam area cakupannya. BTS melaksanakan proses modulasi/demodulasi sinyal, equalisasi sinyal dan pengkodean error (error coding). Terdapat dua jenis BTS  yang dikenal, yaitu Indoor BTS dan Outdoor BTS.

Indoor BTS

Indoor BTS adalah BTS yang diletakkan di dalam ruangan, hal ini dilakukan karena di dalam ruang tidak bisa menerima jaringan BTS dari luar. Radius cakupan dari Indoor BTS anatara 10 sampai 200 meter, tergantung dari kondisi ruangan. Jika Anda pergi ke suatu pusat perbelanjaan terkenal seperti di mol, Anda parkir di basement pasti sinyal ponsel Anda penuh, kenapa?

flickr.com

Indoor BTS di basement

Di atas langit-langit basement terdapat indoor BTS yang berwujud mirip seperti lampu. Coba Anda perhatikan di langit-langit pusat perbelanjaan tersebut, di beberapa tempat dipasang indoor BTS dari berbagai operator seluler.

bloggers.com

Indoor BTS menempel di langit-langit (eternit)

Indoor BTS juga dapat kita lihat di ruang hotel, perkantoran, bandara, rumah sakit. Selain itu, jika Anda melakukan perjalanan laut dengan menumpang kapal PELNI jangan khawatir Anda tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel. Di kapal PELNI operator seluler Telkomsel yang berbasis GSM sudah menyediakan jasa komunikasi di sini, jadi meski Anda berada di tengah laut Anda tetap bisa berkomunikasi dengan nyaman dan tarif terjangkau.

Outdoor BTS

Outdoor BTS adalah BTS yang diletakkan di luar ruangan. Orang sering menyebut tower jika ditanya tentang apa nama pemancar selular, hal ini dikarenakan hanya tampak sebuah tower, tetapi sebenarnya yang dinamakan tower itu adalah menaranya, bukan pemancar selular atau BTS. BTS yang ditempatkan di menara tadi disebut Outdoor BTS atau BTS yang diletakkan di luar ruangan. Sebuah Outdoor BTS dapat menjangkau sampai pada radius 30 km jika tanpa halangan. Halangan yang dapat membatasi jangkauan BTS biasanya gedung, pohon-pohon yang lebat (hutan), bukit atau gunung, dan tanah yang menjulang tinggi. Sebuah BTS biasanya dapat melayani 20–40 komunikasi panggilan secara bersamaan.

Seperti yang penulis amati di beberapa tempat, outdoor BTS selain dapat ditempatkan di menara, juga dapat ditempatkan di atas gedung, menempel pada gedung yang tinggi,  seperti di kota-kota besar Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lain-lain.

flickr.com

Outdoor BTS dia atas gedung

Outdoor BTS juga didapati menempel pada papan reklame seperti yang ada di jalan tol bandara Sukarno-Hatta, tiang lampu penerangan jalan seperti yang ada di tiang lampu pada gerbang tol, menara masjid, menara penampungan air  seperi pada menara penampungan air di dekat rektorat Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan lain-lain.

  merdeka.com

Outdoor BTS yang menempel pada sebuah menara masjid

Sekarang ini banyak pemerintah daerah (Pemda) pada menerapkan peraturan daerah (perda) tentang menara bersama, yaitu menara selular yang digunakan lebih dari satu operator seluler. Menara bersama tersebut bisa dibangun oleh operator seluler sendiri maupun dibangun oleh Pemda yang disewakan kepada operator seluler. Tinggi menara  seluler yang berada di luar kota atau di daerah pedesaan yang masih jarang bangunan dapat mencapai 75 meter dengan jangkauan jaringan sampai 30 km. Menara di dalam kota yang banyak terdapat bangunan atau gedung menjulang tinggi biasanya tidak mencapai ketinggian 75 meter, hal ini dikarenakan jika terlalu tinggi jangkauan jaringan tidak maksimal. Di tempat dengan bangunan padat diperbanyak BTS untuk memaksimalkan jaringan.

tower-bersama.com

Menara BTS bersama lebih efisien biaya

Banyak manfaat yang didapat dari adanya menara bersama, antara lain operator selular bisa menghemat biaya sewa lahan untuk menara karena biaya ditanggung bersama-sama. Selain itu adanya menara bersama juga lebih nyaman dipandang, karena tidak banyak menara, sehingga terkesan seperti hutan menara selular.

tabloiddutabangsa.blogspot.com

hutan menara BTS yang tidak sedap dipandang mata

Pemerintah juga menggalakkan BTS hijau (green BTS), yaitu BTS yang ramah lingkungan. BTS ini menggunakan listrik tenaga surya, selain menghemat biaya pemakaian listrik, BTS ini juga bisa menjangkau daerah-daerah terpencil seperti daerah kepulauan yang belum terjangkau listrik dari PLN.

telkom-csr.com

BTS ramah lingkungan dengan listrik tenaga surya

Anda mungkin pernah mengalami kejadian saat Anda menelpon atau ditelpon tiba-tiba terputus tanpa sebab yang pasti, sehingga Anda kadang kesal karena percakapan Anda yang sangat penting terputus tiba-tiba. Terputusnya panggilan ini bisa dikarenakan beberapa sebab, salah satu yang sering terjadi meskipun kartu Anda mempunyai pulsa yang cukup untuk menelpon adalah karena dropped call, suatu istilah pada komunikasi seluler dimana orang yang menelpon atau ditelpon biasanya dalam kondisi bergerak (mobile) baik bergerak pelan maupun cepat. Dropped call terjadi jika handset Anda dilepas oleh BTS lama dan dierima oleh BTS baru di mana BTS yang baru terjadi kepadatan lalu lintas jaringan, sehingga ditolak oleh BTS baru. Selain itu, dropped call juga dapat terjadi jika handset Anda dilepas oleh BTS lama tetapi dalam jangka waktu yang sangat pendek (tidak sampai satu detik) belum diterima oleh BTS yang baru, sehingga handset Anda tidak menerima jaringan (sinyal) atau blank spot.

telefunda.blogspot.com

Kejadian dropped call yang membuat marah

About these ads

7 responses

  1. kalau ada waktu luang, tolong teman2 diajari apalagi sy, pingin isoh

    sekali lg selamat dan terus berkarya

    1. Terima kasih Bu Sofi atas kunjungan di blog saya. Nanti boleh belajar bersama-sama. Yang penting jangan sampai menyerah sebelum mencoba. Harus banyak membaca.

  2. tulisan yang mengulas bts yang sangat bagus ….
    lain kali tolong ulas tentang pemancar radio fm atau tv
    thanks atas ilmunya

    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog ini. Terima kasih atas usulannya.

  3. bagus banget nie ilmu nya mas yg blum tau mnjadi tau kalaw bsa yg banyak yah bagi” ilmu nya…
    thank’s.

  4. I feel this is one of the most significant info for me. And i’m satisfied studying your article. But should commentary on few normal issues, The web site style is perfect, the articles is in point of fact nice : D. Good process, cheers

    1. Thank you for visiting my blog. I just look at from the invironment and I write based on it. Many things can be sources of the articles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: